Cara Mengatasi HP Android Lemot

cara mengatasi hp yang lemot

Yuk, follow Instagram dan like Facebook Thelastsurvivors untuk konten menarik dan tutorial unik tentang Teknologi

Kian hari smartphone Android mengalami penurunan peforma yang berimbas pada kelemotan saat digunakan untuk aktivitas sehari – hari.

Tentu saja kegiatan multitasking itu memerlukan proses sangat tinggi sedangkan perangkat hp tidak bisa mengeksekusinya secara maksimal sehingga hp menjadi lemot dan sering macet.

Faktor penyebab kinerja hp mulai lemot antara lain penurunan kualitas baterai, hp sudah berumur, kebanyakan memasang aplikasi yang tidak berguna dan piranti yang tidak kompatibel dengan aplikasi versi terbaru.

Selain faktor internal yang telah disebutkan tadi, faktor eksternal dari perawatan hp juga patut ditanyakan karena kalau kamu merawat hp dengan baik maka hasil kinerja hpnya akan stabil dan tidak lemot.

Penyebab Hp Android Sering Lemot

tips jitu mengatasi android yang sering lag

Ada beberapa masalah pada hp Android yang menyebabkan kinerjanya semakin lemot, antara lain:

  1. RAM HP Android penuh
  2. Penyimpanan Hp hampir habis
  3. Banyak aplikasi tidak berguna yang terinstal
  4. Baterai terlalu panas
  5. Upgrade OS Android
  6. Melakukan kesalahan rooting Hp
  7. Melakukan reset hp yang tidak benar

Nah itulah penyebab kenapa hp sering lemot dan ngelag, sekarang kamu dapat memulai cara agar android tidak lemot dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini.

Cara Mengatasi HP Android Lemot Di Semua Tipe

Smartphone merek Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Lenovo, Advan dan Xiaomi Redmi juga akan mengalami masa – masa dimana Android tersebut menjadi sangat lemot.

Walaupun hp lemot itu belum pasti untuk diatasi secara internal (dalam artian mengatasi tanpa flashing/ganti perangkat), tapi beberapa cara membuat hp tidak lemot berikut mungkin bisa membantumu:

1. Kurangi Beban RAM

membersihkan ram yang penuh

RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara yang berguna untuk menyimpan Cache pada aplikasi Android agar saat dibuka tidak perlu menunggu loading.

Jika piranti RAM pada ponsel Android kamu terlalu dipaksakan untuk menjalankan semua aplikasi maka RAM akan bekerja ngos – ngosan dan terjadi kelambatan memproses data.

Oleh sebab itu, kurangi penggunaan aplikasi yang tidak diperlukan dengan menghapus Recent Apps. Fitur ini telah ada sejak pertama kali kamu membeli hp Android.

Namun, menghapus recent apps belum tentu menyelesaikan masalah hp yang lemot. Untuk meningkatkan kinerja RAM agar hp tidak lemot, kamu bisa mencoba aplikasi greenify untuk menghentikan proses aplikasi yang berjalan dilatarbelakang.

2. Kelola Ruang Penyimpanan HP Android

kelola ruang penyimpanan hp

Manajemen ruang penyimpanan Android dapat mempengaruhi kinerja ponsel biar tidak lemot karena hp yang memiliki data berukuran besar tersimpan pada Ruang Penyimpanan Internal akan memberatkan pemrosesan data.

Ini dikarenakan sistem Android sebagian datanya tersimpan di Memori Internal, contohnya seperti data OBB. Data tersebut tersimpan pada memori internal di dalam folder Android yang berguna untuk menyimpan data dari aplikasi yang telah kamu install untuk diproses setelah kamu menjalankan aplikasinya.

Pengelolaan ruang penyimpanan yang baik akan menimbulkan dampak kelancaran bagi hp Android. Terlebih lagi bila hp tersebut hanya memiliki ruang penyimpanan terbatas, sangat wajib untuk mengelola ruang penyimpanan.

Mengelola penyimpanan dapat dilakukan mulai dari menghapus data yang tidak penting, memilik dokumen penting untuk dipindahkan ke memori eksternal atau cloud dan lain – lainnya.

Ada 3 cara untuk melakukan manajemen memori telepon dengan cara menghapus sebagian data tak berguna, antara lain:

  1. Buka file manager -> Pilih folder yang menurut kamu itu membengkakan ruang penyimpanan -> Pilih menu Hapus Folder
  2. Buka Setting -> Aplikasi terinstal -> Pilih aplikasi yang bikin lemot/tidak digunakan lagi -> tekan tombol Hapus untuk uninstall aplikasinya
  3. Khusus smartphone yang sudah di root, Masuk ke menu cwm / twrp Mode -> Format data -> Format cache -> Reboot System

Baca Juga : Cara Hemat Baterai Sampai 2 Hari

3. Dinginkan HP Android

dinginkan hp jika terlalu panas
Sumber Foto : https://www.youtube.com/watch?v=uRVQhPYpRd0

HP yang terlalu panas juga bisa mempengaruhi kelemotan kinerja android. Pasalnya sistem akan terus bekerja tanpa henti untuk memproses suatu data yang diprioritaskan.

Jika kamu ingin membuka aplikasi tertentu, maka kamu secara tidak langsung juga menambah beban pemrosesan yang mengakibatkan suhu hp menjadi sangat panas.

Jangan terlalu panas ketika menggunakan hp, karena suhu yang dihantarkan kepada telapak tangan membuat berkeringat, selain itu juga tidak bagus untuk perangkat Android jika terlalu dipaksakan untuk memproses data.

Admin berikan tips untuk mendinginkan hp supaya lemotnya hilang nih:

  1. Pastikan kamu berada di dalam ruangan dengan suhu yang sesuai.
  2. Pastikan baterai hp tidak bermasalah atau bocor.
  3. Gunakan secukupnya nonton YouTube.
  4. Hentikan semua aplikasi yang berjalan pada background layar.
  5. Matikan ponsel untuk merehatkan sejenak kurang lebih 10 – 20 menit.

4. Hentikan Bermain Game

hentikan bermain game

Bermain game memang sangat menyenangkan apabila menggunakan resolusi gameplay mencapai yang paling tinggi sehingga menghasilkan kualitas video game super HD.

Percaya atau tidak, dengan menaikkan resolusi dan menjadikannya HD membuat perangkat Hp menjadi lemot karena dipaksa untuk terus memproses grafik biar kualitasnya terjaga.

Untuk itulah bila merasa hp sudah lemot saat bermain game, rehatlah sejenak dari aktivitas bermain game dan lakukan aktivitas bermanfaat lainnya.

Baca Juga : Cara mengatasi kartu sd rusak parah dan tidak terbaca sama sekali

5. Manfaatkan Aplikasi DU Speed Booster

menggunakan du speed booster new

Aplikasi untuk mempercepat hp android yang lemot adalah DU Speed Booter. Aplikasi ini mampu mendeteksi adanya file – file sampah tersembunyi agar kamu dapat segera menghapusnya.

Selain itu, aplikasi DU Speed Booster memiliki keamanan berlapis yang mampu menghalau virus – virus berbahaya yang mengakibatkan lemot masuk ke dalam sistem Android.

Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis melalui google playstore dengan lihat berikut : https://s.id/vdjun.

6. Gunakan Aplikasi Clean Master

menggunakan clean master

Adakah rekomendasi aplikasi supaya hp tidak lemot? Aplikasi Clean Master adalah jawabannya.

Aplikasi Clean Master membuat hp Android tidak lemot lagi karena aplikasinya bekerja secara maksimal menemukan file data yang tidak digunakan dan cache dari aplikasi mana saja yang perlu dihapus.

Secara tidak langsung aplikasi ini berperan sebagai pembersih file – file sampah yang jarang kamu lakukan karena malas untuk menemukan file sampah yang berada di Android.

Untuk mendapatkan dan memasang aplikasi Clean Master pada Android supaya lemotnya hilang, download aplikasinya melalui link berikut: https://s.id/vdl6t.

7. Gunakan Aplikasi Versi Lite

gunakan aplikasi versi ringan

Saat ini sudah ada pemilik aplikasi official menyediakan aplikasi dalam ukuran yang ringan namun tetap menjaga fungsi utamanya.

Contoh saja aplikasi facebook lite dengan ukuran tidak kurang dari 3 MB saja dan ini sangat cocok untuk sedikit meringankan hp yang lemot.

8. Gunakan Wallpaper Hp Diam

gunakan wallpaper statis

Menggunakan wallpaper bergerak akan memperlambat ponsel Android karena data gerakan animasi akan diproses secara terus – menerus walaupun hp sedang digunakan untuk bermain game, nonton film dan YouTube.

Ketika kamu menemukan kelemotan saat membuka dan menutup aplikasi menuju beranda, cobalah untuk menggunakan wallpaper tidak bergerak, terutama hp kelas menengah kebawah.

Alternatif jika tetap bersikukuh ingin menggunakan wallpaper animasi yang tidak memakan sumber daya berlebihan, kamu dapat memasang aplikasi Wallpaper Google di download melalui link berikut : https://s.id/vdq9Z.

9. Matikan GPS & Bluetooth

matikan layanan yang tidak perlu

Pastikan kamu telah mematikan layanan radio Bluetooth dan layanan navigasi GPS yang tidak digunakan untuk mengurangi beban daya yang menimbulkan efek lemot pada Hp.

10. Matikan Hemat Daya Android

matikan hemat daya

Fitur “Hemat Daya” ditujukan untuk pengguna yang tidak ingin kehabisan daya baterai secara drastis.

Cara kerja fitur ini pun hanya menghapus aplikasi yang berjalan di latarbelakang agar tidak menghabiskan sumber daya RAM berlebihan.

Pada kondisi tertentu fitur Hemat Daya dapat mempengaruhi kelambatan hp Android karena terlalu membatasi pemrosesan aplikasi yang sedang dijalankan.

Cobalah untuk mematikan fitur Hemat Daya, dan lihat hasilnya.

Jadi seperti itulah cara mengatasi hp android lemot dengan langkah praktis yang mudah untuk diterapkan, selamat mencoba.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Yuk Diskusikan di Komentar