Story Whatsapp Tidak Muncul

Berikut langkah-langkah mengembalikan story WhatsApp yang tidak muncul dan hilang.

Story WA memang menyimpan banyak permasalahan. Salah satu masalah yang sering dialami pengguna WA adalah story WA-nya tidak mau muncul bahkan hilang. Itu sebabnya Admin akan memberikan cara mengembalikan status wa yang hilang.

Ada beberapa kondisi dimana Story WA yang dikatakan tidak muncul itu adalah ketika membuka Story milik teman malah muncul pesan “Terjadi Kesalahan Jaringan, Coba Lagi Nanti”.

Status WhatsApp tidak muncul ini biasanya terjadi pada saat kamu ingin melihat story WA milik teman yang berupa video. Admin merasakan bahwa pemutaran video ini membutuhkan jaringan ekstra kuat.

Namun itu masih satu penyebab saja, masih ada penyebab-penyebab lainnya yang mengakibatkan Status WA teman tidak muncul di menu Story kita.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Whatsapp Mendadak Lemot, Begini Lho Caranya

Penyebab Story WA Hilang

Sebelum lanjut ke solusi permasalahannya, terlebih dahulu kamu wajib mengetahui penyebab dari status whatsapp tidak bisa muncul ini, berikut penyebabnya:

  1. Jaringan kartu yang anda pakai trobel
  2. Provider kalian sedang mengalami sinyal lemah
  3. Kebanyakan cache whatsapp
  4. Menumpuknya foto dan video yang tidak berguna di folder whatsapp
  5. Salah setting APN
  6. Menggunakan jaringan 3G atau EDGE
  7. Memori internal penuh
  8. Whatsapp memakan banyak RAM
  9. Versi whatsapp yang jadul
  10. Banyak bug di whatsapp versi terbaru

Setelah memahami penyebab yang mengakibatkan whatsapp sering terjadi kesalahan saat mengambil informasi video dari server, maka sudah saatnya Admin berikan cara mengembalikannya agar status WA bisa muncul kembali.

Ketidakmunculan story whatsapp akan membuat hati kamu tidak nyaman bukan, kenapa demikian? Karena akun WhatsApp kamu akan sepi dengan tidak adanya pemberitahuan status dari teman kontak kita.

Maka dari itu kamu harus segera mengembalikan status WA teman yang tidak muncul dimenu story kita walaupun sinyal kita kuat.

Cara Mengatasi Status Whatsapp Tidak Muncul

mengatasi story whatsapp tidak muncul

Ada beberapa langkah yang perlu kamu ambil, berikut langkah-langkah mengembalikan status WA teman yang tidak muncul:

1. Benahi Jaringan Dari Provider

Memperbaiki suatu sinyal dari penyedia provider jaringan yang kamu gunakan maka akan mengurangi dampak ketidakmunculan story WA kamu secara tepat.

Namun tidak semuanya akan dapat memperbaiki status WA yang error itu dalam sekejap. Semuanya butuh waktu saat melakukan perbaikan sinyal provider yang lemot.

2. Atur APN secara Tepat

Mengatur Access Point Names (APN) juga akan membantu mengembalikan story WA teman-teman kamu.

Jika anda menggunakan simcard THREE, kamu harus setting APN ke 3data atau internet. Kedua APN tersebut sudah Admin buktikan bahwa kecepatan sinyalnya melebihi APN default dari provider THREE.

Jika kalian menggunakan simcard selain TRI maka harus setting APN ke internet saja, sebab APN inilah yang menurut Admin bisa digunakan dalam mempercepat jaringan kamu di semua penyedia kartu provider internet.

Apabila kurang puas dengan APN “Internet”, kamu dapat menggunakan rekomendasi APN berikut ini:

ProviderAPN
Telkomselsabartbs5
TRI (3)3gprs
XLwap1.xl.co.id
Axisaxis.unlimited.co.id
Smartfren3g-d-2.ocn.ne.jp
BY.Uby.U
Indosat/IM3indosatunlimited/indosatgprs

Baca Juga : Cara Mengetahui Lokasi Pengguna WhatsApp

3. Provider Tidak Mendukung

Simcard adalah kartu yang harus ada di setiap Android. Maka dari itu kamu harus bijak memilih kartu SIM mana yang paling cocok dengan Android dan daerah kamu.

Jika kamu salah memilih simcardnya maka sinyal yang kamu dapatkan akan lebih lemah bahkan lemot banget karena jaringan simcardnya belum tercover secara penuh.

Alasan Admin mengharuskan kamu menggunakan Simcard yang tepat adalah supaya jaringan yang kamu gunakan kuat untuk menampilkan story WA.

Dengan jaringan kuat maka masalah story WhatsApp dapat teratasi, termasuk masalah Story yang tidak muncul itu.

4. Update versi WA

Memperbarui versi whatsapp ke versi terbaru akan membantu mengatasi story hilang di kontak WhatsApp teman lho.

Buktinya bisa kamu lihat pada informasi yang diberikan pihak WhatsApp. Biasanya pihak WhatsApp akan memberikan informasi update berupa “Perbaikan Bug” (ini salah satunya).

Kemungkinan kalau kamu melakukan update WhatsApp secara berkala, bisa saja masalah Status WA yang hilang itu dapat dikembalikan.

5. Penyimpanan Internal Penuh

Memori internal adalah salah satu media penyimpanan yang rentan terhadap sisa ruang. Alasannya jelas karena memori internet sering digunakan untuk menyimpan berbagai keperluan seperti aplikasi, foto, video, musik dan lain sebagainya.

Maka dari itu kamu harus memiliki memori eksternal untuk memperingan beban penyimpanan di internal kamu. Hal ini bertujuan supaya kinerja aplikasi yang terpasang di internal tidak terlalu terbebani.

Admin juga memiliki solusi yang serupa dengan cara ini, yaitu cara mengatasi memori internal penuh di Android.

6. Update WA Secara Berkala

Mungkin anda perlu memperbarui aplikasi nya siapa tahu dengan mengupdate aplikasi chatting ini anda bisa menikmati semua fitur yang tersedia tanpa ada gangguan.

Pastikan juga anda menggunakan versi terbaru ya kalau tidak anda bisa mengupdate melalui google playstore.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Chat WhatsApp

7. Cek Apakah Kamu Di Blokir

Kalau kamu diblokir oleh teman WA, mungkin tidak akan muncul story WA teman kamu itu. Karena pada padarnya pemblokiran ini akan berakibat ke semua hal, salah satunya kamu dibatasi bahkan dilarang untuk melihat story WA teman.

Oleh karena itu pastikan dulu bahwa nomor kontak WA kamu tidak diblokir oleh temanmu. Cara mengeceknya pun gampang, kamu tinggal WA dia, apabila tidak dibalas dalam jangka waktu yang lama maka kontak kamu beneran diblokir.

Kalau kontak WA kamu diblokir, salah satu solusinya adalah membuka blokiran tersebut dengan meminta ke teman kamu. Dengan begitu, WA kamu akan memunculkan Story WA temanmu itu.

8. Mungkin Kontak Kamu Di Privasi

Privasi Share ini ada 3 jenis, yakni hanya saya, hanya kontak saya kecuali dan hanya bagikan dengan.

  • Kontak Saya, berarti semua yang punya nomor whatsapp kamu bakal menerima update mengenai status yang sedang kamu unggah
  • Kontak Saya Kecuali, apabila kamu mengaktifkan fitur ini maka anda akan disuruh untuk memilih teman untuk dikecualikan agar ia tidak mendapat pembaruan status kamu pada saat itu juga.
  • Hanya Bagikan dengan, ketika fitur ini sudah aktif maka kamu hanya membagikannya ke orang terpilih saja.

Ini kemungkinan terakhir sih, jadi kemungkinan teman kamu mengaktifkan fitur Privasi Share ini. Makanya Status WA teman kamu tidak muncul di aplikasi WhatsApp.

Baca Juga : Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa

Nah seperti itulah cara mengatasi story WA teman tidak muncul dan hilang. Mungkin kamu ada solusi lain? Kamu bisa sampaikan solusi tersebut di kolom komentar.

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis
Rahma Angriawan

Sekadar melakukan hobi dengan menuangkan ide dalam pikiran kedalam bentuk uraian singkat dan hanya memiliki kemampuan yang sangat minim

Yuk Diskusikan di Komentar