Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard OPPO

Cara menghilangkan kamus di keyboard oppo – Seperti yang kita tahu bahwa brannd oppo menawarkan produknya dengan fitur – fitur sangat canggih. Contoh hal nya fitur koreksi otomatis ini, dapat kamu aktifkan dan nonaktifkan supaya tidak mengganggu kegiatan mengetik pesan dan status.

Mungkin cara mematikan kamus di hp oppo ini dapat meringankan beban kamu supaya prediksi kata tidak akan ada lagi.Varian oppo terdiri dari a71, a83, f7, f5, a57, a37f, a37, a3s, a5s dan terbaru saya juga memberikan tutorial sama menghilangkan prediksi kata di keyboard oppo A7.

Setiap hp sepertinya belum pasti dan belum tepat sasaran mengenai tutorial ini karena di tiap – tiap seri oppo akan mempunyai menu berbeda.

Namun kamu bisa mengikuti langkah demi langkah ini secara perlahan – lahan dan perhatikan menu apa untuk mengatur mematikan koreksi otomatis tersebut.

Pada dasarnya tuh sama saja cuman diubah aja tata letak dari menu – menu tersebut, mungkin bagi kamu pengguna hp lain atau seri lain bisa menyesuaikan saja apa inti dari tahapan ini.

Kegunaan Menghilangkan Prediksi Kata

Sebelum masuk pada inti permasalahan, alangkah baiknya apabila kamu mengetahui manfaat dari menonaktifkan kamus di oppo semua versi. Berikut kegunaan dari menghilangkan prediksi teks pada keyboard oppo.

1. Dapat Terhindar dari Koreksi Otomatis

Ketika kamu sedang menonaktifkan fitur ini, maka dipastikan akan memiliki keuntungan seperti terhindari dari koreksi otomatis ngawur alias tidak benar ejaannya.

Sebagai contoh seperti ini, ketika kamu menggunakan bahasa daerah setempat, kamu akan menemukan ejaan janggal tak sesuai yang kamu maksud kan?. Nah itu menjadi kelemahan tersendiri apabila masih mengaktifkan kamus.

2. Keyboard Menjadi Lebih Ringan

Kenapa papan ketik bisa menjadi ringan setelah menonaktifkan fitur kamus ejaan? Kemungkinan besar kamu tersebut memakan ruang penyimpanan cache keyboard cukup banyak. Pada dasarnya kamu mendapatkan keuntungan apabila sudah melenyapkan dihadapan kamu waktu mengetik pesan.

Kalau sudah begini, kamu akan merasa beban dari tanggungan untuk melakukan pengetikkan tidak berat, apalagi hp spek kentang yang kurang mendukung kamus pada keyboard soalnya sangat membebabi waktu pertama kali ingin membuka papan ketik untuk membalas pesan.

3. Tampilan Keyboard Makin Kecil

Ketika kamu sudah mengaktifkan untuk melenyapkan fitur tersebut, setelah kamu cek untuk membalas pesan atau bikin suatu status, lihat deh ada ruang kosong banyak diatas keyboard kalian. Nah itu menjadi keuntungan bagi kamu bukan?.

Saya kasih contoh, apabila kamu ingin balas chat di WhatsApp lalu klik balas pesan untuk membuka keyboard nah ruang diatas keyboard atau diantara keyboard dan pesan akan tampil dengan ukuran lebih lebar.

Itulah beberapa manfaat dari menonaktifkan auto text pada keyboard oppo kalian. Seperti yang kita ketahui bahwa oppo menyediakan keyboard bawaan untuk text correction dan auto text selanjutnya.

Kalau menyalakan fitur ini malah seperti sok tau gitu, mending dimatikan saja biar tidak mengganggu. Bagaimana tutorialnya? berikut tutorial mengenai hal tersebut.

Baca Juga : Cara Gampang Menghilangkan Koreksi Kata Otomatis pada Keyboard Xiaomi

Cara Menghilangkan Koreksi Otomatis dan Prediksi Kata di HP OPPO

Disini saya menggunakan hp oppo a37f, bagi pengguna serian lainnya seperti a37 tutorialnya sama persis namun jika kamu bukan pengguna oppo a37f dan a37, sebaiknya untuk menyesuaikan saja karena hanya mengatur papan ketik kalian dibagian text correction atau koreksi teks, dan berikut tutorialnya.

1. Buka hp agan apabila belum dinyalakan silakan nyalakan terlebih dahulu hingga masuk ke tampilan awal atau homescreen kamu. Lalu masuk ke menu Setting/ Pengaturan/ Setelan, sesuai dengan apa yang ada di hp biasanya akan bergambar roda gerigi.

2. Setelah masuk ke menu pengaturan tersebut, silakan usap kebawah hingga menemukan menu baru. Menu tersebut bernama Pengaturan Tambahan, dimana pada setelan ini kamu akan mendapati banyak sekali menu – menu baru lainnya.

pengaturan tambahan untuk menonaktifkan kamus

3. Langkah selanjutnya ialah cari menu bernama Bahasa dan Metode Masukan. Di dalam menu tersebut akan ada tampilan menu baru lagi, apabila kamu kebingungan ingin memilh menu mana lanjut ke tutorial keempat.

buka bahasa dan masukkan

4. Pada tahap ini kamu akan saya suruh untuk memilih menu baru bernama TouchhPal for OPPO, dimana menu tersebut adalah pengaturan mesin papan ketik yang kamu gunakan.

menu touchpal for oppo

5. Kemudian akan dibawa ke pengaturan keyboard bawaan oppo tersebut. Lalu pilih menu Masukan Pintar namanya. Berada di nomor dua dari atas, kamu bisa melihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

membuka menu masukan pintar

6. Akan muncul seperti gambar dibawah, apabila ikon centang/ ceklis sebelah kanan bewarna biru maka harus dimatikan. Namun jangan asal mematikan ya sob soalnya disini hanya mematikan satu fitur saja yakni Prediksi Kontekstual.

menghilangkan ceklis prediksi kontekstual

7. Tap saja pada ikon centang atau ceklis biru tersebut hingga berubah warna menjadi abu – abu. Jika sudah berubah warnanya maka akan dinonaktifkan fitur prediksi otomatisnya pada keyboard oppo kalian.

