7 Cara Mengatasi Suara Headset Kecil Sebelah di HP

Gusti Apriansyah

Cara Mengatasi Suara Headset Kecil Sebelah di HP

Banyak orang yang gemar mendengarkan musik dengan menggunakan perangkat tambahan seperti headset. Tapi sayangnya, terkadang headset yang dipakai bisa bermasalah.

Bicara tentang masalah di headset, ada salah satunya yang cukup sering terjadi yaitu suaranya kecil sebelah. Karena kecil sebelah, pastinya membuat kamu menjadi kurang nyaman mendengarkan lagu di headset tersebut.

Kira-kira apa ya penyebab suara headset kecil sebelah? Lalu apakah ada cara untuk memperbaiki masalah suara headset kecil sebelah di HP ini? Nah, semuanya akan kami bahas di artikel ini.

Penyebab Kecilnya Suara Headset HP

Beberapa kesalahan atau kerusakan pada perangkat, umumnya memiliki penyebabnya. Begitupun pada headset kamu yang saat ini mengalami masalah suaranya kecil sebelah.

Berikut ini beberapa penyebab suara headset jadi kecil sebelah:

  • Kabel headset kusut
  • Kabel headset terbuka atau hampir putus
  • Port audio di HP kotor
  • Sistem di HP kamu sedang mengalami bug
  • Headset sudah rusak

Cara Mengatasi Suara Headset Kecil Sebelah

Dari beberapa penyebab di atas, masalah ini bisa terjadi karena faktor fisik headset, port audio sampai kesalahan sistem.

Nah, kamu bisa cari cara yang sesuai dengan penyebabnya. Tapi kalau bingung, kamu bisa coba ikuti beberapa cara mengatasi suara headset kecil sebelah di bawah ini:

1. Cek Kabel Headset

Cek Kabel Headset
Freepik.com /freepik

Mula-mula, kita coba yang paling mudah dulu, yaitu dengan mengecek kabel headset. Pastikan kabel headset kamu tidak kusut, apalagi terkelupas.

Karena kalau hal ini terjadi, umumnya akan membuat beberapa masalah pada headset tersebut. Mulai dari suara kecil, sampai tidak muncul suara sama sekali (kalau putus).

Jadi di cara ini, kamu bisa coba luruskan headset dan periksa kondisi kabelnya.

2. Cek Konektor Audio HP

Cek Konektor Audio Hp
Unsplash /rupixen

Selain mengecek kabel headset, kamu juga harus memperhatikan konektor dan port audio HP. Pastikan konektor headset tidak kotor ataupun berminyak. Kamu bisa bersihkan dulu dengan menggunakan tisu.

Lalu untuk port audio, pastikan juga tidak kotor. Kalau untuk membersihkan port, biasanya sih kami menggunakan jarum atau peniti dengan mengorek kotoran secara perlahan.

Kalau konektor dan port audio HP sudah dibersihkan, kamu bisa coba dengarkan musik kembali dengan headset tersebut. Kalau masih kecil sebelah, kamu bisa putar-putar konektornya sampai suaranya sama.

3. Muat Ulang HP

Muat Ulang Hp Kamu

Kalau kedua cara di atas sudah kamu coba, tapi suara headset masih kecil sebelah. Kami sarankan kamu untuk segera melakukan restart HP.

Karena dari sepengalaman kami, masalah suara headset kecil sebelah di HP ini juga bisa diakibatkan oleh sistem yang mengalami bug. Biasanya akan benar kembali setelah proses restart berhasil.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Mati Sebelah

4. Perlu Bantuan Equalizer

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Equalizer. Buat yang belum tahu, aplikasi Equalizer ini berfungsi untuk memperbaiki kualitas suara. Entah itu suara dari speaker HP, headset dan lainnya.

Aplikasi Equalizer ini juga berfungsi untuk membuat suara headset menjadi seimbang lagi. Kalau ingin tahu cara memakai Equalizer untuk memperbaiki suara headset kecil sebelah, bisa cek di bawah ini ya:

  • Instal aplikasi Equalizer – Bas Pendorong & Vol dari i-Joysoft
  • Kemudian buka aplikasi Equalizer tersebut
Instal Equalizer
  • Setelah itu, sambungkan headset ke HP kamu dan mainkan musik
  • Atur Equalizer sampai kamu mendapatkan suara musik yang seimbang
Atur Equalizer

5. Cek Pakai Headset Lain

Cek Pakai Headset Lain
Unsplash /rupixen

Kamu juga bisa coba menggunakan headset lain. Apabila pada headset lain keduanya punya suara yang seimbang, berarti ada kemungkinan headset kamu sebelumnya rusak.

Umumnya sih disebabkan kabel headset yang terkelupas. Tapi sebelum kamu mengganti headset baru, kamu bisa coba lakban pada kabel headset yang terkelupas.

Lalu coba mendengarkan musik kembali dengan memakai headset tersebut.

6. Ganti Headset jika Rusak

Ganti Headset Jika Rusak
Unsplash /Adbul A

Tapi kalau setelah kamu lakban suaranya tetap kecil sebelah, disarankan untuk mengganti headset saja. Karena ada kemungkinan komponen di kabel headset tersebut putus (meskipun luarnya tidak terlihat putus).

Kamu juga bisa membeli headset yang original supaya bisa dipakai lebih lama. Terutama kalau kamu termasuk orang yang sering memakai headset tersebut.

7. Servis Audio Jack HP

Terakhir, kamu juga bisa coba cek headset di HP lain. Apabila di headset lain tidak ada masalah, ada kemungkinan audio jack HP kamu yang rusak.

Untuk hal ini, kamu bisa perbaiki dengan mendatangi teknisi HP terdekat. Tapi lebih disarankan ke service center sesuai brand HP kamu.

Kalau masalah biaya, umumnya service audio jack ini sekitar Rp. 50.000 – Rp. 150.000 tergantung jenis HP yang kamu gunakan.

Kurang lebih itulah pembahasan tentang cara mengatasi suara headset kecil sebelah di HP. Kalau kamu punya pertanyaan terkait masalah di atas, silahkan isi kolom komentar ya. Selamat mencoba!

Gusti Apriansyah

Orang Depok yang suka menulis Teknologi

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.