Kategori Keyboard

12 Jenis Keyboard Komputer beserta Fungsi, Lengkap dengan Gambarnya

Keyboard adalah salah satu perangkat input komputer yang berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, atau perintah tertentu pada komputer.

Tanpa adanya keyboard, kamu tidak akan bisa melakukan kegiatan seperti mengetik atau bahkan bermain game PC.

Namun apakah kamu tahu bahwa keyboard yang digunakan di berbagai negara tidaklah selalu sama? Jika belum, kali ini TheLastSurvivors telah menyiapkan artikel mengenai jenis-jenis keyboard yang ada di dunia ini.

Macam-Macam Keyboard Berdasarkan Layout

Macam-macam atau jenis-jenis keyboard di bawah ini tidak kami urutkan berdasarkan tahun pembuatannya, melainkan daftar ini urutan acak.

1. Palantype

Palantype

Palantype merupakan jenis keyboard yang memiliki tiga bagian, yaitu kiri, tengah, dan kanan. Dimana setiap bagian tersebut digolongkan berdasarkan konsonannya.

Dibagian kiri berisi konsonan awal sebuah kata, kemudian dibagian tengah berisi konsonan vokal, dan dibagian kanan berisi konsonan akhir sebuah kata.

Namun tidak semua konsonan atau huruf terdapat di keyboard jenis Palantype ini. Meski begitu, huruf yang tidak ada di layout tetap bisa dimunculkan dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol tertentu.

2. Alphabetik

Alphabetik Keyboard

Keyboard Alphabetik atau Alphabetical merupakan jenis keyboard yang bentuknya sama dengan keyboard QWERTY. Karena memang, keyboard ini merupakan desain awal dari keyboard QWERTY.

Namun, perbedaannya terdapat pada tata letak hurufnya, dimana pada keyboard Alphabetik ini tata letak hurufnya berurutan sesuai dengan huruf alphabet.

Karena tata letaknya yang berurutan tersebut, keyboard Alphabetik dinilai kurang efektif saat digunakan, kecepatan mengetik yang dihasilkan juga terkesan lambat.

Tidak hanya itu saja, karena hurufnya yang berurutan dan saling berdekatan, membuat pengguna sering salah ketik dan menyebabkan typo.

3. JCUKEN

Jcuken

JCUKEN (ЙЦУКЕН) yang juga dikenal dengan keyboard YCUKEN, JTSUKEN, dan YTsUKEN merupakan sebuah layout keyboard berbahasa Rusia yang digunakan untuk komputer dan mesin ketik pada negara tersebut.

Sebelum muncul keyboard JCUKEN, di Rusia terlebih dahulu menerapkan layout keyboard JIUKEN (ЙІУКЕН). Namun pada tahun 1917 ketika terjadi reformasi alfabet di Rusia, layout keyboard ini diganti dengan JCUKEN dan menghapus huruf Ѳ, І, Ѵ, dan Ѣ.

4. Colemak

Colemak

Colemak merupakan jenis keyboard untuk huruf latin yang dibuat, dirancang, dan diberi nama oleh Shai Coleman pada tahun 2006 lalu.

Keyboard jenis ini memiliki bentuk yang sama dengan keyboard QWERTY, hanya saja keyboard yang dikembangkan oleh Shai Coleman ini mengalami perubahan penempatan huruf dengan tujuan agar lebih efisien dan nyaman.

Keyboard Colemak juga sudah memiliki banyak dukungan sistem operasi, mulai dari Windows, Mac OS, Linux, Chrome OS, BSD, dan Android.

5. Dvorak

Dvorak

Layout keyboard Dvorak pertama kali dipatenkan oleh August Dvorak (profesor dan psikolog pendidik di University of Washington) dan William Dealey pada tahun 1936.

Meski jenis keyboard ini gagal menggantikan kepopuleran dari keyboard QWERTY, namun Dvorak berhasil mendapatkan dukungan dari sebagian besar sistem operasi, mulai dari Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan BSD.

6. Numeric

Numeric Keyboard

Keyboard Numeric diciptakan secara khusus untuk proses mengetik angka, jadi keyboard ini tidak dilengkapi dengan tombol untuk memasukkan huruf.

Hingga saat ini, Numeric keyboard masih banyak digunakan pada kasir yang ada di toko-toko perbelanjaan besar untuk memasukkan kode barang atau harga barang.

7. KLOCKENBERG

Klockenberg

Keyboard Klockenberg diciptakan dengan tujuan untuk mengurangi beban pada otot. Oleh karena itu, keyboard ini memiliki desain yang unik, yaitu keyboard dipisah menjadi dua bagian.

Desain dari keyboard Klockenberg ini diyakini bisa membuat posisi bahu dan tangan menjadi lebih baik dan otot tangan bekerja dengan lebih ringan.