8. Kamu bisa melakukan cek pada status, chat, pesan dan lain sebagainya untuk melihat apakah cara nya sudah berhasil atau belum. Kemungkinan terbesar ialah sudah berhasil.

Setelah ini saya akan memberikan sebuah kumpulan pertanyaan dari kamu, biasanya sih akan tanya yang hampir mirip – mirip seperti dibawah ini. Namun sebelumnya akan lebih baik lagi kalau kamu memastikan apakah sudah benar – benar hilang atau belum.

Cara Menghilangkan Koreksi Otomatis Teks pada Android OPPO A7

OPPO A7 lagi saya gunakan saat ini, saya ingin membagikan pengalaman saya dalam mengotak – atik layanan yang diberikan pihak oppo untuk penggunanya.

Sebenarnya masih banyak lagi trik tersembunyi lainnya mungkin cukup ini dulu.

Pada postingan sebelumnya saya membagikan ulasan mengenai cara mengaktifkan ketuk dua kali pada layar untuk menghidupkan smartphone oppo a7.

Beberapa hari lalu saya menjumpai trik supaya tidak ada lagi otomatis mengoreksi kata demi kata dari setiap kita mengetikkan teks pada papan ketik android kita.

Nah bagaimana cara mematikan nya supaya tidak muncul lagi soalnya jengkelin banget?.

1. Buka hp sobat apabila anda menemukan ulasan ini menggunakan komputer atau laptop kemudian masuk ke Pengaturan. Disinilah anda bisa menemukan pengaturan hp sobat untuk mengatur segala macam fitur yang ada.

2. Kemudian scroll kebawah hingga menemukan menu bernama Pengaturan Tambahan. Hampir mirip seperti menghilangkan prediksi kata di oppo a37 dan a37f, namun bedanya tampilan hp baru lebih kelihatan modern dan clean.

pengaturan tambahan

3. Setelah masuk ke menu tersebut pasti akan terdapat menu – menu baru lagi yang tak asing soalnya di hp oppo lawas (lama) juga terdapat menu semacam itu. Selanjutnya klik pada menu Keyboard & Metode Input.

keyboard dan metode input

4. Pada tahap ini sobat juga kan menemukan beberapa fitur untuk mengatur keyboard sobat. Langkah seterusnya bisa memilih menu Gboard – Pengetikkan Multibahasa. 

Baca Juga : Inilah Cara Mematikan Prediksi Kata di Keyboard Xiaomi Terbaru 2019

Gboard

5. Lalu akan muncul setelan keyboard yang sedang anda gunakan saat ini atau keyboard default bawaan oppo a7 seperti gambar dibawah. Silakan sobat memilih menu Koreksi Teks.

Koreksi Teks

6. Usap kebawah hingga menemukan menu baru sebelumnya diatasnya akan ada menu pengaturan dari koreksi teks. Nah kalian bisa menemukan submenu Koreksi dibagian bawah.

menu koreksi

7. Sobat bila tap pada bagian menu Koreksi otomatis lalu klik ikon warna hijau setelah di klik pasti akan berubah warna menjadi abu – abu. Setelah berganti warna tersebut maka dipastikan sobat sudah bisa menonaktifkan layanan koreksi teks.

menghilangkan otomatis koreksi di oppo a7

Apakah cara diatas mudah? Kalau belum bisa lihat tutorial video diibawah ini sob agar semua tutorial yang saya berikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. Bagi yang tidak mau repot dalam membaca semua artikel diatas, sebaiknya tonton video ini saja biar tidak malas rasanya.

Catatan

Sebagai pengingat saja sob bahwa menu pengaturan papan ketik biasanya di setiap hp android memiliki nama berbeda beda, sebagai contoh kasus adalah hp oppo a7 sama a37f itu berbeda jauh nama pengaturan untuk menonaktifkan koreksi otomatis.

Jadi, apabila kamu ingin menyembunyikan kamus tersebut, kamu cari saja pengaturan keyboard sesuai denga tipe/ merk hp yang kamu gunakan, dengan begitu langsung mencari pengaturannya seperti menu Text Correction atau masukkan pintar.

Demikian ulasan singkat saya mengenai dunia gadget lagi, pada kali ini saya membahas fitur menarik di gadget oppo. Terdapat banyak sekali fitur tersembunyi yang belum terjaman pengguna lain, saya aja baru tau sekarang mengenai menu kamus pada keyboard smartphone OPPO.

Dengan begitu jadi bisa dipastikan kamu dapat mengikuti langkah demi langkah proses diatas. Terima kasih sudah meluangkan waktu kamu untuk membaca artikel saya tentang cara menghilangkan kamus di keyboard oppo semua versi.

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis

Yuk Diskusikan di Komentar