Cara Menggunakan Greenify di Android Tanpa Root untuk Hemat Baterai

cara menggunakan greenify di android
Yuk follow twitter & facebook Thelastsurvivors, temukan infografis menarik & terupdate:)

Cara menggunakan greenify di android tanpa root untuk menghemat baterai.

Banyak yang menyangka bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan pada hp root saja, perlu anda ketahui bahwa greenify sudah memiliki akses ke hp tanpa root.

Sudah saya testing pada smartphone saya bahwa memakai greenify tanpa root untuk memaksimalkan peforma dan bisa digunakan saat main game agar tidak lag.

Game tersebut seperti mobile legend, pubg, CODm free fire, arena of valor (AOV) dan game berat lainnya.

Saya sendiri sudah memakai greenify sejak memiliki hp pertama kalinya, saat itu saja berani mencoba – coba menggunakan hp android tanpa root lalu saya unduh aplikasi greenify di playstore kemudian saya instal. Apa yang terjadi?.

HP saya bisa dipasang greenify padahal setahu saya dulunya hanya support pada hp root.

Namun sekarang sudah mengalami perkembangan secara signifikan alhasil hp tanpa root pun masih bisa menggunakan greenify.

Sebelumnya sudah pernah saya bahas juga tentang cara mengatasi lag isinya ya hampir sama dalam melakukan setting greenify.

Alasan saya memiliki greenify ini adalah sebagai alat perangkat lunak untuk mematikan running background apps atau aplikasi berjalan dilatar belakang.

Jadi, anda bisa mematikan aplikasi mana yang menguras daya baterai banyak dan mana yang memakan RAM di latarbelakang. Adapun kegunaan saat memakai greenify yang benar.

  1. Mengurangi beban aplikasi berjalan di belakang layar.
  2. Mengurangi konsumsi daya beterai berlebih.
  3. Menambah peforma Android selama pemakaian sedang berlangsung.
  4. Menghentikan salah satu aplikasi yang menggangu.
  5. Bisa di manfaatkan sebagai alat untuk pemberhentian secara paksa pada sebuah aplikasi tertentu (WhatsApp, Instagram, Line, Dll).
  6. Mengurangi pemakaian RAM Android.
  7. Ukuran aplikasi sangat ringan, tidak akan menambah kapasitas ruang penyimpanan secara besar – besaran.
  8. Menggunakan teknologi modern untuk hibernasi semua aplikasi terinstal pada smartphone sobat.

Greenify memang mempunyai manfaat lebih ketimbang aplikasi dikelasnya.

Masih terdapat banyak aplikasi yang sama seperti greenify ini tapi sebaiknya anda memakai greenify untuk menghibernasi otomatis di perangkat seluler.

Cara Menggunakan Greenify di Android untuk Menghemat Baterai dan Meningkatkan Peforma Tanpa Root

Pengaturan greenify yang benar akan memberikan dampak yang positif pula.

Aplikasi ini kompatibel dengan berbagai macam smartphone diantaranya xiaomi redmi, oppo, vivo, lenovo, asus, samsung, advan, realmi, iphone, HTC, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Cepat Panas Secara Ampun dan Efektif, Punyamu Kek Gini Tak?

Setting greenify no root dapat dilakukan anda sekarang juga dan berikut tutorial mengenai hal tersebut.

1. Siapkan aplikasi bernama Greenify bisa anda dapatkan melalui google playstore. Tidak saya contohkan bagaimana cara downloadnya ya, pasti anda lebih pandai dari saya.

2. Setelah sudah terinstal aplikasi di hp, sekarang saatnya membuka aplikasi greenify tersebut agar langsung bisa di setting.

3. Pengaturan nya cukup mudah sob, sekarang arahkan jari kamu ke ikon plus (+) lalu Tampilkan aplikasi lainnya seperti gambar dibawah ini.

membuka aplikasi lainnya

4. Selanjutnya kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin kalian hibernasi. Saya contohkan seperti dibawah ini, saya memilih random jadi anda tidak perlu mengikuti pemilihan aplikasi yang sama pada tutorial nomor 4 ini.

memilih aplikasi untuk dihibernasi

5. Disini saya contohkan memilih Puffin dimana aplikasi ini yang biasa menguras peforma hp saya. Selanjutnya bisa klik ikon Centang/ Ceklis berada di bagian pojok kanan bawah.

memilih aplikasi sesuai kebutuhan

6. Aplikasi puffin sudah masuk kedalam hibernasi manual tertunda, setelah itu kamu bisa klik aplikasi tersebut lalu klik icon Zzz berada di bar bawah, seperti gambar dibawah.

memilih aplikasi untuk segera di hibernasi

7. Kemudian akan muncul pemberitahuan seperti meminta izin, klik pada tombol Lanjutkan.

popup lanjutkan hibernasi

8. Akan tampil seperti dibawah ini, anda bisa pilih menu Greenify – Hibernasi Otomatis.

9. Anda akan dibawa ke laman selanjutnya dimana anda harus menghidupkan hibernasi otomatisnya dengan cara menekan tombol bewarna abu – abu hingga berubah warnanya sesuai dengan android masing – masing.

Kalau di hp saya akan berubah warnanya ke warna hijau. Sebelumnya akan ada pemberitahuan muncul berisikan permintaan izin juga lalu klik tombol OK.

mengaktifkan hibernasi otomatis di pengaturan greenify

10. Kembali ke aplikasi greenify, klik pada aplikasi terpilih tadi, saya tadi memilih puffin. Selanjutnya bisa klik ikon Zzz lagi.

hibernasi aplikasi

11. Akan otomatis muncul pada pengaturan aplikasi puffin dimana ia akan menghibernasi secara otomatis apabila muncul pemberitahuan izin aplikasi bahwa aplikasi tersebut mau di paksa berhenti, klik saja OK.

memaksa berhenti prose berjalannya aplikasi

12. Lalu akan kembali otomatis ke tampilan awal puffin, nanti kalau ada beberapa notif perizinan untuk memaksa berhenti bisa klik OK semuanya saja dan nantinya bakal masuk ke fitur Hibernasi.

13. Sebenarnya sampai disini sudah selesai namun saya masih ingin melanjutkan dengan beberapa informasi mengenai greenify untuk pengguna no root.

Seperti yang kita ketahui bahwa android tanpa root itu berasa seperti ada kekurangannya seperti tidak bisa memasang aplikasi pihak ketiga, dicekal apabila masih kekeh dengan pendirian anda atas penginstalan aplikasi terlarang, memasang aplikasi lain ke sistem android dan lain sebagainya.

Setelah beberapa tahun saya ditemani aplikasi greenify ini, saya merasa bahwa ada peningkatan ya walaupun tidak signifikan ningkatnya dari segi peforma.

Tetapi masih bisa dikatakan sebagai acuan dasar untuk meringankan beban smartphone kamu saat multitasking, main media sosial, main game dan sebagainya.

Dimana anda akan merasakan perbedaannya walaupun tidak terasa banget menurut saya soalnya hp tanpa root tidak memiliki akses sepenuhnya untuk pemberhentian secara paksa aplikasi sistem android.

Secara bagi saya ada sebagian aplikasi sistem bawaan yang memang benar – benar menggangu dan menguras daya banget.

Tidak usah dipermasalahin lagi saatnya saya akan memberikan masukkan sedikit untuk anda yang sedang mempertanyakan menggunakan greenify pada android tanpa root dibawah ini.

Cara Setting Greenify Otomatis Hibernasi di HP

1. Siapkan greenifynya, kalau yang belum punya dan belum memasangnya pada smartphone kalian. Setelah itu buka saja aplikasinya.

2. Buka pengaturan dengan cara ketuk pada bagian pojok kanan atas dilayar lalu klik menu Pengaturan.

3. Di menu pengaturan silakan aktifkan smart hibernation langkah langkahnya tidak saya jelaskan melainkan dengan melihat gambar dibawah ini pasti anda sudah bisa memahaminya.

hidupkan hibernasi pintar

Bagi yang belum paham bisa saya jelaskan mulai dari opsi nomor 1 yakni klik menu Smart Hibernation, nomor 2 yakni klik ikon Smart Hibernation, lalu pilih greenifi untuk diaktifkan dan diberi izin smart hibernation pada pengaturan, selanjutnya, kembali ke aplikasinya.

4. Setting terakhir ini bisa klik menu Otomatis hibernasi, aktifkan menu tersebut guna memberikan peforma lebih baik lagi dimana anda tidak harus memaksa sebuah program berhenti secara manual cukup aktifkan hibernasi otomatis saja.

mengaktifkan otomatis hibernasi

Mungkin cara diatas bisa membantu anda semuanya ya. Kalau ada yang ingin ditanyakan bisa tanyakan saja pada kolom komentar bawah untuk mencari solusi terbaik dari admin.

Sebelumnya akan saya berikan FAQ agar tidak memberikan pertanyaan yang sama.

F.A.Q.

Kenapa di HP saya tidak bisa di instal?

Aplikasi greenify hanya support di versi android 4.2.2 (Jellybean) keatas, cek apakah sobat menggunakan versi android dibawah batas standarnya

Apakah cara setting bisa dilakukan pada semua aplikasi?

Bisa banget sob, soalnya aplikasi apapun seperti mobile legend, gojek, grab, whatsapp dan sebagainya bisa dilakukan hibernasi ini menggunakan greenify pastinya.

Apakah pengguna ROOT bisa menggunakan nya juga?

Sangat bisa sob, saya malah suka fitur root nya dari pada tanpa root

Akhir Kata

Apakah ulasan diatas membantu kalian dalam pengaturan dan cara menggunakan greenify yang benar untuk menghemat beterai sekaligus meningkatkan peforma RAM android?.

Kalau iya berarti anda sudah bisa melakukannya sendiri, sebelum main game atau multitasking lakukan hal semacam itu agar peforma hp lebih meningkat.

Peforma naik pasti aktivitas tidak akan terganggu dengan adanya lag, lemot dan boros baterai, dengan begitu anda dapat mengatasi hal tersebut dengan mudah dan efektif.

Terima kasih sudah membaca ulasan dari saya mengenai cara menggunakan greenify tanpa root di android.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar