Begini 8 Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Cek Saldo

Gusti Apriansyah

Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Cek Saldo

Salah satu fitur yang ada di Livin Mandiri adalah memungkinkan kita bisa cek saldo tanpa harus pergi ke ATM. Fitur cek saldo di Livin Mandiri juga tidak langsung menunjukkan saldo kamu yang ada di rekening tersebut.

Melainkan saldonya akan di hidden dan kamu harus ketuk rekening untuk bisa melihatnya. Namun sayangnya, terkadang saldo yang di hidden ini tidak bisa terlihat dan tampilannya seperti sedang loading.

Tampilan ini terus berulang-ulang sehingga kamu tidak bisa mengecek saldo di Livin Mandiri. Nah di artikel ini, kami akan menjelaskan cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa cek saldo.

Solusi Livin Mandiri Tidak Bisa Cek Saldo

Kami sudah cukup lama menggunakan Livin Mandiri dan masalah tidak bisa cek saldo ini pernah dialami beberapa kali.

Dari sepengalaman kami, ada beberapa penyebab yang membuat Livin Mandiri tidak bisa cek saldo, seperti:

  • Server Bank Mandiri sedang down
  • Koneksi internet yang kurang stabil
  • Terjadi error di aplikasi Livin Mandiri atau sistem HP
  • Cache Livin Mandiri di HP kamu penuh
  • Belum update versi Livin Mandiri
  • DNS yang kamu pakai bermasalah
  • Ada efek dari developer mode

Jika dilihat dari penyebabnya yang membuat Livin Mandiri tidak bisa cek saldo cukup banyak. Tapi jangan khawatir, karena masalah ini bisa diatasi dengan mudah.

Berikut cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa cek saldo:

1. Nyalakan Ulang Ponsel

Muat Ulang Hp Kamu

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan ulang ponsel atau restart. Proses restart ini umumnya akan memperbaiki aplikasi atau sistem HP bila ada error.

Setelah restart berhasil, kamu bisa coba buka aplikasi Livin Mandiri lagi. Kemudian coba cek saldo di aplikasi mobile banking Bank Mandiri tersebut untuk memastikannya telah berfungsi kembali.

2. Hapus Cache Aplikasinya

Kalau masih belum bisa, kamu dapat menghapus cache aplikasi Livin Mandiri. Karena bisa jadi masalah tidak bisa cek saldo disebabkan cache yang telah menumpuk di aplikasi Livin Mandiri kamu.

Menumpuknya cache di aplikasi biasanya menyebabkan beberapa fitur menjadi tidak normal ketika dijalankan. Maka dari itu, cache ini bisa kamu bersihkan ketika mengalami suatu kendala pada fitur aplikasi.

Berikut cara hapus cache aplikasi Livin Mandiri:

Step 1: Bisa buka menu pengaturan Aplikasi dulu.

Step 2: Cari aplikasi Livin Mandiri dan buka menu Penyimpanan.

Buka Menu Penyimpanan Livin Mandiri

Step 3: Tekan menu Hapus Data, bila ada kotak dialog ketuk Hapus lagi untuk mengkonfirmasinya.

Hapus Cache Livin Mandiri

Setelah berhasil membersihkan cache Livin Mandiri, nantinya kamu harus login akun kembali ya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Top Up Ke Dana

3. Perbarui Livin Mandiri

Update Livin Mandiri

Selanjutnya kamu bisa coba cek Google Play Store atau App Store, apakah ada pembaruan versi di aplikasi Livin Mandiri. Jika ada, kamu bisa memperbarui versi aplikasi mobile banking tersebut.

Setelah memperbarui versinya, kamu bisa coba jalankan Livin Mandiri lagi dan cek saldo kembali. Tapi kalau tidak ada update versi, kamu bisa coba beberapa cara berikutnya.

4. Pakai DNS Resolver

Gunakan Dns Resolver

Tidak jarang kita mengalami masalah pada DNS. Sehingga membuat beberapa aplikasi menjadi tidak berjalan dengan semestinya.

Oleh karena itu, kamu bisa juga coba ganti DNS. Salah satu yang kami sarankan adalah DNS Cloudflare yang memiliki kecepatan dan keamanan yang tinggi.

Jadi, kamu bisa instal dulu aplikasi 1.1.1.1 Cloudflare. Kemudian ketuk Connect untuk menggunakan DNS dari Cloudflare tersebut.

5. Login Ulang Akun Livin

Login Ulang Livin Mandiri

Selain itu, kamu bisa coba login ulang akun Livin. Mungkin saja masalahnya karena ada error di akun kamu. Tapi setelah melakukan login ulang, biasanya error tersebut akan diperbaiki secara otomatis.

Caranya login ulang, kamu bisa tekan menu Log Out yang ada di bawah. Kemudian tekan tombol Log Out kembali untuk mengkonfirmasinya.

Setelah berhasil logout, silahkan login ulang kembali menggunakan akun Livin Mandiri kamu.

6. Pastikan Internet Bagus

Livin Mandiri memerlukan koneksi internet yang bagus untuk bisa mengakses fitur-fiturnya. Termasuk juga untuk mengakses fitur cek saldo.

Kalau internet kamu kurang bagus, biasanya proses cek saldo di Livin Mandiri menjadi tidak berfungsi. Atau hanya stuck saat membuka saldo dari rekening Mandiri saja.

Oleh karena itu, kamu bisa coba cek internet yang dipakai lebih dulu. Kalau internet yang kamu pakai kurang bagus, bisa coba ganti ke provider lain. Misalnya dari data seluler ke WiFi ataupun sebaliknya.

7. Matikan Mode Pengembang

Matikan Mode Pengembang

Mode pengembang di Android biasanya membuat beberapa fitur pada aplikasi yang terpasang di HP kamu menjadi tidak berfungsi.

Maka dari itu kamu bisa coba mematikan mode pengembang lebih dulu. Cara mematikan mode pengembang di Android, kamu hanya perlu mengakses Pengaturan.

Kemudian geser ke paling bawah dan ketuk Pilihan Pengembang. Ketuk menu Nonaktif untuk mematikan mode pengembang tersebut.

8. Hubungi CS Livin Mandiri

Hubungi Cs Livin Mandiri

Kalau masih tidak bisa, disarankan untuk menghubungi customer service Bank Mandiri. Kamu bisa jelaskan masalah tidak bisa cek saldo di Livin Mandiri kamu.

Kemudian ikuti instruksi yang diberikan untuk memperbaiki masalah tersebut. Kalau untuk customer service Bank Mandiri, bisa kamu hubungi secara online.

Berikut ini beberapa customer service online Bank Mandiri yang bisa kamu hubungi:

Selain itu, kamu juga bisa mendatangi cabang terdekat untuk bisa membantu menangani masalah tidak bisa cek saldo di Livin Mandiri.

Livin Mandiri tidak bisa cek saldo sudah menjadi masalah yang umum terjadi. Tapi dengan mengikuti beberapa cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa cek saldo di atas, seharusnya kini masalah tersebut bisa di atasi.

Selamat mencoba!

Gusti Apriansyah

Orang Depok yang suka menulis Teknologi

Tinggalkan komentar