Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

keyboard laptop tidak berfungsi sebagian di windows 10

Yuk, follow Instagram dan like Facebook Thelastsurvivors untuk konten menarik dan tutorial unik tentang Teknologi

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian atau keseluruhan, error terkunci dan tidak bisa mengetik serta hanya berbunyi beep saja.

Bunyi tersebut dihasilkan dari suara tekanan keyboard ketika ditahan dan diketik biasa. kamu sedang mengalami juga? Tak usah risau, setiap masalah pasti ada solusinya.

Apabila kamu mendapati kerusakan keyboard di windows 7, 8 dan 10, semuanya bisa diterapkan pada semua jenis windows agar papanketik kamu dapat berfungsi dengan baik dan tidak error.

Sebelum lanjut ke cara mengatasinya akan lebih baik kamu harus mengenal terlebih dahulu penyebab keyboard laptop rusak supaya kalian tidak kalang kabut waktu mengalami kendala seperti ini.

Penyebab Keyboard Tidak Bisa Digunakan

Adapun alasan – alasan keyboard laptop tidak berfungsi dan berbunyi, antara lain:

  • Overhead
  • Laptop kelamaan hidup, hal ini berlaku hanya di laptop saja
  • Kebanyakan membuka software berat
  • Pemakanan RAM yang begitu banyak
  • Hardisk memiliki suhu sangat panas
  • Bagian bawah laptop akan terasa panas
  • Hardisk bekerja secara terus – terusan hingga proses pembacaan driver keyboard dilewati
  • Driver keyboard belum di update
  • Pernah pencet sesuatu yang tidak disengaja
  • Memang sudah usang mengenai usia nya.
  • Keyboard rusak karena dari debu dan kotoran yang menempel.

Kesepuluh penyebab tersebut akan berimbas ke tutorial mengatasinya dan perihal diatas bisa saja kamu pernah mengalami penyebab yang hampir mirip.

Selanjutnya kamu bisa langsung membaca cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi supaya bisa normal kembali seperti semula.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi di Semua Tombol/ Sebagian

Tentu saja setiap masalah akan ada solusinya. Termasuk keyboard yang error ini.

Berikut cara mengembalikan keyboard laptop yang tidak berfungsi:

1. Pastikan Driver Sudah Terpasang dengan Benar

Nah kali ini kamu harus memastikan bahwa driver yang kamu unduh sudah cocok apa belum menyangkut spesifikasi laptop yang kamu miliki.

Menurut pemikiran saya, driver yang tidak cocok bakal mengakibatkan kerusakan seperti artikel ini. Kamu tidak mau bukan hal ini terjadi pada kamu dan malah berimbas ke kerusakan yang lainnya?.

Oleh karena itu, silakan cek apakah sudah terpasang drivernya di pengaturan device manager. Disitu akan terlihat bahwa yang sudah memasang driver maka akan ada tulisan keyboard.

2. Restart Laptop/ Komputer

restart pc

Cara kedua adalah dengan restart pc. Bisa saja laptop yang kamu gunakan memiliki spek yang rendah yang kurang mampu dalam bertahan hidup selama mungkin.

Jadi kamu tidak boleh memaksakan device untuk melakukan hal yang kurang penting semisal bermain game secara berlebihan atau melakukan proses editing yang memakan waktu lama.

Serta penggunakan multitasking yang memberatkan proses read hardisknya berimbas pada bad sector.

Kerusakan inilah yang menjadi momok besar bagi pengguna pc, dengan mengalami bad sector pc kamu sudah tidak dapat digunakan kembali dan data yang tersimpan bakal hilang dan hangus.

Kamu isa melakukan restart seperti berikut :

  1. Tekan tombol Windows.
  2. Kamu bisa memilih icon Power.
  3. Pilih opsi Restart.
  4. Maka perangkat kamu akan melakukan restart.

3. Menggunakan Keyboard Eksternal

mengatasi keyboard error dan tidak berfungsi

Selain di atas, kamu bisa memperbaiki keyboard laptop yang rusak dengan mengganti yang baru.

Selama ini jika tidak bisa diatasi maka kamu mencoba dahulu untuk memasang keyboard external.

Semisal menggunakan eksternal bisa buat mengetik, jadinya kamu harus membeli nya di toko terdekat agar dapat melakukan aktivitas seperti sedia kala.

Namun jika memakai yang external tidak bisa, hal ini sangat bikin pusing kepala kamu, tetapi jika masalah ini terjadi tidak ada salahnya menginstal ulang driver keyboardnya.

4. Instal Ulang Windows Menggunakan Sistem Restore

restore sistem windows

Tidak semua orang memiliki bakat ini bahkan banyak yang gaptek mengenai instal ulang windows. Saya saranin jika tombol keyboard laptop tidak beroperasi untuk membawanya ke servis center biar bisa di installin windows baru atau dengan cara systemrestore saja. Barangkali tombol keyboard pada laptop bisa beroperasi kembali.

5. Membersihkan Keyboard

membersihkan keyboard komputer/ laptop

Tidak ada salahnya mengatasi keyboard laptop yang rusak dengan membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada sela – sela papan ketik. Kamu bisa melakukannya dengan membersihkan manual dengan katembat atau alat cleaner pembersih debu. Dengan begitu semoga saja keyboardnya bisa berfungsi dengan baik.

6. Pastikan Keyboard Tidak Terkunci

Keyboard memiliki pengaturan di perangkat komputer. Termasuk di menu BIOS dan menu di device manager. Kamu dapat memastikan bahwa keyboard kamu benar – benar tidak lock, cek di settingan BIOS.

Juga bisa melakukan reinstall driver nya di device manager. Dengan begitu kemungkinan keyboard tersebut akan terbuka dan bisa digunakan. Masalah pada keyboard error bisa ditangani dengan mudah.

Baca Juga : Gagal Instal Software Adobe? Berikut Cara Mengatasinya

7. Cek Driver yang Sebelumnya Pernah di Install

Jika sebelumnya kamu pernah melakukan install driver lain, selain driver untuk keyboard USB atau lainnya. Kemungkinan driver yang baru saja atau sebelumnya kamu pernah install dapat menjadi penyebabnya.

Caranya menghilangkannya bisa diingat – ingat dulu driver apa yang diinstall, dan kedua bisa dihapus/ uninstall driver tersebut.

Dengan begitu, maka keyboard komputer sudah berhasil di atasi.

8. Pastikan Tombol Num Lock Mati

menonaktifkan tombol num lock

Tombol num lock, apakah ada hubungannya dengan keyboard tidak berfungsi?. Pastinya ada dong, dulu pernah kejadian ketika sedang mengetik dengan tombol numlock masih hidup.

Solusinya cukup dengan menonaktifkan atau mematikan tombol numlock itu, nanti keyboard akan bisa digunakan kembali, silakan dicoba deh.

9. Pastikan Konektor Keyboard Laptop Berkerja

Di perangkat laptop, terdapat konektor yang berguna untuk menyambungkan antara motherboard dengan keyboard. Dan tidak jarang kalau konektor ini kotor, tidak pas, kendor dan tidak terpasang.

Solusi yang bisa dipakai adalah kamu harus melepaskannya lalu memasang kembali konektor hingga posisi benar – benar pas.

10. Membuka Tombol yang Error

membuka keyboard komputer

Kamu perlu membuka tombol yang bermasalah tersebut guna memastikan dan memperbaiki.

Cara membuka tombol tersebut bisa membuka casing pada laptop dulu, kemudian cari tombol keyboardnya, kemudian bisa dibersihkan lalu pasangkan kembali.

Solusi Akhir Mengembalikan Keyboard Laptop yang Error

Apabila tiba tiba keyboard error merupakan salah satu hal wajar terjadi. Sebagian tombol mungkin masih bisa di benahi dengan langkah – langkah di atas. Namun jika sudah menyeluruh maka kamu harus datang ke servis center.

Di tiap daerah sudah memiliki servis center sendiri – sendiri. Laptop dengan merek Asus, Lenovo, Samsung, Dell, MSI, HP, Acer dan lain sebagainya pasti sudah ada servis center.

Ini adalah solusi terakhir, jadi pertimbangkan dulu mau di bawa ke servisan atau di diamkan dirumah. Untuk biaya perbaikan keyboard umumnya di patok dengan harga dibawah 500 Ribu.

Itupun tergantung kendalanya apa dulu jika seluruh tombol keyboard tidak dapat digunakan mungkin perlu di ganti keyboard baru. Jika ada masalah lain seperti komponen misalnya kabelnya putus, itu bisa jadi harga yang dipatok sedikit mahal.

Demikian ulasan singkat saya mengenai keyboard error dan rusak. Dengan begitu saya harap masalah dalam kerusakan pada keyboard ini dapat teratasi dengan mudah.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Yuk Diskusikan di Komentar