Kategori Tekno

3 Cara Mempercepat Download di UC Browser, Lancar!

Sebagai salah satu aplikasi browser legendaris, UC Browser nyatanya masih eksis hingga saat ini, khususnya untuk kebutuhan membuka situs terblokir dan download file. Ya, berkat dukungan fitur VPN, UC Browser versi terbaru diklaim dapat membuka dan download file dari situs terblokir.

Sayangnya, pengguna masih mengeluhkan kecepatan download yang sangat lambat. Padahal jika ditilik kembali, hal ini bukanlah masalah besar. Kamu bisa mempercepat download di UC Browser hanya dengan mengubah sedikit pengaturan aplikasinya saja.

Selain itu, ada beberapa cara mempercepat download di UC Browser lain yang bisa kamu coba jika tutorial pertama belum memberikan hasil maksimal.

  1. Cara Umum Mempercepat Download di UC Browser
  2. Percepat Unduhan dengan VPN
  3. Mengaktifkan Hardware Acceleration

Cara Mempercepat Download di UC Browser Tanpa Ribet

Cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses download di UC Browser yakni dengan melakukan pengaturan pada akselerasi Cloud. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Jalankan UC Browser

Langkah awal tentu saja kamu wajib menjalankan aplikasi UC Browser.

2. Ketuk Ikon Strip untuk Masuk ke Settings

Pada halaman utamanya, kamu bisa langsung klik garis tiga yang berada di pojok kanan atas. Lalu masuk ke menu Setting dan pilih Pengaturan Browsing.

Ketuk Ikon Strip untuk Masuk ke Settings

3. Aktifkan Akselerasi Cloud

Scroll ke bawah hingga kamu menemukan tulisan Cloud Boost atau Akselerasi Cloud. Pada pilihan ini, akan ada dua opsi lagi yaitu Jaringan WiFi atau Jaringan Telepon, centang pada kedua opsi tersebut lalu klik OK.

Aktifkan Akselerasi Cloud

Selesai, sekarang kamu bisa mengecek kecepatan download pada aplikasi browser ini.

Nah, selain untuk membantu meningkatkan kecepatan download, pengaturan akselerasi Cloud juga dapat memaksimalkan kinerja UC Browser. Salah satunya untuk mempercepat kinerja atau akses UC Browser saat membuka situs web, kamu bisa memilih versi Lite.

Caranya yaitu: Setting -> Preferensi Situs (UA) -> Lite.

Bonus #1: Percepat Unduhan dengan VPN

Setelah melakukan pengaturan akselerasi cloud dan kamu masih kurang puas dengan kecepatan download UC Browser, alternatif lain yang bisa dicoba yaitu dengan install VPN.

Ya, meskipun diklaim sudah dilengkapi dengan fitur VPN, namun tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi VPN tambahan. Install dan aktifkan VPN, kemudian jangan lupa untuk memilih akses negara yang ingin digunakan.

Untuk kecepatan dan akses tanpa batas, tentu kamu lebih disarankan menggunakan VPN berbayar. Mengingat fitur keamanan pada VPN premium juga cenderung lebih tinggi.

Rekomendasi aplikasi VPN gratis yaitu:

  • TurboVPN
  • VPN Master
  • SuperVPN
  • Dan sebagainya

Di atas Itu aplikasi VPN otomatis, alias kamu tidak perlu lagi mengatur SSH dan segala macamnya. Tapi, kalau kamu ingin VPN manual, kamu bisa gunakan aplikasi HTTP Injector atau KPN Tunnel.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan Di UC Browser

Bonus #2: Percepat Unduhan dengan Mengaktifkan Hardware Acceleration

Cara mempercepat download di UC Browser yang terakhir yaitu dengan mengaktifkan hardware acceleration.

Langkah-langkahnya cukup mudah, dan tentunya kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Untuk lebih jelasnya, ikuti panduan berikut:

  1. Masih di menu Setting pada aplikasi UC Browser.
  2. Scroll hingga ke bagian bawah dan temukan tulisan Hardware Acceleration.
  3. Geser halaman ke samping dan aktifkan Hardware Acceleration.
  4. Klik OK.

Itu dia beberapa cara mempercepat download di UC Browser secara mudah. Setelah melakukan pengaturan akselerasi cloud, hardware acceleration atau menambahkan VPN, kecepatan unduh bisa meningkat hingga berkali-kali lipat.

Tentunya dalam hal ini kecepatan download juga sangat dipengaruhi oleh jaringan internet yang kamu gunakan.

Yuk Diskusikan di Komentar