Kategori Medsos

Jadwal Jam FYP TikTok Terbaru Agar FYP dan Viral

Seperti yang kamu tahu bahwa TikTok secara default akan menampilkan sebuah halaman bernama For You atau yang lebih dikenal dengan FYP.

Halaman FYP tersebut berisi konten-konten video yang dipilih oleh TikTok untuk ditayangkan pada halaman tersebut.

Dengan demikian, konten video yang berhasil ditayangkan di halaman FYP akan mendapatkan jumlah view yang banyak.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan banyak view dan masuk ke FYP, selain memperhatikan kualitas video, kamu juga harus memperhatikan jam upload agar video kamu bisa langsung masuk ke FYP.

Namun sebelum TheLastSurvivors membahas jadwal dan jam FYP TikTok, sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu cara menganalisis user TikTok.

  1. Cara Menganalisis Audiens TikTok
  2. Jadwal FYP TikTok
  3. Cara Memaksimalkan Konten TikTok Agar Selalu Masuk FYP

Cara Menganalisa Pengguna TikTok

TikTok juga menyediakan sebuah tools bernama Creator Tools yang berfungsi untuk melihat analisa akun TikTok milik kamu.

Cara menggunakannya juga sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah 1: Buka aplikasi TikTok lalu masuk ke menu profil TikTok kamu
  • Langkah 2: Buka Settings lalu pilih Creator Tools
  • Langkah 3: Kemudian, silahkan pilih opsi Analytic

Disana kamu bisa melihat analisa data pada akun TikTok kamu, mulai dari data Overview secara keseluruhan, analisa data Content, hingga analisa mengenai Followers kamu.

Dengan memanfaatkan Creator Tools tersebut, kamu bisa membaca dan menganalisa berbagai hal pada akun TikTok kamu. Bahkan kamu juga bisa membaca kapan waktu terbaik untuk mengupload video pada akun kamu.

Namun sayangnya, fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh akun TikTok Pro saja. Jadi untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu harus mengubah akun TikTok kamu menjadi akun pro terlebih dahulu.

Untuk mengubah akun TikTok menjadi pro, kamu bisa melakukannya melalui menu Manage my account atau kelola akun yang ada di menu pengaturan.

Selain itu, tools ini juga hanya akan bekerja setelah akun TikTok pro kamu aktif. Jadi jika sebelumnya kamu sudah mengunggah banyak video, analisa dari video dan data lain tidak akan terbaca di tools ini.

Nah agar kamu bisa melihat analisis data tersebut, kamu harus mengunggah video baru ke akun TikTok kamu. Dengan begitu nanti data dari video tersebut akan muncul.

Namun jika menganggap cara tersebut ribet, sebaiknya pahami jadwal dan jam untuk uploud video di TikTok agar langsung FYP berikut ini:

Jadwal & Jam FYP TikTok Setiap Hari

Jadwal FYP TikTok Hari Ini

Ternyata TikTok juga memiliki Prime Time atau waktu terbaik buat mengupload konten agar lebih mudah untuk masuk ke halaman FYP.

Prime time tersebut ditentukan berdasarkan banyaknya pengguna TikTok yang sedang aktif dan menggunakan TikTok pada jam tersebut.

Dengan demikian, sebenarnya kamu sudah bisa menebak sendiri kapan waktu yang tepat untuk mengupload konten di TikTok bagi seluruh wilayah Indonesia.

Waktu tersebut yaitu pada pukul 11.00 – 13.00 (waktu istirahat siang), pukul 16.00 – 18.00 (waktu selesai beraktivitas), dan pukul 19.00 – 23.00 (sebelum istirahat malam).

Namun agar lebih detail lagi, berikut ini rekomendasi jam FYP TikTok setiap harinya yang dikutip dari berbagai sumber dan menyesuaikan dengan waktu di Indonesia:

1. Hari Senin (Pukul 12.00 dan 22.00)

Jam FYP Senin

Hari pertama di setiap pekan ini menjadi hari yang paling sibuk bagi sebagian besar orang. Dimana orang-orang akan memulai kesibukannya setelah melalui hari libur yang menyenangkan.

Pada hari senin, jam terbaik untuk upload video di TikTok yaitu pada pukul 12.00 dimana pada jam ini kebanyakan orang akan beristirahat dan sedikit mencari hiburan dengan membuka TikTok.

Selain itu, kamu juga bisa menguploadnya di malam hari pada jam 22.00. Tentu saja jam segini mayoritas orang sedang bersantai dan membutuhkan hiburan.

2. Hari Selasa (Pukul 15.00 dan 22.00)

Jam FYP Selasa

Hari kedua ini juga masih tergolong kedalam hari yang cukup sibuk. Namun, di hari selasa ini kamu bisa mengupload konten TikTok pada pukul 15.00 untuk sore hari dan pada pukul 22.00 untuk malam harinya.

3. Hari Rabu (Pukul 11.00 dan 22.00)

Jam FYP Rabu

Pada hari rabu, sebagian besar orang sudah mulai lelah dengan rutinitas awal pekan. Biasanya, mereka akan melampiaskan kelelahan tersebut dengan mencari hiburan di media sosial, salah satunya TikTok.

Dengan begitu, kesempatan kamu untuk menguggah video agar cepat masuk ke FYP TikTok lebih besar. Dimana kamu bisa mulai memposting video pada jam 11.00 siang hingga jam 21.00 malam.

