Kategori Keyboard

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Di 6 Merek Terbaru

Laptop gaming jaman sekarang ini sudah dibekali dengan fasilitas lampu tambahan pada keyboard. Fungsi utama backlight adalah supaya huruf pada tombol keyboard menyala sehingga dapat dilihat dengan mata ketika berada di tempat minim cahaya.

Sebagian besar keyboard laptop gaming mampu mendukung warna RGB penuh dan ada yang sudah bisa berganti warna tiap beberapa detik. Manfaat lainnya menggunakan lampu latar keyboard ini adalah agar terlihat keren.

Namun beberapa diantara kalian masih bingung cara mengatur lampu keyboard pada laptop yang kalian miliki. Nah berikut ini cara menyalakan lampu keyboard pada semua merek laptop:

1. Asus

Cara Menyalakan Backlight Keyboard Asus

Proses penyalaan lampu pada keyboard di laptop Asus terkadang ada yang berbeda. Kali ini kami menyediakan cara menyalakan lampu backlight keyboard di laptop Asus TUF Gaming FX505GT i5 Gen 9. Caranya adalah kalian tinggal menekan tombol FN + Anak Panas Atas untuk menerangkan cahaya lampunya, sedangkan anak panah bawah untuk meredupkan.

Berbeda dengan seri Asus Tuf, seri Asus Vivobook A 412 FL sudah disediakan tombol khusus untuk menyalakan, mengatur dan mematikan lampu backlight di Keyboardnya. Tombol yang kami maksud adalah tombol F7. Kalian kalau mau menyalakan lampunya bisa menekan tombol F7, dan meningkatkan kecerahan cahayanya juga dengan tombol F7, begitupun dengan mematikan lampunya.

2. Lenovo

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo

Banyak seri didalam merek Lenovo, namun seri yang kami ambil sebagai contoh adalah seri Thinkpad. Seri ini kami ambil karena kami hanya memiliki laptop Lenobo seri tersebut.

Selain itu cara menyalakan backlit di laptop Lenovo Thinkpad ini dapat dilakukan oleh pengguna laptop Lenovo versi x230, x240, x250, T430, T440 dan T450. Sedangkan untuk cara menghidupkan lampunya adalah dengan menekan tombol FN + Space Bar.

Untuk versi Thinkpad T420 memiliki tombol Shortcut yang berbeda. Artinya ada tombol lain yang perlu kalian tekan. Tombol tersebut adalah tombol FB + Page Up. Kalian harus menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan untuk menyalakan lampu backlightnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

3. Acer

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Acer

Laptop Acer memiliki puluhan seri, mulai dari Acer Swift hingga laptop gaming seperti Acer Aspire. Dikarenakan seri Acer itu banyak, kami hanya bisa memberikan cara menyalakan lampu keyboard milik Acer 5 A515 51G, Acer Aspire VX15 dan Acer Predator.

Ketiga seri ini ternyata memiliki shortcut yang sama untuk menghidupkan backlit lampu pada keyboardnya. Shortcut yang bisa kalian coba adalah tombol FN + F9 ditekan secara bersamaan. Nantinya lampu pada keyboard laptop Acer kalian akan menyala otomatis.

4. Toshiba

Laptop merek Toshiba juga tidak mau ketinggalan dengan gaya keyboard yang estetik. Untuk seri Toshiba Satellite P55t-A5202 sudah ada fasilitas di BIOS untuk menyalakan Backlightnya, berikut ini caranya:

  • Tekan Start Menu
  • Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard lalu pilih opsi Shutdown
  • Kemudian tekan tombol Power lalu tekan tombol F12 dengan segera
  • Setelahnya akan muncul menu, dimana kalian tinggal memilih opsi Enter Setup
Enter Setup BIOS Toshiba
  • Setelah itu pilih Keyboard Backlight Control Mode dengan menekan tombol Enter
Klik Keyboard Backlight Control Mode
  • Kemudian pilih pada opsi ON
Pilih Mode ON untuk Keyboard Backlight Control Toshiba
  • Lalu tekan tombol F10 untuk Save & Exit
  • Selesai

Baca Juga : Cara Mudah Mematikan Keyboard Laptop

5. Dell

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Dell

Dell merupakan salah satu merek laptop terpopuler. Laptop Dell juga terdapat fitur backlight di keyboardnya. Fitur ini dapat kalian gunakan dengan menekan tombol F5 pada keyboard untuk laptop Dell model 5584.

Sesaat setelah kalian tekan itu tombol F5 maka laptop pada keyboard kalian akan menyala. Jika tidak menyala, itu dikarenakan lampu pada keyboard Dell ini sangat redup jadinya harus dilihat saat kalian berada diruangan minim cahaya.

Tidak hanya laptop Dell 5584 saja, melainkan ada model lain yang ternyata tombol untuk mengaktifkan lamput backlight keyboardnya berbeda. Untuk itu kami pisah caranya sebagai berikut:

ModelTombol
Dell Model 5570F10
Dell Model 5593F5
Dell Gaming G3/G7F10
Dell Model 3593F10
Dell 2IN1 Convertible 5492/5482F10

6. HP

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop HP

Laptop merek HP juga tak mau ketinggalan dengan gaya keyboard yang aesthetic. Di laptop harga 3 jutaan aja sudah ada fasilitas lampu keyboard yang dapat menyala-nyala.

Untuk mengaktifkan lampu tersebut, kami telah mengujicobakan pada laptop Hp 14s-cf1046TU. Seri ini tidak membutuhkan tombol FN untuk menghidupkan lampu pada keyboard. Kalian cukup menekan tombol F5 pada keyboard kemudian lampunya akan menyala dengan sendirinya.

Semua panduan menyalakan lampu keyboard laptop diatas masih ada kekurangan yang perlu ditambahkan. Karena kami tidak memiliki semua merek laptop. Nah apabila kalian ingin menambahkan cara menyalakannya di laptop seri berapapun, silakan sampaikan pada kolom komentar.

Ini Dikusi Mereka . . .

  1. Maaf kak, laptop saya asus vivobook s14, sebelumnya ketika saya tekan f7 bisa menyala backlight nya, tapi tiba tiba tidak bisa menyala itu kak ūüôĀ

    Saya coba fn+f7 juga tetap sama:(

    Terimakasih banyak kak sebelumnya

    Balas
    • coba tekan FN + F7 kak, setelah itu tekan berulang-ulang F7 nya kak sampai lampu backlightnya nyala dan keliatan

      Balas

Yuk Diskusikan di Komentar