Kategori Komputer

Perbedaan AMD dan Intel untuk Laptop dan PC, Bagus Mana?

Salah satu keputusan yang sulit diambil saat akan membeli laptop atau merakit komputer adalah menentukan prosesor yang akan digunakan. Apakah ingin menggunakan prosesor AMD atau Intel?

Pertanyaan tersebut hampir tidak ada jawabannya, karena jika kamu menanyakan pada orang yang fanatik dengan brand Intel, tentu saja jawaban terbaiknya adalah Intel. Begitu juga sebaliknya pada fansbase AMD.

Namun jika kamu bisa membandingkannya sendiri melalui berbagai perbedaan yang ada, kamu akan mendapatkan jawabannya.

Oleh karena itu, kali ini TheLastSurvivors akan membahas secara detail mengenai perbedaan AMD dan Intel sebagai berikut:

  1. Perbedaan Antara AMD dan Intel
  2. Perbandingan Harga CPU
  3. Performa Gaming CPU
  4. Konsumsi Daya CPU
  5. Cara Memilih CPU PC yang Tepat

Perbedaan Umum Antara AMD dan Intel

Amd Vs Intel

1. Arsitektur

Dari segi arsitektur, AMD dan Intel memiliki cara pandang yang jauh berbeda. Jadi dengan begitu tidak ada yang bisa dikatakan mana yang lebih baik, karena sudah jelas bahwa secara tolak ukur saja sudah berbeda.

AMD sendiri memilih untuk mengintegrasikan memori controller dengan prosesornya secara langsung (HyperTransport). Dengan demikian jalur data antara prosesor dan chipset menjadi lebih dekat, namun berimbas pada memori internal yang jadi lebih kecil.

Berbeda dengan Intel, prosesor Intel tidak melakukan hal tersebut dan memilih untuk lebih fokus terhadap pemasangan memori internal pada prosesor, dengan begitu memori internal Intel lebih besar jika dibanding milik AMD.

2. Frekuensi & Chipset

Perbedaan umum yang kedua terletak pada bagian Frekuensi dan Chipset. Kedua hal ini kami satukan karena memiliki keterkaitan satu sama lain. Namun perlu kamu ketahui bahwa frekuensi dari AMD dan Intel tidak bisa disamakan.

Kami beri contoh pada prosesor Intel Core i5 5200U 2.2GHz dengan AMD A8 7410 2.2 GHz, dalam hal ini bukan berarti kedua prosesor tersebut memiliki kecepatan yang sama.

Karena seperti yang sudah kami bahas di bagian Arsitektur bahwa AMD mengintegrasikan HyperTransport yang membuat transfer data menjadi lebih cepat.

3. Grafis Onboard

Untuk segi Grafis Onboard, tentu saja AMD lebih unggul. Hal ini karena setiap motherboard dengan platform AMD sudah memaki grafis onboard yang terintegrasi dengan ATi Radeon atau NVIDIA yang sudah tidak diragukan lagi kualitas grafisnya.

Berbeda dengan Intel yang biasanya hanya dibekali dengan Intel HD Graphic dengan kualitas grafis yang sangat minim, meskipun ada juga yang dibekali dengan grafis berkemampuan SLI, seperti nForce 590 dan nForce 680.

Selepas mengetahui perbedaan diantara kedua prosesor, selanjutnya kamu perlu tahu bahwa masih ada perbandingan lain. Perbandingan tersebut antara lain:

Perbandingan Harga CPU

Harga merupakan faktor pertimbangan yang paling penting bagi sebagian besar orang saat akan memilih prosesor.

Berikut ini perbandingan harga CPU AMD dan Intel yang telah kami siapkan dalam bentuk tabel agar lebih mudah untuk dipahami.

Harga CPU berdasarkan KeluargaAMDIntel
AMD Ryzen 3 – Intel Core i3Rp1.300.000 – Rp1.700.000Rp1.400.000 – Rp2.200.000
AMD Ryzen 5 – Intel Core i5Rp2.100.000 – Rp4.500.000RP2.200.000 – Rp4.000.000
AMD Ryzen 7 – Intel Core i7Rp4.250.000 – Rp6.500.000Rp4.500.000 – Rp6.000.000
AMD Ryzen 9 – Intel Core i9Rp6.300.000 – Rp11.500.000Rp6.200.000 – Rp8.000.000
Ryzen Threadripper – Intel Cascade LakeRp13.000.000 – Rp55.000.000Rp11.000.000 – Rp4.500.000

Perbandingan Performa Gaming CPU

Performa Gaming CPU AMD dan Intel
Data Diambil dari TomsTom’s Hardware

CPU tentu sangat berpengaruh terhadap performa untuk bermain game, lalu lebih baik mana antara AMD dan Intel dalam hal gaming?

Secara umum baik AMD dan Intel memiliki performa dan kinerja yang sangat baik saat digunakan untuk bermain game.

Untuk prosesor Intel sendiri, memiliki performa gaming yang lebih baik pada kelas CPU Entry Level dan Mid Range. Sedangkan untuk AMD, performanya justru lebih mendominasi di CPU kelas atas atau High End.

Namun menilai performa gaming tentu tidak bisa hanya diukur dari CPU saja, semua itu juga tergantung dengan komponen lain seperti GPU, RAM, dan juga sistem pendingin yang digunakan.

