Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G Atau Belum

Diposting pada

Kamu pengguna telkomsel? Sudah tau belum cara cek telkomsel udah 4G atau belum?

Pengguna provider merah (Telkomsel) banyak karena jaringannya yang luas.

Kemungkinan, sinyal 4G pada kartumu sudah aktif dan siap digunakan.

Bagi yang belum mengetahui nomor Telkomsel 4G atau tidak, gunakan langkah berikut.

1. Kode USSD

Untuk cara melihatnya yang pertama ini gampang banget kok. Kamu tinggal cek aja langsung dari handphone kamu, dengan menggunakan kode USSD pada kartu Telkomsel kamu.

Kamu tinggal melakukan panggilan di HP kamu, dan nantinya kamu akan langsung mengetahui apakah nomor Telkomsel milikmu sudah mendukung jaringan 4G atau belum. Untuk langkahnya coba kamu ikuti seperti di bawah ini:

cara cek kartu telkomsel sudah 4G atau belum
  • Masuk saja ke menu panggilan telepon di HP kamu. Terus tekan angka *888*47# dan lakukan panggilan dengan menekan tombol Panggil/Dial. Udah tau lah pasti caranya, mirip seperti saat kamu cek pulsa seperti biasanya itu loh.
  • Terus nanti akan ada info yang muncul pada layar. Kamu pilih saja menu Cek Kartu ya.
  • Kemudian yang berikutnya kamu pilih menu Cek 4G.
  • Selesai deh. Nantinya kamu akan mendapatkan pesan notifikasi berisi pemberitahuan tentang status kartu Telkomsel kamu seperti pada gambar dibawah ini.
cara cek kartu telkomsel sudah 4G atau belum
Baca Juga : Cara Melihat Sisa Internet Telkomsel

2. Aplikasi My Telkomsel

Gampang kan ya cara diatas? Caranya cukup seperti saat kamu melakukan cek pulsa aja kok, bedanya hanya pada kode USSD saja yang agak sedikit lebih panjang.

Kalau kamu males pake cara yang diatas, maka kamu bisa pakai cara lainnya. Seperti dengan menggunakan aplikasi My Telkomsel.

  • Langsung saja kamu masuk ke aplikasi My Telkomsel yang ada di hp kamu. Kalau belum ada ya kamu download dulu deh ya, lewat Play Store atau Apple App Store.
  • Untuk kamu yang baru pertama kali masuk maka akan ada langkah untuk verifikasi. Ikuti saja instruksinya. Cukup dengan memasukkan kode rahasia yang akan dikirimkan melalui SMS kok.
  • Setelah masuk pada menu My Telkomsel, kamu cari saja menu dengan simbol 4G Ready yang bisa di klik.
  • Nah sudah deh, nantinya kamu akan masuk ke halaman yang berisikan informasi tentang kesiapan penggunakan jaringan 4G LTE pada kartu Telkomsel milikmu.

Gampang banget kan ya cara-caranya? Cara diatas bisa kamu lakukan jika kamu masih belum yakin apakah kartu Telkomsel milikmu sudah 4G atau belum.

Sebenarnya cek kartu simpati 4g yang paling sederhana adalah dengan melihat pada fisik kartu kamu.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel

Karena biasanya akan ada tanda 4G seperti pada gambar dibawah ini, untuk menandakan kartu tersebut sudah mendukung jaringan 4G.

Namun ada kalanya juga simbol tersebut tidak ada, sehingga kamu memerlukan cara-cara diatas agar tidak bingung lagi.

cara cek kartu telkomsel sudah 4G atau belum

Terus gimana ya kalo ternyata kartunya belum mendukung jaringan 4G? Gampang, kamu datang aja deh ke Grapari Telkomsel terdekat.

Minta saja untuk ganti kartu baru yang sudah mendukung jaringan 4G. Maka nantinya kamu akan diberikan kartu baru yang sudah 4G dengan nomor tetap sama.

Biasanya sih akan dikenakan biaya ya, namun kamu akan mendapatkan imbal balik kok berupa sejumlah kuota siap pakai di kartu 4G Telkomsel milikmu.

Ternyata ada paket murah nih dari telkomsel, berikut daftar paket data murah telkomsel yang sudah kami ulas sebelumnya.

Maka nantinya kamu akan diberikan kartu baru yang sudah 4G dengan nomor tetap sama.

Biasanya sih akan dikenakan biaya ya, namun kamu akan mendapatkan imbal balik kok berupa sejumlah kuota siap pakai di kartu Telkomsel milikmu.

Nah jadi itu tadi informasi mengenai cara cek kartu telkomsel sudah 4G atau belum. Semoga bisa membantu kamu ya, dan sampai jumpa pada artikel bermanfaat berikutnya!

Gambar Gravatar
Hanya memiliki kemampuan yang sangat minim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *