Cara Menghemat Baterai OPPO

Pingin punya baterai hp Oppo awet tanpa perlu ngecas terus? Berikut cara menghemat baterai hp Oppo yang bisa kamu terapkan.

Cara menghemat baterai oppo agar awet dan tahan lama hingga 2 hari lebih – Hampir pengguna Oppo merasa baterainya boros. Itu bisa disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, salah satunya yaitu kerusakan pada baterai. Masalah ini akan menimpa pengguna semua pengguna Oppo, termasuk oppo a71, a3s, a37, a7, a37f, neo 7 dan versi lainnya

Memang untuk tipe Oppo keluaran tahun 2018 akhir hingga 2021 dibekali dengan beterai super jumbo agar penggunanya tidak bolak – bolik melakukan charging hp dan dengan baterai seperti itu maka hp akan tercover daya baterainya.

Kapasitas sebesar itu pada umumnya paling lama digunakan kisaran 2 hari-an, itupun hanya dipakai untuk bermedia sosial saja. Beda lagi kalau untuk main game atau membuka aplikasi yang memakan daya baterai berlebihan, dipastikan hanya kuat sampai 7 – 9 jam saja.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan hp sewajarnya saja, jangan terlalu dipaksakan untuk main game berat seperti free fire, mobile legend, arena of valor, dan pubg, karena Oppo kamu tidak akan bisa menghemat daya lagi.

Untuk menghemat baterai hp Oppo kamu, mungkin beberapa langkah menghemat baterai oppo semua versi dibawah ini dapat kamu gunakan.

1. Manfaat Aplikasi Greenify

cara menggunakan greenify

Memang benar bahwa ada aplikasi yang digunakan untuk menghemat baterai contohnya adalah aplikasi Greenify.

Aplikasi tersebut sudah pernah saya rangkum dan jelaskan bagaimana cara menggunakan greenify.

Bukan hanya sekadar “Force Close” aplikasi dilatarbelakang, namun aplikasi ini akan menghibernasikan semua pekerjaan (aplikasi) supaya tidak berjalan secara otomatis.

Proses untuk berjalan otomatis bisa dicegah oleh aplikasi greenify, soalnya aplikasi ini akan melakukan pemblokiran terhadap aplikasi yang berjalan tak wajar di latarbelakang.

Saya sudah menggunakannya sejak hp pertama beli baru, jadi tak perlu khawatir lagi soal baterai Oppo makin boros karena sudah dihemat menggunakan aplikasi ini.

2. Matikan GPS Location

meatikan gps di hp

Harap matikan fitur GPS pada Android Oppo kamu, alasannya jelas karena jika menghidupkan GPS akan menguras daya baterai yang mengakibatkan konsumsi daya semakin banyak.

Pada dasarnya, GPS ini akan mencari titik lokasi kamu secara terus-menerus walaupun kamu tidak menggunakan aplikasi Google Maps.

Gunakan GPS disaat momen tertentu saja misalnya ingin membagikan lokasi tempat kamu berada sekarang. Atau sedang mencari alamat rumah teman yang sebelumnya tidak tau alamat tepatnya dimana, akhirnya menggunakan GPS untuk menemukannya.

Baca Juga : Cara Split Screen (Buka 2 Aplikasi Sekaligus) di HP OPPO Terbaru

3. Hidupkan Fitur Hemat Daya

Setiap Android Oppo telah dibekali dengan fitur hemat daya dimana kamu bisa menggunakannya untuk menghemat konsumsi baterai yang berlebihan.

Seperti hp oppo yang saya gunakan ini, setiap hari saya hidupkan fitur hemat daya agar semakin hemat daya konsumsinya dan yang paling penting adalah menambah umur baterai hingga satu jam lebih.

4. Meredupkan Kecerahan Layar

meredupkan kecerahan layar

Redupkan kecerahan layar kamu untuk mengurangi dampak dari pemborosan baterai hp. Alasannya karena kecerahan layar memerlukan daya ekstra apabila tingkat kecerahannya sangat tinggi.

Oleh karena itu kamu perlu meredupkan layar, setidaknya kecerahan layar kamu tidak tinggi-tinggi amat. Dengan begitu, baterai Oppo kamu akan jauh lebih hemat dan efisien.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Koreksi Otomatis di HP OPPO A7 terbaru

5. Bersihkan Recent Apps

hilangkan recent apps

Membersihkan recent apps atau aplikasi yang tak digunakan lagi berguna sekali ketika kamu ingin melakukan penghematan baterai Oppo.

Nah sekarang sering – sering deh untuk menghilangkan “Recent Apps” tersebut supaya baterai jadi lebih hemat.

Bagaimana caranya?

  • Klik saja tombol recent apps untuk hp oppo berada di bagian pojok kiri bawah disebelah tombol Home
  • Kemudian hilangkan aplikasi yang muncul pada tampilan layar kamu dengan cara menggesernya ke atas
  • Selesai

6. Matikan Mode Getar

menonaktifkan mode getar

Mode getar sering digunakan oleh sebagian orang, mungkin hal tersebut sangat membantu mereka dalam menerima sebuah pesan atau notifikasi.

Pemberitahuan yang tak dikasih tanda seperti getar mungkin tak berasa ketika hp di masukan ke dalam saku celana maupun saku baju.

Namun, akan lebih baik jika kamu mematikan mode getar agar menghemat konsumsi daya sistem untuk menggetarkan hp.

7. Matikan Akses Internet di Latarbelakang

Adapun akses internet dapat berjalan dilatar belakang ketika kamu tidak menyadarinya bahwa ada aplikasi yang memakan konsumsi baterai berlebihan.

Kamu bisa mematikan akses internet untuk aplikasi tertentu dan cara tersebut sangat efektif jika diterapkan pada aplikasi yang tidak sering kamu gunakan atau aplikasi yang tidak memerlukan koneksi internet untuk membukanya.

Mungkin postingan sebelumnya dapat membantu kamu tentang mencegah akses internet pada aplikasi di hp oppo, bisa klik disini.

Dan sudah jelas, bahwa cara diatas dapat membuat baterai hp awet kembali dengan sangat mudah.

8. Hilangkan Pemberitahuan Aplikasi

Pemberitahuan sering muncul ketika kamu sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut misalnya gmail, google maps, youtube, dan lain sebagainya.

Supaya baterai hp lebih hemat, matikan pemberitahuan yang muncul pada aplikasi-aplikasi tersebut, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan
  • Pilih menu Notifikasi dan Bilah Status
  • Pilih menu Kelola Pemberitahuan
  • Pilih Aplikasi yang ingin kamu matikan notifikasinya
  • Matikan Izin Pemberitahuan
  • Selesia

9. Kurangi Pemasangan Aplikasi Tak Berguna

Pemasangan aplikasi secara berlebihan juga akan berdampak pada ketidak-hemat-an hp Oppo kamu. Sebab aplikasi yang telah terinstall pada umumnya akan tetap menguras daya baterai walaupun tidak sedang digunakan.

Meskipun begitu, kamu dapat mencopot pemasangan aplikasi tersebut. Akan tetapi sebelum mencopotnya, kamu perlu memastikan dulu aplikasi mana saja yang tidak digunakan lagi.

Jauh lebih baik jika kamu membuat daftar aplikasi yang tidak sering digunakan. Sebagai contoh, pilihlah aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan dalam kurun waktu 3 bulan.

Setelah menemukan aplikasi tersebut, silakan “Uninstall” aplikasi yang sudah dimasukkan ke dalam daftar tadi. Dengan begitu, kamu akan menghemat konsumsi daya baterai Oppo.

10. Mematikan Fitur Ok GOOGLE

Fitur “OK Google” berperan aktif dalam pemakaian daya baterai. Padahal fitur tersebut menjadi fitur utama dari Android untuk mengembangkan layanan dari google, eh malah membuat boros baterai.

Apa boleh buat, sekarang kamu memiliki dua opsi yakni mematikan fitur itu agar baterai hp hemat dan tidak boros atau menghidupkannya dengan membiarkan fitur tersebut mengonsumsi baterai tinggi.

Jika kamu ingin mematikan fitur OK Google, ikuti langkah – langkah berikut ini:

  • Buka Google Apps
  • Usap kekiri
  • Pilih Pengaturan
  • Pilih Voice atau Suara OK Google
  • Klik Selalu Matikan
  • Selesai

Dengan cara tersebut kamu sudah membuat baterai hp menjadi hemat dan tidak cepat habis.

11. Kurangi Pemakaian Widget

Bagi kamu yang mempunyai pikiran untuk mengotak-atik tampilan layar, tak lebih hanya menambahkan widget di homescreen demi penampilan yang menarik. Namun penggunaan widget berlebihan juga tidak akan menghemat baterai.

Cukup gunakan dua sampai tiga widget saja sudah lebih dari cukup. Jikalau kamu tak suka penampilan ribet dan pastinya bisa menghemat baterai oppo kamu maka widget pada homescreen walaupun sedikit pun tidak menjadi masalah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard OPPO, Bisa di Semua versi

12. Mematikan Sinkron Otomatis

matikan sinkron otomatis

Ketika kamu menggunakan smartphone untuk menunjang aktivitas keseharian, di dalam smartphone Oppo kamu terdapat fitur sinkron otomatis.

Sinkronasi otomatis ini biasanya terjadi akibat akun google yang meminta akses data aplikasi agar pengguna yang memakai akun Google yang sama di perangkat lain, maka tidak perlu lagi menyinkronkan ulang.

Oleh sebab itu, kamu wajib mematikan fitur tersebut supaya dapat menghemat baterai Oppo. Saya rasa tidak semua dari pengguna Oppo membutuhkan singkronasi otomatis, jadi matikan saja.

13. Gunakan Tema dan Wallpaper Gelap

menggunakan tema gelap

Tema dan wallpaper gelap akan mengurangi konsumsi baterai juga, pasalnya layar tidak dipaksa untuk mengolah sumber yang terang. Karena pada dasarnya, sumber yang terang akan meningkatkan pemakaian daya baterai.

Oleh karena itulah kamu perlu mengganti wallpaper atau tema yang gelap-gelap atau yang mengusung tampilan berwarna hitam.

Saya sempat menggunakan trik ini dan terbukti berhasil, kedepannya saya akan mencari tema – tema oppo dan wallpaper gelap supaya baterai hp oppo lebih hemat.

14. Matikan Kecerahan Otomatis

Tim pengembang sistem Oppo telah menyematkan fitur “Kecerahan Otomatis” yang dapat mengatur kecerahan layar hp secara otomatis dengan menyesuaikan ruangan tempat kamu berada.

Jika fitur tersebut diaktifkan, maka baterai Oppo kamu tidak jadi hemat karena hpnya akan terus-terusan menyesuaikan keadaan ruangan tempat kamu berada.

Oleh karena itu kamu perlu mematikan fitur “Kecerahan Otomatis” itu guna menghemat baterai oppo (Gunakan kecerahan secara manual saja).

15. Matikan Mode Bunyi

Setiap Android Oppo memiliki “Mode Bunyi” yang bisa diaktifkan ataupun dinonaktifkan. Fitur tersebut berguna untuk memberitahu penggunanya bahwa ada pemberitahuan yang masuk.

Namun, jika kamu mengaktifkan mode bunyi tersebut maka baterai ponsel akan cepat habis. Supaya menghemat baterainya, kamu perlu mematikan “Mode Bunyi” tersebut dan beralih ke “Mode Diam”.

Penutup

Dengan adanya tips diatas saya harap kamu semuanya dapat menghemat baterai Oppo agar menjadi awet. Dan juga jangan terlalu dipaksakan untuk multitasking secara berlebihan dan jangan main game setiap hari.

Dengan begitu kamu dapat memperpanjang umur kesehatan baterai hp Oppo, terlebih lagi jika kamu memakai baterai tanam, harus tetap menjaga kesehatan baterai Oppo tersebut.

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis
Rahma Angriawan

Sekadar melakukan hobi dengan menuangkan ide dalam pikiran kedalam bentuk uraian singkat dan hanya memiliki kemampuan yang sangat minim

Yuk Diskusikan di Komentar