Perbandingan Konsumsi Daya CPU

Konsumsi Daya CPU AMD dan Intel
Data Diambil dari TomsTom’s Hardware

Selain memperhatikan masalah performa, konsumsi daya juga menjadi salah satu faktor yang harus kamu perhatikan dalam memilih CPU.

Konsumsi daya sendiri berbanding lurus dengan panas yang akan dihasilkan oleh CPU. Jadi semakin tinggi konsumsi daya yang dibutuhkan, maka semakin tinggi pula panas yang dihasilkan oleh CPU.

Dengan kata lain, hal tersebut akan mempengaruhi kinerja CPU itu sendiri dan harus bisa diimbangi dengan pendingin yang sesuai.

Mengambil sampel perbandingan CPU AMD vs Intel di kelas menengah hingga atas, ditemukan bahwa 3 CPU dengan konsumsi daya terbesar ditempati oleh Intel.

Sedangkan posisi 2 terendah dalam hal konsumsi daya ditempati oleh AMD yang keduanya berasal dari seri Ryzen 5.

Apakah kamu masih bingung dalam menentukan prosesor yang hendak digunakan pada laptop atau komputer kamu? Jangan bingung, sekarang kamu hanya perlu memerhatikan cara memilih CPU yang tepat sebagai berikut.

Cara Memilih CPU PC yang Tepat

Dari semua perbedaan dan perbandingan kedua CPU tersebut, CPU PC mana yang paling tepat kamu pilih? Apakah AMD atau Intel?

Hal tersebut tentu bisa kamu tentukan tergantung dengan kebutuhan kamu. Apakah kamu sedang mencari CPU dengan kecepatan tinggi, overclock terbaik, core yang banyak, atau harga yang terjangkau?

Berikut telah kami siapkan 4 faktor yang bisa kamu gunakan acuan saat akan memilih sebuah CPU:

1. Kecepatan Paling Bagus: Intel

Performa dari CPU sendiri diukur dalam Clock Speed atau Clock Rate, dimana angka yang didapatkan tersebut dinyatakan dalam GigaHertz (GHz). Jadi sebenarnya kamu bisa mengetahui kecepatan CPU berdasarkan jumlah GHz yang tertera.

Nilai GHz yang lebih besar itu menandakan bahwa kecepatan CPU tersebut juga lebih cepat dan dapat menjalankan tugas dengan lebih baik.

Namun hal tersebut bukanlah satu-satunya faktor, mengingat ada faktor lain yang juga menjadi penentu kecepatan, seperti jumlah Core.

Dari segi kecepatan atau besarnya GHz, Intel lebih mendominasi daripada AMD dengan perbandingan kelas yang setara.

Bahkan pada seri Intel Core i9, kecepatan yang dimiliki bahkan sebanding dengan AMD Ryzen Threadripper yang notabene adalah CPU AMD dengan kelas teratas saat ini (Di atas AMD Ryzen 9 yang sebanding dengan Intel Core i9).

2. Overclock Terbaik: AMD

Overclock merupakan sebuah tindakan untuk menjalankan Clock Rate CPU diatas kecepatan yang telah ditetapkan oleh pihak pabrikan.

Pabrikan CPU baik AMD dan Intel sendiri membuat beberapa seri CPU yang terkunci, dalam artian tidak bisa dilakukan proses overclock dan hanya bisa berjalan hingga kecepatan yang telah ditentukan.

Namun, ada juga chip yang tidak dikunci dan penggunanya bisa melakukan Overclocking pada CPU tersebut.

Dalam hal ini, AMD menang atas Intel. Karena kebanyakan dari CPU AMD tidak dikunci dan bisa dilakukan proses overclock, bahkan pada CPU kelas bawah yaitu AMD Ryzen 2200G.

Sedangkan pada CPU Intel, chip yang bisa dilakukan Overclock adalah jenis CPU dengan diakhiri huruf “K” di akhir nomor model, seperti Intel Core i5-655K. Namun biasanya, model ini memiliki harga yang relatif lebih tinggi.

3. Core yang Banyak: AMD

Core merupakan bagian dari prosesor yang bertugas untuk menerima dan mengeksekusi setiap instruksi yang diberikan. Jadi semakin banyak Core yang dimiliki oleh CPU, maka CPU tersebut bisa menangani banyak tugas sekaligus secara efisien.

Salah satu nilai jual yang diterapkan oleh AMD adalah memberikan jumlah Core yang banyak. Hal ini dilakukan untuk strategi menyaingi Intel menang dalam hal kecepatan.

4. Harga Terjangkau: AMD

Perbandingan yang paling menonjol dan banyak diperhatikan oleh konsumen adalah dari segi harga.

Setelah sekian lama menjadi pemimpin di pasar CPU, Intel tentu saja memiliki wewenang dan kekuatan untuk menaikkan harga produk mereka.

Namun ternyata AMD bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menetapkan harga yang relatif lebih rendah dengan performa CPU yang sebanding.

Oleh sebab itu, prosesor AMD lebih dikenal dengan harganya yang murah tapi tidak murahan.

Disisi lain AMD pun umumnya telah menyematkan fasilitas tambahan seperti Internal GPU/VGA gitu. Jadi kamu tidak perlu VGA Eksternal lagi dan lebih hemat budget kan?


Sekian pembahasan lengkap mengenai perbandingan dan perbedaan CPU AMD dan Intel. Jika kamu masih bingung untuk memilih, silahkan tinggalkan komentar lengkap dengan seri CPU yang sedang kamu bandingkan, kami siap untuk membantu kamu.

Yuk Diskusikan di Komentar