5‌ ‌Tools‌ ‌Marketing‌ ‌Gratis‌ ‌untuk‌ ‌Bisnis‌ ‌Online‌

Tools‌ ‌Marketing‌ ‌Gratis‌ ‌untuk‌ ‌Bisnis‌ ‌Online‌
Yuk follow twitter & facebook Thelastsurvivors, temukan infografis menarik & terupdate:)

Agar bisnis dapat berkembang pesat, diperlukan tim yang solid yang dapat membantu memajukan usaha bersama. Akan tetapi, bila memulai usaha dari modal kecil dengan sumber daya manusia yang terbatas, Anda dapat menggantinya dengan mencari alat pendukung pihak ketiga.

Tools tersebut tentunya dapat membantu mengatur bahkan memperlancar Anda dalam memasarkan produk yang dijual. Bekerja pun akan terasa lebih efisien dan cepat. Nah, apa saja tools tersebut?

Berikut ada 5 alat pendukung pemasaran yang dapat digunakan secara gratis untuk mendukung kelancaran bisnis online Anda.

1. IFTTT

Tools IFTTT
Tools IFTTT

IFTTT merupakan singkatan dari If This Then That. Seperti slogannya yang berbunyi Every Thing Works Better Together, tools satu ini berfungsi untuk menghubungkan 100 channel media sosial.

Melalui IFTTT, sekali update konten di Instagram, maka di Twitter maupun Facebook juga akan update konten yang sama secara otomatis.

Dengan IFTTT, Anda dapat mengontrol konten yang akan diunggah di setiap akun media sosial. Cukup satu kali post, maka semua akan tampil dengan sendirinya.

Tools satu ini bisa dicoba secara gratis dengan membuat akun di situs resminya.

IFTTT pun dapat memposting konten terbaru di website dan menempatkannya di akun Pinterest secara otomatis.

IFTTT juga dapat menyambungkan device yang digunakan untuk menjalankan usaha dan mengontrolnya dengan mudah. Manfaatkan Google Assistant untuk melakukan pencarian kata kunci yang tepat.

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan Penghasilan dari Program Afiliasi

2. Goodbits

Tools Goodbits
Tools Goodbits

Menulis konten koran, majalah atau bahkan newsletter akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Pun dapat menimbulkan rasa jenuh jika dilakukan berulang-ulang. Akan tetapi, dengan tools bernama Goodbits, pekerjaan Anda akan lebih ringan.

Goodbits sudah terintegrasi dengan Chrome yang akan membantu menyimpan riwayat pencarian konten yang pernah dilakukan serta adanya fitur crop gambar yang memudahkan dalam melampirkannya dalam newsletter.

Selain itu, Goodbits juga terintegrasi dengan mailchimp sehingga dapat menggunakan berbagai template email menarik yang cocok dengan bisnis Anda.

Dengan demikian, konten newsletter yang sudah dibuat dapat disimpan dan dimodifikasi kemudian dikirimkan secara otomatis ke beberapa penerima sekaligus.

Goodbits terhubung pula dengan pengaturan schedule yang dapat memudahkan dalam mengatur pengiriman konten kepada target pasar.

Anda pun dapat mendesain template email dengan mudah dan melihat preview hasilnya. Lebih menggembirakan lagi, tools ini dapat digunakan secara gratis.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Ranking Website di Google

3. Email

Tools Email
Tools Email

Alat pendukung pemasaran satu ini memang terbilang sudah tidak asing di telinga Anda.

Bahkan, mungkin hampir setiap hari sudah mengeceknya. Memanfaatkan email sebagai media pemasaran cukup ampuh dalam membantu mengembangkan bisnis online Anda.

Melalui email, Anda dapat mengirimkan newsletter berupa informasi terbaru seputar produk, penawaran promo-promo terbaik kepada calon customers.

Dengan email, pemasaran akan tepat langsung tertuju kepada pelanggan Anda.

Atur email menggunakan domain usaha Anda agar lebih meyakinkan. Bila bingung mencari penyedia domain murah, Anda bisa mendapatkannya melalui beberapa penyedia hosting dan domain yang jual ssl murah dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Traffic dengan Mobile Friendly Website

4. Google Trends

Tools Google Trend
Tools Google Trend

Memiliki website tidaklah cukup untuk mengembangkan usaha yang tengah dijalankan. Pasalnya, website tanpa adanya konten seperti halnya rumah tanpa ada perabot di dalamnya.

Pun, salah satu cara untuk mengisinya dengan baik dan tepat adalah dengan menggunakan analytics tools seperti Google Trends.

Tools milik Google ini dapat membantu Anda mengetahui popularitas kata kunci yang menjadi topik pencarian dalam rentang waktu tertentu berdasarkan wilayah.

Dengan begitu, Anda dapat menulis konten yang tepat sesuai topik yang paling banyak diminati target sasaran bisnis Anda.

Google Trends juga dapat menampilkan statistik topik pencarian dengan kata kunci khusus di berbagai wilayah, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tools ini juga terhubung langsung dengan aplikasi pihak ketiga lain milik Google seperti Google Adwords, Google Tag Manager, maupun Google Analytics Webmaster.

Baca juga: 3 Bahasa Komputer yang Wajib Dikuasai Programmer Pemula

5. Yoast SEO

Tools Plugin Yoast SEO
Tools Plugin Yoast SEO

Mencari penyedia domain murah untuk melengkapi website WordPress yang tengah Anda bangun, ternyata masih belum cukup untuk membantu mengembangkan bisnis.

Dibutuhkan konten yang dapat membantu situs tersebut masuk dalam halaman pertama mesin pencari Google.

Salah satu plugin yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah dalam mengisi konten dalam website adalah Yoast SEO. Tools ini memudahkan Anda dalam mengontrol title serta meta description dalam konten.

Yoast dapat membantu pula dalam menetapkan kata kunci yang tepat sesuai target pasar. Selain itu, terdapat statistik untuk melihat hasilnya serta pengelolaan sitemap website.

Plugin satu ini pun selain gratis, juga mudah diintegrasikan dengan website builder atau hosting dengan layanan WordPress Indonesia di dalamnya. Yoast pun mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Bila kebingungan, banyak tutorial yang akan membantu dalam penggunaannya.

Itulah kelima tools yang dapat membantu memasarkan bisnis online Anda secara gratis.

Selain memanfaatkan kelima tools tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan jasa penyedia domain murah agar dapat mengembangkan website yang memiliki ciri khas usaha yang Anda kelola.

Namun, bila modal terbatas, bisa juga memanfaatkan website builder yang mudah dioperasikan dan cocok untuk menunjukkan profil usaha Anda serta memasarkan produk-produk pilihan yang dijual.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar