Split Screen Oppo

Cara mengaktifkan layar belah (split screen) di hp Oppo terbaru – Sobat semua pasti mempunyai hp Oppo terbaru bukan? Pada tahun ini Oppo gencar sekali menyaingi kelas menengah dengan menghadirkan fitur belah dua layar atau sering disebut dengan split screen.

Layar belah 2 ini hanya bisa diaktifkan pada Oppo versi terbaru, jika kamu menggunakan Oppo lama (a37, a37f, f5, a57, a71, dan f1s) seperti nya tidak bisa mengaktifkan mode layar belah.

Pada kesmepatan kali ini saya akan membagikan pengalam saya dalam mengaktifkan mode split screen pada Android Oppo saya, Oppo a7 dan a5s wajib coba trik ini supaya dapat membelah layar untuk membuka dua aplikasi sekaligus tanpa harus ribet.

Apa yang dimaksud split screen? Split screen atau dalam bahasa indonesia adalah layar belah dua dimana kamu bisa bermain game sambil chatting. Split layar ini berguna untuk meringankan aktivitas sobat saat multitasking terutama seperti sedang chatting dan nonton youtube.

Ketika kamu membuka aplikasi, saya contohkan aplikasi youtube kemudian ingin membalas pesan di WhatsApp, sekarang tak perlu lagi membuka tab satu aplikasi melainkan sudah canggih dengan memanfaatkan fitur split screen pada smartphone sobat.

Moda belah ini sering saya gunakan untuk aktivitas saya bermedia sosial, sebagaimana mestinya jika kalian ingin tak ribet buka tutup satu aplikasi maka alternatif lainnya bisa menggunakan tahapan yang saya berikan sesuai pengalaman saya sebagai pengguna baru brand Oppo.

Kegunaan Split Screen

Sebelumnya kamu harus mengetahui manfaat dan kelebihan dari menghidupkar fitur belah layar dua untuk membuka dua aplikasi sekaligus.

1. Mendapatkan Multitasking Maksimal

Kelebihan pertama ialah mendukung multitasking lebih maksimal soalnya sobat dapat membuka aplikasi ganda misal Facebook dan Instagram secara bersamaan di dalam satu layar smartphone.

Mode ini memang disengaja untuk memperoleh multitasking powerfull, supaya penggunanya tak ribet lagi buka tutup aplikasi lain.

Kalau bisa dibelah dua kenapa tidak memakai cara ini? Menurut saya memang sangat membantu banget apalgi saya suka hal praktis ketimbang ribet harus buka tutup aplikasi lain, kalau ada fitur ini dimanfaatkan segera agar sobat dapat menikmati fitur yang sudah disediakan oleh produsennya sendiri.

2. Mempermudah Pekerjaan

Keunggulan kedua adalah pekerjaan kamu akan cepat ditangani apabila menghidupkan mode bilah layar.

Alasannya cukup simpel saja, yakni sobat dapat membuka dua aplikasi sekaligus secara bebarengan dalam modus satu layar saja.

Kamu akan dipermudah lagi ketika fitur ini sudah aktif kan, hp sudah canggih kamu juga harus canggih juga dalam memanfaatkan teknologi dari gadget sobat.

Pekerjaan cepat diatasi, seperti contohnya begini ketika sobat punya klien kemudian mereka berada di facebook dan whatsapp, nah bagaimana supaya membalasnya biar cepat tanpa harus menutup salah satu aplikasi tersebut? Jawabannya ialah menghidupkan split layar.

3. Bisa Merasakan Fitur Canggih OPPO

OPPO kini sudah makin merajalela dikalangan masyarakat indonesia khususnya daerah Jawa.

Konsumen terbesar memang dari jawa pasalnya pasar di daerah jawa sangat menguntungkan ketimbang daerah lain. Kenapa?

Sebab mayoritas penduduk terbesar menduduki wilayah pulau jawa jadi konsumen aktif berada disini semua.

Ketika sudah menjadi konsumen OPPO, maka sobat ingin mengulik semuanya kan?

Apalagi fitur canggih seperti ini, pasti sobat kepingin buru – buru merasakan mode split screen.

Saya sudah mencobanya selama beberapa hari belakangan, memang sangat membantu kinerja multitasking kita sob.

Selanjutnya kalian akan saya bawa ke inti persoalannya seperti dibawah ini.

Sobat hanya perlu menirukan apa perkataan yang saya ucapkan untuk selebihnya bisa melihat tutorial bergambarnya agar memperjelas penjelasan yang saya jabarkan dalam sebuah rangkaikan kata, dan berikut tutorial menghidupkan split screen Oppo untuk membuka 2 program sekaligus secara bersamaan dalam satu layar.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kamus Prediksi Kata di HP OPPO

Cara Mengaktifkan Mode Split Screen Agar Berfungsi untuk Buka 2 Aplikasi

Sebelum masuk ke inti pembicaraan kamu dapat mengaktifkan fitur multi screen pada tampilan smartphone kamu walaupun smartphone tidak mendukung layanan multi-windows layaknya hp terbaru keluaran OPPO.

Namun tak ada salahnya jika kalian mencoba dan memberikan sedikit sentuhan akhir untuk mencoba pada varian merk Oppo lainnya. Berikut langkah-langkahnya.

#1. Setting Multi Screen di Semua HP OPPO Lama

Sebetulnya syarat utama mengaktifkan perihal ini adalah Android versi nougat keatas, soalnya hasil dari pengaktifan ini akan lebih maksimal ketika dijalankan pada versi Android 7.0 nougat. Apabila sobat kepingin melihat dan mencobanya bisa melakukan langkah dibawah ini.

  • Buka Pengaturan HP
  • Lalu usap kebawah hingga menemukan menu Tentang Ponsel
  • Kemudian klik Nomor Build Android. Tap saja menu tersebut sebanyak 3 kali atau lebih.
  • Selanjutnya akan muncul mode pengembang
  • Untuk menemukan menu “Mode Pengembang” tersebut, silakan masuk ke Pengaturan Tambahan
  • Lalu buka Opsi Pengembangan, ketika kamu dimintai kode/sandi, isikan saja sesuai permintaan
  • Usap kebawah hingga menemukan opsi bernama Force Activities to be Resizable (Paksa Aktivitas menjadi Resizable) artinya memaksa layar untuk mengubah ukurannya
  • Setelah itu segeralah untuk merestart hp
  • Selesai

Untuk melakukan pengujian, kamu bisa mencobanya untuk membuka 2 aplikasi secara bersamaan. Namun kelemahannya ialah tidak semua aplikasi mendukung fitur split screen ini. Jadi harus menunggu developer aplikasi tersebut untuk memunculkan fasilitas belah layar itu.

Setelah melakukan langkah diatas yakni mengatur split screen untuk varian hp Oppo lama, selanjutnya kamu dapat mengatur secara otomatis pada hp Oppo baru tinggal tekan dan tahan sudah aktif mode multi layar pada tampilan smartphone sobat, berikut tutorial mengenai hal itu.

Baca Juga : Mengaktifkan Layar Ketuk 2 Kali untuk Hidupkan Smartphone OPPO A7

#2. Cara Aktifkan Layar Belah 2 Di OPPO A7, A3s, dan A5s

Varian Oppo tersebut adalah varian terbaru dimana bagi saya varian tersebut sudah terbukti berhasil entah versi hp Oppo apalagi yang dapat mengaktifkan fitur tersebut.

Menurut saya sih seperti Oppo F11, R17, F9, Find X, A3, F7, R15, A71 dan terakhir OPPO A83, besar kemungkinan pengguna hp itu juga mendapat dukungan untuk membelah layarnya supaya bisa membuka ganda aplikasi.

Tidak ada syarat untuk hp Oppo terbaru, kalau udah namanya terbaru berarti sudah support fitur tersebut. Kalaupun belum berarti sobat harus menggunakan trik sebelumnya, dan berikut tutorial menghidupkan mode belah layar ganda.

  • Langkah #1: Buka Android, disini saya menggunakan varian A7 jadi bagi kamu yang bukan pengguna A7 bisa menyesuaikan saja, semestinya hampir sama letak menu-menunya
  • Langkah #2: Buka satu aplikasi terlebih dahulu, terserah dan apapun itu aplikasinya kemudian pilih tombol Recent Apps dibagian kiri bawah kemudian tekan dan tahan tombol tersebut
tekan dan tahan recent apps
  • Langkah #3: Kemudian akan muncul tab baru dibawah aplikasi yang sedang kamu buka tadi. Setelah itu tinggal pilih mau buka aplikasi mana aja. Selamat kamu sudah bisa mengaktifkannya, mudah bukan?

Untuk mengembalikan ke mode satu layar cukup menekan dan tahan tombol recent apps nya yang tadi.

Itulah tadi sedikit pengalaman saya dalam membuat layar hp menjadi dua bilah agar dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar Android Oppo saja tanpa bantuan aplikasi apapun, saya hanya memanfaatkan fitur yang ada di smartphone Oppo.

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis
Rahma Angriawan

Sekadar melakukan hobi dengan menuangkan ide dalam pikiran kedalam bentuk uraian singkat dan hanya memiliki kemampuan yang sangat minim

Ini Dikusi Mereka . . .

  1. Kok enggak ada tulisan Force Activities to be Resizable dimenu opsi pengembang, padalan udah sampai bawah tapi enggak ketemu jugak

    Balas

Yuk Diskusikan di Komentar