Terbukti! 5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di TikTok

Gusti Apriansyah

Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Di Tiktok

Fitur live di TikTok sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi konten kreator. Utamanya di niche streaming game dan menjual suatu produk.

Dikarenakan dengan adanya fitur live, jangkauan pengunjung di akun TikTok kamu akan semakin meningkat. Tapi bagaimana kalau akun TikTok kamu tidak bisa live?

Tenang saja, karena di sini kami akan menjelaskan cara mengatasi tidak bisa live di TikTok. Kalau kamu sedang mengalaminya, bisa langsung ikuti beberapa solusi yang kami berikan di sini.

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Live dengan Mudah

Tidak bisa live di TikTok bisa disebabkan oleh beberapa hal. Utamanya disebabkan oleh akun TikTok kamu.

Supaya lebih jelas, kamu bisa lihat beberapa penyebab TikTok tidak bisa live di bawah ini:

  • Akun TikTok melanggar kebijakan, seperti membuat konten sensitif
  • Usia akun di TikTok kamu belum cukup
  • Persyaratan untuk bisa live di TikTok belum terpenuhi
  • Akun TikTok kamu sedang ditangguhkan oleh developer
  • Jaringan internet yang kamu gunakan sedang tidak stabil
  • Belum menggunakan versi TikTok terbaru

Benar, ada banyak yang membuat TikTok kamu tidak bisa live. Beberapa penyebab di atas harus kamu perhatikan supaya bisa menggunakan fitur live di TikTok.

Namun kamu tidak perlu khawatir. Karena kami punya solusi atau cara untuk mengatasi tidak bisa live di TikTok seperti berikut:

1. Pastikan Akun TikTok Tidak Melanggar Kebijakan

Pahami Kebijakan Tiktok

Awalnya, kamu harus pastikan kalau akun TikTok tersebut tidak pernah melanggar kebijakan. Misalnya seperti memposting konten sensitif atau menampilkan hal yang dilanggar oleh kebijakan TikTok ketika live.

Karena kalau pernah melanggar dan mendapatkan report dari akun lain. Maka akun TikTok kamu bisa ditangguhkan. Bahkan beberapa fitur yang sebelumnya bisa dilakukan, seperti live bisa tidak difungsikan kembali.

Oleh karena itu, sebelum melakukan live sebaiknya kamu pahami beberapa kebijakan TikTok. Hal ini bertujuan untuk menghindari penangguhan atau bahkan pemblokiran akun TikTok kamu.

2. Pastikan Jaringan Internet Bagus

Live di TikTok memerlukan koneksi internet yang bagus. Jika tidak, maka proses live di TikTok bisa menjadi patah-patah atau bahkan diakhiri secara otomatis.

Maka dari itu, sebelum live di TikTok kamu bisa cek kecepatan koneksi internet lebih dulu. Kalau kecepatannya bagus, kamu bisa langsung live di TikTok. Tapi kalau lagi kurang bagus, bisa ganti ke provider lain.

Lebih disarankan lagi live menggunakan jaringan WiFi. Karena kecepatan ketika menggunakan WiFi jauh lebih stabil dibandingkan data seluler.

3. Perbarui Aplikasi TikTok

Update Tiktok

Cara selanjutnya kamu bisa memperbarui aplikasi TikTok. Karena bisa saja masalah tidak bisa live yang kamu alami disebabkan ada error di fitur tersebut.

Jadi dengan adanya pembaruan versi, error di fitur tersebut bisa diperbaiki secara otomatis. Sekarang kamu bisa buka Google Play Store atau AppStore dan cari aplikasi TikTok.

Terakhir, ketuk Update bila ada pembaruan aplikasi TikTok. Tunggu sampai prosesnya selesai, kalau sudah bisa buka fitur live di TikTok kembali.

4. Ubah Usia Akun TikTok

Usia menjadi salah satu ketentuan untuk bisa melakukan live di TikTok. Dimana ketentuannya, usia kamu harus minimal 18 tahun. Lalu bagaimana kalau umur kamu belum 18 tahun?

Kamu bisa ubah saja usia di akun TikTok tersebut. Berikut cara merubah usia akun TikTok:

Langkah 1: Buka tab Profil, ketuk ikon Titik 3 dan pilih menu Pengaturan dan Privasi.

Buka Menu Privasi Tiktok

Langkah 2: Ketuk pada menu Akun.

Pilih Pengaturan Akun Tiktok

Langkah 3: Pilih Informasi Akun.

Buka Informasi Akun Tiktok

Langkah 4: Ketuk Tanggal Lahir, silahkan ubah hingga usia kamu menjadi minimal 18 tahun.

Ubah Usia Tiktok

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Zoom Video TikTok

5. Tambah Follower Hingga 1000

Pastikan Memiliki 1000 Folowers

Selain minimal usia harus 18 tahun, kamu juga harus memiliki 1000 followers untuk bisa melakukan live di TikTok. Kalau belum punya 1000 followers, maka kamu harus mencarinya lebih dulu.

Caranya dengan rutin memposting konten video yang menarik. Lebih disarankan selalu posting video yang sesuai dengan niche kamu.

Syarat Live Di TikTok Apa Saja Sih?

Bagi yang baru menggunakan TikTok, mungkin akan bertanya-tanya mengenai syarat untuk bisa live di sosial media tersebut.

Sebenarnya syaratnya tidak terlalu sulit kok. Berikut ini beberapa syarat untuk bisa live di TikTok:

  • Minimal usia akun TikTok telah mencapai 1 minggu
  • Usia pemilik akun minimal 18 tahun
  • Harus memiliki minimal 1000 followers di akun tersebut
  • Spesifikasi perangkat kompatibel dengan fitur live di TikTok
  • Memiliki koneksi internet yang stabil
  • Selalu memperbarui versi TikTok ke yang paling terbaru

Semua persyaratan ini harus terpenuhi supaya fitur live di TikTok bisa muncul. Selain itu, kamu juga harus memahami pelanggaran yang ada di TikTok ketika menggunakan fitur live.

Karena kalau kamu melanggar, bisa membuat fitur live di akun TikTok kamu dihilangkan kembali.

Sekian cara untuk mengatasi tidak bisa live di TikTok. Umumnya penyebab-penyebabnya di akun kamu, tapi bisa juga disebabkan oleh hal lain. Seperti masalah koneksi internet yang tidak stabil.

Kalau ada yang ingin kamu tanyakan lagi, boleh kirim saja ke kolom komentar. Selamat mencoba!

Gusti Apriansyah

Orang Depok yang suka menulis Teknologi

Tinggalkan komentar