Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Error 5B00

cara mengatasi printer canon ip2770 error 5b00
Yuk follow twitter & facebook Thelastsurvivors, temukan infografis menarik & terupdate:)

Printer menjadi alat yang berfungsi untuk mencetak suatu dokumen dan foto dengan berbagai macam ukuran.

Faktanya, terkadang alat ini juga bisa mengalami masalah. Seperti error number 5b00, berupa lampu indikator yang hidup-mati berulang-ulang dengan frekuensi tertentu.

Tentu masalah tersebut membuat Anda merasa kesal bukan? Pada ulasan ini Anda bisa melakukan cara memperbaiki printer canon ip2770 error 5b00.

Apa itu Error 5B00?

canon ip2770 Error 5B00
Canon ip2770 Error 5B00

Error 5B00 adalah salah satu masalah ketika lampu indikator hidup-mati secara berulang-ulang dengan frekuensi tertentu yang terjadi pada printer merk Canon saja.

Masalah ini kerap melanda sebuah mesin cetak, terutama pada Printer Canon IP2770 dan beberapa tipe lainnya.

Akibatnya print tidak dapat bekerja untuk mencetak terlebih dahulu.

Selain itu, saat printer mengalami error biasanya akan memberikan notifikasi pada layar PC / komputer.

Sehingga, Anda dapat mengetahui perangkat Anda mengalami ke-eroran seperti apa.

Penyebab Kerusakan 5B00

Error 5b00 canon ip2770 ini sering terjadi hampir di seluruh merek printer, terutama pada printer Canon itu, dikarenakan limbah pad dan ink absorter sudah mulai penuh.

Printer error 5b00 ip2770 ini menjadi hambatan saat Anda ingin melakukan print. Selain itu, proses ngeprint akan menjadi berhenti bahkan macet.

Masalah seperti ini kerap kali terjadi pada printer merk Canon IP2770, Canon MP287, Canon MG2870, Canon G2000, Printer MP237 atau bisa juga mesin cetak dengan merk lain mengalaminya juga.

Ini cara mengatasi error 5b00 dengan mudah menggunakan perangkat lunak Service Tool dari mesin printer itu sendiri.

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Error 5B00

Jenis – jenis error yang menyerang adalah Error 5B00. Atau dapat menyebutnya Flashinf Bios Printer atau keadaan mesin printer tidak dapat berkerja untuk melakukan pencetakan seperti sebagaimana mestinya.

Ini adalah beberapa cara mengatasi printer canon ip2770 error 5b00:

