Kategori Tekno

5 Cara Mudah Memperbaiki Headset Bluetooth Mati Sebelah

Saat ini ketenaran perangkat output headset kabel mulai digantikan dengan headset bluetooth yang terkesan lebih praktis dan simpel.

Tapi sayangnya, headset bluetooth (nirkabel) juga terkadang mengalami masalah yang hampir sama dengan headset kabel.

Masalah yang paling kerap terjadi adalah headset bluetooth yang tiba-tiba tidak ada suaranya sebelah saja, baik itu sebelah kiri maupun kanan.

Agar headset bisa kembali mengeluarkan suara dengan normal, berikut TheLastSurvivors telah menyiapkan beberapa cara untuk memperbaikinya.

Tapi sebelum itu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa penyebab headset bluetooth yang tidak ada suaranya sebelah.

Penyebab Headset Bluetooth Mati Sebelah

Penyebab Headset Bluetooth Mati Sebelah

Berbeda dengan headset kabel yang jika mati sebelah kemungkinan terbesarnya ada pada kabelnya, headset bluetooth yang mati sebelah ternyata bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab, diantaranya adalah:

  • Gagal terhubung ke perangkat HP atau PC dengan baik
  • Ada kotoran yang menyumbat headset
  • Kesalahan pengaturan pada keseimbangan audio
  • Headset Bluetooth kehabisan baterai

Setelah kamu mengetahui penyebabnya, berikut beberapa cara memperbaiki headset bluetooth mati sebelah, cara ini berlaku untuk semua merk ya! Mulai dari TWS F9, inpods 12, JBL, TWS i7s, dan merk lainnya.

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah

  1. Koneksikan Headset Bluetooth ke HP ke Lain HP
  2. Putus Lalu Sambungkan Kembali Headset Bluetooth
  3. Bersihkan Headset Bluetooth dari Kotoran
  4. Pastikan Audio Seimbang
  5. Pastikan Headset Bluetooth Bisa Dicas

1. Koneksikan Headset Bluetooth ke HP Lain

Headset Bluetooth Tidak Ada Suara

Langkah awalnya, silahkan coba koneksikan headset bluetooth kamu ke HP lain, atau bisa juga ke perangkat lain seperti komputer atau laptop.

Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui sekaligus mengetes kondisi headset bluetooth. Maksudnya bisa memastikan kondisi headsetnya normal atau bahkan sebaliknya.

  • Saat di tes di HP atau perangkat lain headset bluetooth bisa berbunyi normal keduanya, itu artinya headset tidak rusak.
  • Tapi jika saat di tes di HP lain, headset bluetooth tetap mati sebelah, maka bisa jadi memang headset tersebut sudah rusak sebelah.

Apabila kamu mengalami kondisi yang kedua, harap tenang dulu! Silahkan lakukan beberapa tips di bawah ini agar headset bluetooth tersebut bisa berbunyi lagi.

2. Putus Lalu Sambungkan Kembali Headset Bluetooth

Terkadang, headset bluetooth maupun perangkat bluetooth lain mengalami kendala pada konektivitas yang membuatnya tidak bisa berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, silahkan coba untuk memutuskan lalu menghubungkan kembali headset tersebut dengan perangkat kamu.

Dengan melakukan cara ini, koneksi antara headset bluetooth dan perangkat akan dimulai ulang. Sehingga error yang terjadi bisa teratasi.

Selain itu kamu juga bisa mengkombinasikan cara ini dengan cara nomor 1 tadi, yaitu putuskan headset dari perangkat A, hubungkan ke perangkat B, putuskan dari perangkat B, dan hubungkan kembali ke perangkat A.

Setelah itu coba putar sebuah lagu untuk mengetes apakah headset bluetooth yang mati sebelah sudah normal kembali atau belum.

Baca Juga: Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

3. Bersihkan Headset Bluetooth dari Kotoran

Kotoran yang menempel pada headset juga bisa membuat headset bluetooth tersebut mati sebelah, baik itu sebelah kanan maupun kiri.

Kotoran yang dimaksud tidak hanya kotoran telinga saja, bisa jadi ada debu atau serat yang menyumbat lubang headphone. Dengan begitu kamu bisa membersihkannya menggunakan tisu kering.

Namun apabila headsetnya basah, kami sarankan untuk membersihkannya menggunakan kain mikrofiber (kanebo) agar lebih optimal saat menyerap cairan yang ada.

4. Pastikan Audio Seimbang

Ini penting! Banyak orang tidak memperhatikan pengaturan keseimbangan audio antara headset sebelah kanan dan sebelah kiri.

Apabila pengaturannya kurang tepat, jelas ini akan berakibat pada headset bluetooth yang mati sebelah, atau bunyinya lebih kecil dari sebelah yang satunya. Untuk itu berikut cara menyeimbangkan audionya:

1. Mengatur Balancing Audio di PC

Audio Balance Pc
  1. Klik kanan icon Speaker di Taskbar.
  2. Klik opsi Sound.
  3. Buka tab Playback.
  4. Pilih headset bluetooth dan klik Properties.
  5. Buka tab levels dan klik Balance.
  6. Atur angka antara opsi L (kiri) dan R (kanan) dalam jumlah yang sama agar seimbang.

2. Mengatur Balancing Audio di HP

Tidak semua perangkat smartphone (Android atau iPhone) menyediakan pengaturan keseimbangan audio ini.

Jadi silahkan cari pengaturannya sendiri di HP kamu ya. Biasanya sih terletak di menu pengaturan aplikasi pemutar musik atau menu settings HP.

Sementara itu, jika kamu tidak menemukannya, kamu dapat mendownload aplikasi tambahan yang ada di toko aplikasi Android (Play Store) dan iOS (Appstore). Disini kamu dapat menggunakan aplikasi bernama Equalizer ya.

Kenapa sih perlu memakai aplikasi tambahan? Karena biasanya, aplikasi Equalizer juga menyediakan opsi untuk mengatur keseimbangan audio kok.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Mengirim File

5. Pastikan Headset Bluetooth Bisa Dicas

Setiap headset bluetooth biasanya dilengkapi dengan case atau sebuah kotakan yang berfungsi untuk menyimpan sekaligus untuk mengisi daya dari headset tersebut.

Disini kamu harus memastikan bahwa headset bluetooth bisa di cas dengan normal. Karena jika sudah tidak bisa di cas dengan normal, maka headset bluetooth tersebut akan kehabisan daya yang membuatnya tidak bisa digunakan.

Seandainya dari semua cara memperbaiki headset bluetooth mati sebelah di atas tidak ada yang berhasil, kemungkinan besar headset kamu mengalami kerusakan. Jadi jalan satu-satunya adalah membeli headset baru lagi.

Yuk Diskusikan di Komentar