4. Hari Kamis (Pukul 12.00, 15.00 s.d 16.00, dan 19.00)

Jam FYP Kamis

Di hari kamis, kamu bisa memiliki 3 kesempatan waktu yang berbeda untuk mengupload video di TikTok.

Waktu tersebut yaitu pada pukul 12.00 – 13.00 untuk siang hari, pukul 15.00 – 17.00 untuk sore hari, dan pukul 19.00 untuk malam hari.

Kenapa bisa demikian? Karena pada hari kamis ini kebanyakan orang sudah mulai santai dan sudah menyelesaikan pekerjaan di awal pekan.

5. Hari Jum’at (Pukul 05.00, 11.00, dan 19.00)

Jam FYP Jumat

Satu hari sebelum weekend tiba menjadi hari yang semakin santai setelah sebelumnya sibuk mengurus berbagai tugas kerja atau sekolah.

Pada hari jum’at ini, jam upload TikTok agar bisa masuk ke FYP yaitu pada pukul 05.00 di pagi hari, pukul 11.00 untuk siang hari, lalu pada malam hari di jam 19.00.

6. Hari Sabtu (08.00, 11.00, dan 19.00)

Jam FYP Sabtu

Hari pertama libur setelah melewati hari-hari yang sibuk di awal pekan ini menjadi hari yang sangat tepat untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga.

Di hari yang santai ini, kamu bahkan berkesempatan untuk bisa masuk FYP mulai dari pagi hari jam 08.00 (karena bangun siang), lalu dilanjutkan pada pukul 11.00, dan pukul 19.00 pada malam harinya.

Setelah jam 19.00 malam, kesempatan untuk masuk ke FYP sangatlah kecil. Hal ini bisa terjadi karena kebanyakan orang akan pergi keluar rumah dan tidak sempat untuk bermain TikTok.

7. Hari Minggu (Pukul 06.00, 11.00, dan 18.00)

Jam FYP Minggu

Hari minggu menjadi hari yang paling dinanti oleh setiap orang, dimana biasanya orang-orang akan menghabiskan waktunya untuk berkumpul dan beristirahat dirumah bersama keluarga (sama seperti hari sabtu, tapi quality time lebih banyak).

Tidak sedikit juga ada yang menghabiskan waktu liburnya untuk bermain media sosial, terutama TikTok. Jadi pada hari ini, kamu bisa mengupload konten mulai dari jam 06.00 pagi (Orang sering bangun pagi di hari minggu), lalu pada pukul 11.00 di siang hari, dan pukul 18.00.

Selepas jam 6 sore, kebanyakan pada menyibukkan diri untuk menyiapkan barang, tugas dan sebagainya buat hari senin mendatang. Jadi, usahakan uploud selambat-lambatnya di jam 6 petang itu.

Cara Memaksimalkan Konten TikTok Agar Selalu Masuk FYP

Selain mengunggah konten di jam-jam tersebut, kamu juga masih perlu mengoptimalkan konten sebelum diupload, berikut diantaranya:

1. Memakai Hashtag

Hashtag merupakan tingkat pengoptimalan konten yang wajib kamu lakukan. Alasannya lantaran hashtag bisa menjadi sinyal untuk menarik minat orang lain.

Sinyal tersebut didapat dari saat kamu menambahkan hashtag yang populer dan trendi pada saat itu.

Dikarenakan hashtag ini seiring berjalannya waktu terus berubah, maka kamu perlu selalu mengecek hashtag apa saja sih yang sedang naik daun di TikTok.

Nah, biasanya kalau kamu menggunakan hashtag tersebut bisa menambah engagement dan berdambak baik pada konten masuk FYP tanpa jam-jam di atas.

2. Buat Konten Unik

Unik di sini bukan sekadar nyari sensasi, melainkan kamu harus benar-benar membuat konten tersebut menarik perhatian orang.

Umumnya konten dibuat berdasarkan trend sekarang, misalnya ada challenge apa gitu di TikTok. Nah kamu bisa mencoba membuatnya.

Bahkan kamu bisa kok membuat challenge sendiri dan terus konsisten membuatnya agar dilirik banyak orang. Sehingga pengguna TIkTok akan mengikuti challenge kamu karena kamu berhasil membuatnya secara unik dan menarik.

3. Coba Live Streaming

Pasti ada yang bertanya-tanya, apa kaitannya live streaming dengan FYP, bukan? Tentu aja ada kaitannya kok.

Ini berkaitan dengan follower.

Ya, kamu perlu meningkatkan follower agar bisa tampil di FYP setiap saat dengan cepat. Karena dengan followers yang banyak membuat konten kamu pasti banyak juga yang nonton saat pertama kali upload.

Dengan alasan itulah mencoba live streaming bisa dilakukan untuk menarik followers. Ditambah kamu bisa memanjakan penonton dengan mengadakan giveaway misalnya (langsung banjir followers kamu).

Sekian rincian lengkap mengenai jadwal dan jam FYP TikTok. Selamat mencoba ya!

Cara Live di TikTok

Cara Live di TikTok

Cara live streaming atau siaran langsung di TikTok beserta syarat-syarat dan tips menarik followers dan viewers baru.

Ini Dikusi Mereka . . .

Yuk Diskusikan di Komentar