Bahan : Download Service Tool v3400 di https://bit.ly/333weB1

  • Siapkan Perangkat Lunak Service Tool. Siapkan software Service Tool pada printer Canon milik Anda. Pastikan benda ini dalam keadaan mati dan jangan menyalakannya terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan.
  • Masuk ke Service Mode. Masuk ke Service Mode untuk dapat memperbaiki printer milik Anda. Memang cukup rumit.
  • Pastikan Colokan Printer Terhubung dengan Listrik. Jika printer belum terhubung dengan listrik, maka hubungkanlah terlebih dahulu. Karena printer tidak dapat menyala dan memperbaikinya jika tidak ada aliran listriknya.
  • Klik Menu Resume Dua Detik. Lakukan klik tahan selama dua detik pada menu Resume pada layar komputer / PC Anda.
  • Klik Juga Menu Power Hingga Lampu Indikator Berwarna Hijau. Setelah mengetuk menu resume sebanyak dua kali, kemudian lakukan adalah klik menu power samapi lampu hijau.
  • Berhenti menekan Menu Resume, Tetapi Tetap Klik Menu Power. Hentikan menekan menu resume dan tetap klik menu power.
  • Klik kembali Menu Resume, Ulangi Hingga lima kali. Lakukan dengan nada tekan lepas.
  • Lepas Kedua Jari Anda dari Menu Resume dan Power. Selanjutnya adalah lepaskan kedua jari Anda dari menu Resume dan Power. Maka, lampu indikator akan menyala dengan warna hijau kelap-kelip. Pada keadaan ini, pastikan printer dalam posisi service mode.
  • Lalu Ekstrak File Service Tool Setelah Mengunduhnya. Selanjutnya ekstrak file Service Tool yang telah Anda unduh tadi. Kalau memerlukan kata sandi, pakailah sandi apapun itu.
Cara mengatasi Error 5B00
Cara mengatasi Error 5B00
  • Siapkan Lembar Kertas Kosong pada Printer Anda. Kemudian setelah mengesktrak file Service Tool, lakukanlah percobaan pada printer milik Anda. Siapkan lembar kertas kosong untuk proses tersebut. Letakkan dengan benar agar tidak ada kerusakan lebih yang terjadi lagi.
  • Klik Menu MAIN. Ketuk menu main pada layar komputer/PC Anda. Maka secara otomatis akan memberikan perintah kepada mesin printer untuk melakukan pencetakan untuk pertama kalinya.
  • Klik Menu EEPROM Clear. Setelah mengetuk menu main, selanjutnya adalah mengetuk menu eeprom clear. Setelah itu printer akan mencetak secara otomatis. Akan ada tulisan TPAGE (TTL=00000) yang munncul.
  • Matikan Printer Anda. Setelah mesin printer Canon IP2770 milik Anda berhasil mereset ulang. Kemudian matikan printer tersebut dan nyalakan ulang. Setelah berhasil menyala tunggu hingga printer siap untuk digunakan.
  • Lakukan Percobaan dengan Print Sebuah Dokumen. Untuk memastikan bahwa printer Anda sudah dapat menggunakannya, maka lakukan percobaan dengan mencetak sebuah file yang ada di komputer/PC. Tunggu hingga dokumen tersebut tercetak dengan tuntas dan bagus.
  • Jika Berhasil, Berarti PC/Komputer Anda Sudah dapat Digunakan. Jadi, file tadi berhasil tercetak dengan bagus, artinya mesin printer sudah benar-benar dapat menggunakannya kembali seperti awal.

Tips Agar Printer Tidak Mengalami Error

Printer dengan brand Canon dan seri IP2770 sering mengalami eror. Untuk itu diperlukan perawatan agar tidak terjadi hal seperti itu berulang kali.

Berikut adalah tips yang dapat Anda gunakan untuk mencegah agar printer tidak mengalami eror:

1. Selalu Pasang Kabel dan Pastikan Tidak Rusak

Saat printer tak dapat melakukan tugasnya untuk mencetak dokumen, coba cek terlebih dahulu kabelnya.

Pastikan kabel tersebut telah terpasang atau mengalami kerusakan. Karena bila kabel rusak, tentu saja mesin printer tidak akan bisa melakukan pencetakan.

2. Bersihkan Kertas yang Menyangkut pada Mesin Printer

Terkadang ketika melakukan pencetakan, ada kertas yang tersangkut pada mesin printer. Segera bersihkan kertas sangkutan tersebut, agar resiko printer mengalami eror akibat hal ini dapat sedikit terminimalisirkan sebelumnya.

3. Tambahkan Jumlah Kertas Ketika akan Habis

Apabila kertas pada mesin printer sudah hampir habis, segera tambahkan jumlahnya. Agar printer Anda dapat melakukan pencetakan dengan mudah.

Karena terkadang ada beberapa printer yang membutuhkan jumlah kertas banyak untuk memudahkan proses pencetakannya.

4. Lakukan Refill atau Pengisian Ulang Tinta Printer Ketika akan Habis

Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan pengisian ulang pada tinta mesin printer. Jadi, hasil pencetakan juga akan maksimal.

Selain itu, pengisian ini juga bertujuan untuk lebih mengecilkan resiko mesin printer Anda mengalami error.

Demikian uraian mengenai cara memperbaiki printer canon ip2770 error 5b00. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda bisa menerapakannya pada printer merk lainnya.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar