Kategori TikTok

7 Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Komentar dengan Mudah

Hampir jutaan pengguna ponsel telah menggunakan aplikasi TikTok. Dari semua pengguna TikTok sebanyak itu, beberapa diantaranya pasti akan mengalami sebuah masalah.

Salah satu masalah yang kerap terjadi yakni tidak bisa komentar. Begitupun dengan apa yang sedang kami alami.

Kami pun juga mengalami nasib sama, dan setelah kami mencari informasi dapatlah cara untuk mengatasinya. Namun sebelum itu kamu harus tahu dulu penyebabnya apa.

Penyebab Masalah Tidak Bisa Komentar di VT TikTok

Adapun beberapa penyebabnya, diantaranya yaitu:

  1. Masalah Akun: Umumnya akun yang terkena pelanggaran akan dibatasi segala aktivitasnya. Termasuk mengirim komentar di VT TikTok.
  2. Masalah Aplikasi: Bisa juga masalah ini tuh terjadi akibat dari aplikasi TikTok mengalami bug.
  3. Masalah Jaringan: Andaikan kamu memakai internet yang kurang stabil, bisa saja menjadi penyebabnya karena komentar kamu tertahan oleh jaringan yang lambat. Sehingga memicu keterlambatan pengiriman komentar di VT.

Cara Mengatasi TikTok TIdak Bisa Komentar di VT

1. Pastikan Komentar Tidak Dinonaktifkan

Sebelum mulai menyimpulkan akun TikTok kamu bermasalah, lebih baik cek terlebih dahulu kolom komentar di VT TikTok dinonaktifkan atau tidak.

Apabila dinonaktifkan, maka semua orang juga tidak bisa berkomentar disana. Alhasil kamu hanya bisa melihat VT tersebut.

Contoh kasus begini, sedang scroll FYP di TikTok dan melihat VT orang lain terkesan ingin memuji/bertanya di komentar. Pas lihat kolom komentar kok malah dinonaktifkan.

Hal tersebut tidak bisa dihindari karena si pemilik VTnya memang sengaja mematikan komentar.

2. Jalankan Ulang Aplikasi TikTok

Melakukan restart sebuah aplikasi (Termasuk TikTok) juga kami lakukan. Alasannya karena bisa saja aplikasinya yang sedang bermasalah.

Sehingga perlu melakukan penyegaran kembali dengan cara merestart itu. Lalu, cara menjalankan ulang aplikasi TikTok akan kami berikan seperti di bawah ini:

Langkah 1: Tekan tombol Recent Apps. Tombol ini biasanya ada di sebelah kiri.

Restart TikTok

Langkah 2: Tekan tombol X pada aplikasi TikTok.

Catatan: Setiap HP punya UI yang berbeda-beda. Adapula tekan tombol Hapus Semua atau hanya sekadar menggeser ke atas/ke samping untuk menutup aplikasi.

Langkah 3: Jalankan kembali aplikasi TikTok.

Buka Aplikasi TikTok

Langkah 4: Coba lihat komentar di VT TikTok sebelumnya. Sudah bisa berkomentar?

Baca Juga: Cara Mengganti Kategori di TikTok

3. Matikan Filter Komentar

Mungkin, bisa jadi kamu telah mengaktifkan filter komentar. Sehingga sistem TikTok menyaring komentar yang dianggap melanggar.

Kalau kamu mengaktifkan filter komentar ini, dan kamu berkomentar yang isinya melanggar maka sistem akan menolak untuk dikirim.

Maka dari itu, kamu pasti langsung beranggapan bahwa akun kamu tidak bisa komentar. Padahal kamu tinggal menonaktifkan filter komentar, caranya sebagai berikut:

Step 1: Buka dulu Pengaturan dan PrivasiPrivasi Komentar.

Buka Menu Keamanan TikTok

Step 2: Masuk pada Filter Komentar.

Step 3: Matikan opsi Filter Semua Komentar dan Filter Kata Kunci (Barangkali kamu dulu mengatur kata kunci khusus).

Matikan Semua FIlter Komentar TikTok

4. Jangan Kirim Komentar Spam

Sejatinya, komentar di media manapun tidak boleh secara spam atau beruntun/pengulangan kalimat yang sama. Hal ini demi menghindari terkuncinya akun TikTok kamu.

Seandainya kamu mengirim pesan berantai di komentar, lebih baik hapus deh. Takutnya di kemudian hari akun TikTok kamu tidak bisa komentar lagi karena terkunci atau dibatasi.

Biasanya komentar spam akan ditandai sama pemilik VT. Sehingga pemilik VT itu akan mengecualikan akun kamu untuk berkomentar.

5. Kosongkan Cache TikTok

Memang tidak ada hubungannya antara komentar dan cache. Namun, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk menghapus cache, toh tidak akan menghapus seluruh data TikTok.

Untuk cara menghapus cache, berikut selengkapnya:

Bersihkan Cache Tiktok
  1. Buka Settings Manajemen Aplikasi ➞ TikTok.
  2. Ketuk opsi Storage / Penggunaan Memori.
  3. Kemudian tap tombol Hapus Cache.

Baca Juga: Jadwal Jam FYP TikTok Terbaru Agar FYP

6. Perbarui Aplikasinya

Update Tiktok

Pastikan kamu menggunakan aplikasi TikTok versi terbaru. Kalau kamu jarang update dan tidak bisa komentar di TikTok lebih baik lakukan update sekarang.

Caranya sebagai berikut:

Langkah #1: Buka Google Play Store.

Langkah #2: Ketik TiKTok di pencarian.

Langkah #3: Pada halaman TikTok, ketuk tombol Update.

Setelah update selesai, kamu bisa menjalankan aplikasi TikTok dan mencoba kirim komentar.

7. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Kecepatan internet juga mempengaruhi komentar TikTok. Buktinya saat kami sedang di jaringan lemot, kami tidak bisa komentar apapun.

Tulisan yang sudah kami kirim hanya terlihat samar abu-abu gitu. Malahan sudah berkali-kali mengirimkan komentar masih tetap tidak bisa.

Ganti Koneksi Jaringan

Oleh karena itu, kami mencoba untuk mengubah jaringan dari data seluler ke WiFi. Dengan begitu, kami sudah bisa lagi mengirim komentar di VT TikTok.

Yuk Diskusikan di Komentar