Kategori Medsos

Cara Live di TikTok

Sejak kehadirannya beberapa waktu ke belakang, tidak butuh waktu lama bagi TikTok untuk mendapatkan perhatian pengguna internet dan meraih ratusan juta pengguna aktif. Hal ini tentu terjadi bukan tanpa alasan, selain bisa saling berbagi video singkat yang seru dan menarik, kita juga bisa download video TikTok milik orang lain menggunakan website TikTok downloader lalu menyimpannya di galeri HP atau membagikannya ulang ke medsos lain.

Ditambah lagi, fitur-fitur yang ada di TikTok juga sangat lengkap dan mampu memenuhi segala kebutuhan kita sebagai pengguna. Selain memiliki fitur utama upload video dengan berbagai filter menarik dan musik populer, TikTok juga memiliki fitur siaran langsung atau yang juga dikenal dengan live, sama seperti medsos-medsos populer lainnya.

Fitur live ini memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan para followers secara langsung dan membuat mereka merasa lebih dekat lagi dengan kita. Di samping itu, melakukan live di TikTok juga merupakan salah satu strategi untuk menarik lebih banyak followers dan viewers lho selain dengan mengetahui jam FYP TikTok.

Lebih menariknya lagi, TikTok juga memberikan fasilitas kado virtual yang bisa diberikan oleh followers penonton live kita. Nantinya, hadiah ini bisa ditukarkan dengan uang tunai! Keren, kan?

Bagaimana? Sudah penasaran dengan cara live di TikTok? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

  1. Persyaratan Live
  2. Cara Live di TikTok
  3. Tips Live di TikTok

Syarat Live di TikTok

Eits, tapi sebelum belajar cara live TikTok, perlu kita ketahui bersama terlebih dahulu bahwa untuk melakukan siaran langsung atau live di TikTok itu ada syaratnya, lho! Ya, hal ini berarti tidak semua pengguna bisa dengan bebas menggunakan fitur ini. TikTok memberikan sejumlah syarat agar kita bisa melakukan live.

Apa sajakah itu?

Berikut syarat-syarat melakukan live di TikTok:

1. Memiliki Followers Minimal 1000

Syarat pertama dan yang paling mutlak adalah minimal followers berjumlah 1000 orang. Kalau akun kita belum memiliki 1000 followers, maka opsi “Go Live” ketika menekan tombol + tidak akan muncul.

2. Berusia Minimal 17 Tahun

Saat pertama kali membuat akun TikTok, kita disuruh mengisi tanggal lahir untuk menentukan umur kita. Nah, kalau ternyata umur kita masih di bawah 17 tahun, maka fitur live masih belum bisa kita gunakan. Oleh karena itu, bagi kamu yang masih 16 tahun ke bawah, harap lebih bersabar lagi ya.

3. Update Aplikasi TikTok ke Versi Terbaru

Sebenarnya syarat mutlak untuk melakukan live di TikTok hanyalah dua hal di atas, namun kalau ternyata kita sudah memenuhi dua hal tersebut tetapi opsi “Go Live” ternyata belum muncul juga, bisa jadi kita masih menggunakan aplikasi TikTok versi lama. Maka solusinya adalah update atau perbarui aplikasi TikTok ke versi terbaru melalui Google Play Store atau App Store.

Cara Live di TikTok

Sudah mengetahui dan memenuhi syarat live di atas? Maka sekarang saatnya kita go live di TikTok!

Silakan ikuti langkah-langkah di bawah untuk melakukan live TikTok:

Langkah #1: Buka aplikasi TikTok yang terpasang di smartphone.

Langkah #2: Ketuk tombol plus (+) yang ada di bawah tengah layar.

Klik Ikon Plus TikTok

Langkah #3: Pilih opsi Live.

Klik Opsi Live TikTok

Langkah #4: Tambahkan caption dan siapkan efek bila perlu.

Tambahkan Caption dan Siapkan Efek

Langkah #5: Klik tombol Mulai Siaran Langsung atau Go Live.

Cara Live Bareng di TikTok

Selain bisa melakukan live sendiri, kita juga bisa lho live bareng temen-temen lain di TikTok! Dengan begini, live jadi lebih seru lagi pastinya.

Berikut cara live bareng temen di TikTok:

1. Ikuti langkah-langkah live sebelumnya di atas.

2. Ketika sedang melakukan live streaming, ketuk tombol undang atau invite yang berada di kanan bawah layar.

Ketuk Tombol Undang saat Live

3. Pilih teman yang ingin diajak live bareng.

Pilih Teman yang Ingin Diajak Live

4. Ketuk tombol Undang atau Invite.

Tips Live di TikTok

Nah supaya live streaming kita di TikTok menjadi lebih seru dan bermanfaat, kita bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Siapkan Peralatan Live

Sebelum menekan tombol live, pastikan bahwa semua peralatan sudah disiapkan. Persiapan dan peralatan yang baik akan mendukung live streaming kita berjalan lebih lancar.

Peralatan yang paling utama untuk disiapkan adalah sudah jelas handphone atau smartphone yang digunakan untuk live. Pastikan kamera smartphone kita sudah bersih dan dapat bekerja dengan baik.

Kemudian bila perlu, siapkan juga tripod atau stabilizer sehingga live akan terlihat lebih stabil dan kita tidak perlu memegangi handphone setiap waktu. Tidak ada salahnya juga untuk menyediakan ring light jika memang pencahayaan di tempat kamu kurang baik.

2. Tentukan Topik Pembicaraan Selama Live

Agar tidak kebingungan mau bahas apa ketika live berlangsung, alangkah baiknya kita menyiapkan dan menentukan terlebih dahulu topik pembicaraan yang akan dibahas. Kita bisa menyesuaikan topik ini dengan jenis video yang sering diunggah atau yang kita senangi.

Misalnya, kalau kamu sering upload konten fashion, maka kamu bisa mengangkat topik seputar fashion juga ketika live seperti cara merawat pakaian tertentu, atau tips mix & match outfit.

Atau, kalau ingin lebih santai, kita juga bisa hanya sekadar menjaga relasi dan menyapa para penonton, atau mengadakan QnA.

3. Pastikan untuk Berinteraksi dengan Penonton

Di samping membawakan topik yang telah ditentukan, jangan lupa juga untuk tetap berinteraksi dan menyapa para penonton. Sebelum memasuki inti pembicaraan, kita bisa memulai live dengan menyapa penonton kita dan ketika mengakhiri live jangan lupa untuk ucapkan terima kasih telah menonton.

Selama live berlangsung, jangan lupa juga untuk sesekali membaca komentar atau pertanyaan yang muncul. Melibatkan penonton dalam live kita merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada mereka dan akan membuat mereka merasa lebih dekat dengan kita.

So, jangan ragu-ragu buat menyapa viewers live ya!

4. Ajak Teman TikTokers Lainnya untuk Live Bareng

Sesekali cobalah untuk mengajak TikTokers lainnya buat nge-live bareng. Sebuah kolaborasi live dengan pengguna lain akan membawa keuntungan bagi diri masing-masing. Dengan berkolaborasi bersama TikTokers lainnya, maka live akan terasa lebih mengasyikkan dan ini bisa menjadi sesuatu yang fresh bagi viewers kamu.

Kamu dan teman kamu juga akan berpeluang mendapatkan followers baru dan bisa menjadi ajang saling promosi diri.

5. Adakan Giveaway

Dan tips live di TikTok yang terakhir adalah mengadakan giveaway. Siapa yang tidak mau menang giveaway di zaman sekarang? Semua pasti mau! Oleh karena itu, apapun isinya, live yang ada giveaway-nya selalu mampu untuk menarik perhatian banyak orang.

Jangan lupa juga untuk memasukkan judul giveaway di caption live. Dengan begini, peluang kamu mendapatkan followers baru dan banyak likes akan lebih besar lagi.

Nah itulah cara live di TikTok, syarat, dan tips-tipsnya. Ternyata, melakukan live di TikTok itu gampang, kan? Mungkin syarat 1000 followersnya yang terasa berat. Tapi jangan patah semangat, konsistenlah membuat konten bermanfaat sampai kamu mendapatkan 1000 followers dan bisa menikmati fitur live ini.

Bagi kamu yang sudah bisa live, bagaimana pendapatnya? Apakah live di TikTok seru dan mengasyikkan? Kasih tau komentarnya ya!

Yuk Diskusikan di Komentar