3 Bahasa Komputer yang Wajib Dikuasai Programmer Pemula

bahasa pemrograman yang wajib dikuasai
Yuk follow twitter & facebook Thelastsurvivors, temukan infografis menarik & terupdate:)

Perkembangan teknologi digital seperti internet begitu cepat dirasakan oleh masyarakat. Pemanfaatannya pun mulai merambah ke berbagai bidang pekerjaan.

Selain sebagai sarana berkomunikasi, masyarakat kini semakin aware dengan terbukanya kesempatan untuk meraup keuntungan dari internet, seperti dengan cara membuat blog dan menghasilkan uang dari AdSense maupun afiliasi dan berbagai jenis konten sponsor lain.

Adanya kesempatan ini tentu membuat peluang pekerjaan di ranah IT semakin diminati.

Cara membuat email di HP bukanlah sesuatu yang baru lagi dan sudah sewajarnya masyarakat memahami cara kerja digital lebih dari sekadar mengurus email semata.

Bisnis pun mulai merambah ke dunia online, sehingga pengetahuan seputar website dan media sosial mutlak harus dimiliki apabila Anda tidak ingin kalah bersaing dengan banyak orang di luar sana.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Monetisasi Blog Anda Agar Cepat Diterima

Peluang pekerjaan di bidang IT yang semakin luas membuat profesi yang dekat dengan dunia digital, seperti desainer, data analyst, UX/UI, hingga programmer pun semakin diminati.

Walau tergolong tidak mudah, namun jika Anda menguasainya, akan ada berbagai jenis project dengan bayaran cukup tinggi yang menunggu Anda.

Sebagai seorang programmer atau developer, misalnya, Anda bisa meraup keuntungan beberapa macam project.

Tidak hanya pembuatan website saja, tetapi juga aplikasi maupun platform digital lain.

Profesi ini pun menjadi incaran banyak perusahaan, terutama yang mampu mengakomodir pembuatan aplikasi berbasis Android atau yang biasa disebut dengan Android Developer.

Dengan prospek kerja yang menjanjikan, tentu akan sangat menguntungkan jika Anda bisa memiliki kemampuan coding atau menguasai bahasa komputer untuk kebutuhan pemrograman.

Namun untuk bisa menjadi seorang programmer atau developer, bahasa pemrograman seperti apakah yang harus Anda kuasai? Berikut 3 bahasa komputer yang wajib dikuasai programmer pemula.

Bahasa Pemrograman C

C dianggap sebagai bahasa yang jadi bibit dari pemrograman di dunia komputer bagi sebagian besar programmer hingga sekarang.

Oleh sang kreator, Dennis Ritchie bahasa ini telah dikreasikan sejak tahun 1972 di Bell Telephone Laboratories melalui Sistem Operasi Unix.

Sebagai bahasa yang menjadi moyang dari berbagai jenis bahasa pemrograman yang ada saat ini, C masih sering dimanfaatkan untuk kebutuhan pembuatan aplikasi, website, maupun platform lain yang berbasis digital.

Persentase pencariannya di Google juga masih di atas 6%. Akan tetapi, angka ini cenderung menurun dari waktu ke waktu.

Baca juga: Hindari 3 Kesalahan Ini Saat Bergabung dalam Program Afiliasi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah pencarian bahasa C. Salah satunya penyebabnya adalah semakin banyaknya fleksibilitas penulisan maupun operator yang membuat pengelolaannya menjadi cukup membingungkan.

Walau begitu, ini bisa menjadi keuntungan jika Anda berniat melakukan manipulasi data.

Namun, bahasa C tetap mudah dipahami dan dikembangkan para pemula karena konstruksi data yang terstruktur.

Memang terdapat pointer yang akan cukup menantang bagi para pemula, tetapi disisi lain juga akan memberikan benefit lebih jika Anda sudah mengerti cara menggunakannya karena pointer tersebut adalah elemen yang menjadi keutamaan bahasa C

Bahasa Pemrograman Python

Bukan berita yang baru apabila Python tergolong dalam bahasa pemrograman dengan level tinggi yang biasa digunakan oleh para developer.

Ada banyak perusahaan besar sekelas NASA, Reddit, Yahoo, Youtube, Google, hingga Instagram yang menggunakannya untuk mengembangkan berbagai produknya.

Fakta bahwa bahasa pemrograman ini tergolong cukup populer di antara para developer membuat Python banyak dimanfaatkan untuk pembuatan aplikasi mobile dan website.

Forum eksklusif seputar Python pun bisa dengan mudah ditemui di grup Facebook. Di dalamnya terdapat puluhan ribu user yang turut berpartisipasi dalam bertukar informasi seputar Python.

Sebagai bahasa komputer yang cukup populer bagi para pemula di bidang programming,

Python tergolong bahasa yang cukup mudah dipelajari. Tidak heran jika bahasa komputer ini termasuk ramah untuk para beginner karena struktur sintaksnya yang cukup simple dan tidak begitu rumit.

Maka, bukan tanpa alasan jika akhirnya bahasa ini menjadi pilihan para pemula.

Namun, ada beberapa kekurangan yang juga dimiliki bahasa pemrograman yang satu ini. Kekurangan berupa ketidakefisienan bahasa ini saat digunakan sebagai status, misalnya.

Apabila dibandingkan dengan C sebagai bahasa pemrograman kompilasi, kekurangan ini dirasa akan menyulitkan para developer atau Anda yang baru saja terjun ke dunia coding.

Baca Juga : Kenali Kemampuan Dasar Sebelum Jadi Teknisi Komputer

Bahasa Pemrograman R

Walaupun masa kepopuleran dari Bahasa R baru saja muncul akhir-akhir untuk kebutuhan big data, faktanya bahasa ini sudah dirilis sejak awal tahun 90an, tepatnya pada tahun 1993.

Biasanya bahasa komputer ini dimanfaatkan sebagai bagian dari pengembangan website. Walau begitu, perlu ada bahasa komputer lain yang membantu pengelolaannya.

Melalui Google Search, tren pencarian bahasa R mencapai lebih dari 4% dan paling sering digunakan dalam pengelolaan data.

Walau kebutuhan pembuatan website tidak mengandalkan bahasa ini, tetapi penggunaannya tetap bermanfaat untuk kebutuhan digital lainnya.

Eksekusi yang ditulis menggunakan bahasa R biasanya diterapkan pada suatu aplikasi maupun fungsi yang membutuhkan bahasa berbasis interpreter.

Bahasa ini bisa mengakomodir penulisan program dengan code yang membutuhkan waktu cukup lama dan panjang. Sehingga akan lengkap kemampuan bahasa komputer Anda jika bisa menguasai bahasa R.

Kesimpulan

Di era teknologi digital yang berkembang cukup pesat seperti sekarang ini, sangat menguntungkan jika Anda bisa menguasai bahasa komputer dan memiliki kemampuan coding untuk kebutuhan pemrograman.

Namun untuk bisa menjadi seorang programmer atau developer, Anda harus bisa memahami bahasa pemrograman.

Jika Anda sudah menguasai bahasa komputer, Anda berpeluang untuk mendapatkan berbagai jenis project dengan prospek kerja yang menjanjikan.

Maka dari itu, mulailah belajar bahasa pemrograman dari sekarang dan kuasai kemampuan coding untuk bisa membuat aplikasi maupun website Anda sendiri. Selamat belajar!

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Artikel Terkait