Selain itu, proses mengetik menggunakan keyboard Klockenberg juga akan terasa lebih nyaman meski membutuhkan waktu yang lebih lama.

8. Stenotype

Stenotype

Stenotype merupakan sebuah mesin ketik yang memiliki beberapa kesamaan dengan mesin ketik yang menggunakan keyboard QWERTY.

Perbedaannya adalah pada susunan huruf yang digunakan pada papan ketiknya. Stenotype juga dilengkapi dengan mikroprosesor dan fitur penyesuaian sensitivitas.

9. QWERTZ

Qwertz

QWERTZ atau yang juga dikenal dengan QWERTZU adalah sebuah layout keyboard yang banyak digunakan di kawasan Eropa Tengah.

Nama dari keyboard ini diambil dari enam huruf pertama pada baris keyboard sebelah atas, yaitu QWERTYZ.

Sebenarnya, keyboard jenis ini diadaptasi dari keyboard QWERTY, hanya saja terdapat beberapa perubahan penempatan huruf, salah satunya yaitu huruf “Y” yang diganti dengan huruf “Z”.

10. AZERTY

Azerty Keyboard

Layout keyboard AZERTY banyak digunakan di negara Prancis dan Belgia dengan tambahan support beberapa karakter Latin Uni-Eropa, Esperanto, dan juga Yunani.

Sama halnya dengan jenis keyboard QWERTY dan QWERTZ, AZERTY juga diambil dari enam huruf pertama pada baris paling kiri atas keyboard ini.

11. Maltron

Maltron Keyboard

Keyboard jenis ini memiliki bentuk yang sangat unik dan sangat berbeda jika dibanding dengan desain keyboard lainnya.

Desain yang unik tersebut memiliki tujuan agar posisi jari-jari lebih fleksibel dengan menyesuaikan panjang setiap jari yang berbeda.

12. QWERTY

Keyboard Qwerty

QWERTY merupakan layout keyboard yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Layout keyboard ini pertama kali digunakan pada mesin ketik buatan E. Remington pada tahun 1874 silam.

Keyboard QWERTY memiliki berbagai macam jenis, diantaranya yaitu:

  1. Keyboard Rubber Dome (Membrane)
  2. Keyboard Semi Mecha
  3. Keyboard Mechanical
  4. Keyboard Gaming
  5. Keyboard Ergonomik
  6. Keyboard Gulung (Lipat)

Selain itu, keyboard jenis ini juga hadir dalam beberapa ukuran berbeda yang menentukan seberapa banyak jumlah tombol yang ada, berikut diantaranya:

  1. Keyboard Full Size (100%)
  2. Keyboard TenKeyLess atau TKL (80%)
  3. Keyboard 75%
  4. Keyboard 65%
  5. Keyboard 60%

Macam-Macam Keyboard Berdasarkan Konektor

Selain memiliki berbagai jenis layout yang berbeda, konektor keyboard juga memiliki berbagai macam bentuk yang berbeda, berikut diantaranya:

1. Wireless

Keyboard Wireless

Jenis keyboard Wireless tidak membutuhkan kabel untuk menghubungkannya, karena jenis ini sudah menggunakan teknologi nirkabel seperti Bluetooth, Infrared, atau WiFi.

Meski begitu, keyboard ini tetap membutuhkan alat penerima dan pemancar yang biasanya berupa USB yang dihubungkan ke komputer melalui port USB yang tersedia.

2. USB

Keyboard Usb

Port keyboard USB merupakan jenis keyboard yang paling banyak digunakan pada saat ini.

Selain memiliki transfer data yang cepat, keyboard USB juga memiliki banyak dukungan sehingga bisa digunakan diberbagai macam perangkat yang berbeda.

3. Serial

Serial Keyboard

Selanjutnya jenis keyboard Serial, port ini biasa digunakan pada komputer lama yang berjenis AT.

Port serial memiliki bentuk persegi dengan 5 pin didalamnya yang berfungsi sebagai detektor keyboard. Jadi jika salah satu pin mengalami kerusakan, maka keyboard tersebut tidak bisa digunakan.

4. PS/2

Ps2 Keyboard

Hampir sama dengan port serial, PS/2 merupakan port pada keyboard yang juga digunakan pada komputer lama, hanya saja port ini digunakan pada komputer berjenis ATX.

Bilamana port serial memiliki 5 pin, port PS/2 ini memiliki 6 pin yang fungsinya sama seperti pin pada keyboard port serial.


Setelah kamu membaca artikel ini hingga selesai, tentu kini kamu sudah mengetahui apa saja jenis keyboard yang ada di dunia komputer. Bagaimana? Ada salah satu jenis keyboard yang mungkin ingin kamu coba selain keyboard QWERTY?

Yuk Diskusikan di Komentar