Cara Mengatasi Perangkatmu Akan Kedaluwarsa di Roblox

Rama Angriawan

Cara Mengatasi Perangkatmu Akan Kedaluwarsa Di Roblox

Baru-baru ini tim Roblox memberitahukan kepada semua pemain Roblox yang masih menggunakan perangkat lawas, khususnya HP keluaran lama.

Pasalnya Roblox telah meng-upgrade API grafis lama ke API grafis yang baru. API grafis lama umumnya versi OpenGL ES 2.0 sedangkan versi terbarunya sudah memakai OpenGL ES 3.0 atau lebih.

Kalau kamu masih menggunakan OpenGL ES 2.0 maka pada tanggal 1 Maret 2024 kamu sudah tidak bisa lagi bermain game Roblox pada HP yang kamu miliki sekarang pasalnya sudah kedaluwarsa.

Jadi, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu versi OpenGL pada HP milikmu sebelum menginstall aplikasi Roblox.

Ohya, untuk mengecek versi OpenGL pada HP, berikut kami berikan panduannya.

Cara Cek OpenGL di HP Android

Cek Versi Opengl Android

Mudah saja kok, langsung aja ya…

  • Download aplikasi CPU-Z.
  • Kemudian jalankan aplikasi CPU-Z jika sudah terinstall.
  • Lalu pilih menu Sistem.
  • Disana kamu sudah bisa melihat versi OpenGL milikmu.

Selain memastikan bahwa HP kamu telah memakai OpenGL ES 3.0 atau lebih, kamu juga perlu mengetahui spesifikasi lainnya, misalnya saja kamu punya HP selain Android gitu maksudnya.

Spek Minimal untuk Install Roblox

Melansir dari sumber resmi situs Roblox, kami menemukan syarat yang harus dipenuhi pengguna jika ingin memasang Roblox, berikut diantaranya:

Apple iOSMinimal iPad air atau yang lebih tinggi, iPad Mini 2 atau yang lebih tinggi, iPhone 5S atau diatasnya, dan iPod Touch 6th Generation. Pun juga harus 64-bit iOS 11 atau diatasnya.
AndroidMinimal HP Android mendukung OS Android 5.0 atau diatasnya dan pastikan OpenGL ES sudah di versi 3.0 atau lebih.

Ya sebenarnya masih ada satu sistem operasi lagi yang belum kami sebutkan di atas, sistem operasi tersebut ialah Amazon Fire OS.

Amazon Fire OS sengaja tidak kami sebutkan karena sistem operasi tersebut jarang dipakai oleh kebanyakan orang di Indonesia.

Alasannya pun cukup jelas ya, Amazon Fire OS kalah saing sama HP yang mengusung sistem operasi Android, pasalnya OS Android sangat murah harganya di pasaran.

Baca Juga: Cara Mengatasi Roblox Tidak Bisa Login

Cara Mengatasi Roblox Perangkatmu Akan Kedaluwarsa

Roblox Perangkatmu Akan Kadaluwarsa

Kalau melihat dari persyaratan untuk menginstall Roblox, maka harusnya kamu dapat menyimpulkan bahwa perangkat kamu sekarang sudah tidak didukung lagi oleh Roblox.

Maka dari itu Roblox memberikan peringatan dini supaya kamu cepat-cepat beralih perangkat ke perangkat yang lebih bisa diandalkan untuk bermain Roblox.

Jadi pada intinya, solusi yang paling tepat untuk kamu sekarang yaitu ganti HP yang sudah support OpenGL ES 3.0 atau diatasnya.

Biar tidak salah beli HP baru nantinya, pastikan HP tersebut mempunyai sistem operasi terbaru. Saat artikel ini dibuat, Android terbaru sekarang adalah Android 13 dan akan ada OS Android 14 pada tahun ini.

Andaikan kamu esok tidak bisa ganti perangkat baru, kamu harus move on ke game lain yang masih bisa dimainkan pada HP milikmu ya.

Jangan khawatir kamu tidak bisa main Roblox karena perangkatmu kedaluwarsa, mungkin kedepannya kamu mendapatkan rejeki dan bisa comeback bermain game-game seru di Roblox.

Mungkin seperti itulah cara mengatasi Perangkatmu Akan Kadaluarsa di Roblox yang bisa kami sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kamu ya!

Rama Angriawan

Founder Thelastsurvivors dan suka baca di Forum dan media berita terpercaya

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.