Cara Reset Canon IP2770

cara reset printer canon ip2770

Yuk, follow Instagram dan like Facebook Thelastsurvivors untuk konten menarik dan tutorial unik tentang Teknologi

Sering mengalami kegagalan saat mereset printer Canon IP2770? Tenang, artikel ini akan membahas cara resetter canon IP2770 cepat dan anti gagal. 

Printer Canon IP2770 merupakan jenis printer sejuta umat yang memiliki spesifikasi mumpuni. Printer ini dapat digunakan semua kalangan dengan harga  yang tergolong murah.

Selain fungsi utamanya, canon IP2770 juga dapat digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas yang baik. Namun tak jarang ia juga kerap mengalami masalah saat sedang digunakan.

Penggunaan berlebihan diklaim menjadi penyebab printer ini sering mengalami masalah. Sedangkan error system yang sering muncul pada printer ini adalah Error 5200 Waste ink Tank Absorber Full atau Error 5200.

Jika sudah demikian, satu-satunya solusi adalah dengan melakukan cara reset printer canon ip2770. Ada dua langkah untuk mereset printer canon ip2770, yaitu secara manual dan dengan bantuan tools resetter printer.

Kenapa Printer IP2770 Perlu Reset?

  1. Mengembalikan ke pengaturan semula
  2. Mengatasi kerusakan/error
  3. Printer Canon IP2770 bisa nge-print lagi

Cara Reset Printer Canon IP2770 menggunakan software

cara reset IP2770 dengan software
cara reset IP2770 dengan software

1. Persiapan

Mengambil tindakan reset apabila printer sudah mengalami error sistem adalah hal yang tepat.

Tapi sebelum masuk ke tahap reset, terlebih dahulu lakukan tahapan persiapan sebelum melakukan reset canon IP2770.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Matikan printer kamu tanpa melepaskan kabel power.
  • Tekan dan tahan pada bagian tombol RESUME selama beberapa detik.
  • Dengan tetap menekan tombol RESUME, lanjutkan dengan menekan tombol POWER sampai lampu pada bagian indikator printer menyala (berwarna hijau).
  • Lepas tombol RESUME dengan tetap menekan tombol POWER saat lampu telah menyala.
  • Kemudian tekan tombol RESUME hingga kurang lebih lima kali sampai warna LED printer dapat berkedip dan berubah-ubah warna (orange-hijau-orange).
  • Setelah itu, lepas semua tombol yang tadi kamu tekan.
  • Lampu LED tak harus berakhir warna orange, jangan langsung panik jika lampu LED berakhir warna hijau.
  • Tunggu hingga komputer kamu membaca driver printer.
  • Lanjut ke proses selanjutnya yaitu reset printer Canon IP2770.

Catatan : Jika terjadi salah tekan tombol, segera lepas kabel power pada printer kamu dan biarkan printer mati selama kurang lebih dua menit. Pasang kembali lalu ulangi kembali seperti cara di atas.

Lanjut ke proses selanjutnya yaitu melakukan reset printer IP2770. Pastikan kamu memperhatikan langkah-langkahnya dengan benar.

3. Informasi File Resetter IP2770

Nama ResetterService Tool
VersiV1074
Ukuran130 KB
Ekstensi.RAR

3. Reset printer Canon IP2770 menggunakan software

cara menggunakan resetter canon IP2770
cara menggunakan resetter canon IP2770

Cara restart printer canon ip2770 V3400 sama seperti dengan menggunakan tools software pada umumnya. Namun sebelum memulai mereset, pastikan printer kamu dalam keadaan mode service ya.

Berikut tahapan yang harus kamu lakukan saat mereset printer canon ip2770 dengan menggunakan software.

  • Sebelum kamu melakukan reset, pastikan kamu telah mendownload reset canon. Jika belum, silakan klik disini
  • Jika reset printer IP2770 telah didownload, segera ekstrak file dan pasang tools dengan install resetter yang tadi kamu download.
  • Buka software resetter printer Canon IP2770.
  • Klik atau pilih tombol MAIN.
  • Jika sudah, maka printer kamu secara otomatis telah melakukan print teks D=000.0
  • Setelah itu, lanjut dengan klik EEPROM Clear.
  • Setelah kamu klik EEPROM Clear, ia berarti kembali mencetak hasil reset software reset ip2770.
  • Hasil cetak ini biasanya berupa sebuah teks bertulis TPAGE(TTL=00000).
  • Setelah itu, matikan printer kamu.
  • Tunggu beberapa saat lalu hidupkan kembali.
  • Proses selesai.

Selain cara diatas, kamu dapat melakukan perbaikan pada printer kamu dengan menggunakan service tools V3400. Tools ini dapat kamu gunakan untuk mereset canon dengan tipe MP237, MP278, MP258 dan MG5270.

Keberhasilan reset printer dengan menggunakan tools V3400 dapat mencapai 90%. Terlebih jika kerusakan yang dialami adalah Error 5200 Waste ink Tank Absorber Full.

Cara Reset Printer Canon IP2770 secara Manual

mereset printer IP2770 secara manual
mereset printer IP2770 secara manual

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, mereset printer canon ip 2770 dapat dilakukan dengan dua cara. Nah, diatas adalah cara reset yang menggunakan bantuan software sedangkan cara berikut ini tanpa bantuan software alias manual.

  • Pertama, matikan printer yang akan kamu reset.
  • Cabut atau lepas kabel power printer kamu.
  • Tekan tombol power dan tahan selama beberapa detik.
  • Pasang kembali kabel power dengan keadaan kamu masih menekan tombol power. Tunggu selama kurang lebih 5 detik.
  • Tekan tombol RESUME hingga dua kali atau hingga lampu indikator printer berwarna hijau.
  • Setelah itu lepas tombol power.
  • Selesai.

Setelah melakukan reset printer IP2770 secara manual, cek ke Control Panel pada komputer kamu dan klik Settingan Printer. Jika berhasil, biasanya akan terlihat nama printer baru dengan akhiran copy.

Mengatasi “error sistem” saat reset Canon IP2770

solusi error saat mereset epson IP2770
solusi error saat mereset epson IP2770

Cara reset cartridge canon ip2770 secara total mungkin terkesan sulit bagi kamu yang belum terbiasa. Bagi yang sudah terbiasa pun kadang masih sering terjadi kesalahan yang berujung fatal padahal sudah mengikuti prosedur yang ada.

Apa penyebab terjadinya error saat reset Canon IP2770? Umumnya error saat reset Canon terjadi karena software yang digunakan tidak cocok dengan printer kamu. Misalnya kamu mereset dengan menggunakan software versi 1074.

Saat menggunakan versi tersebut justru terjadi error atau muncul attention “resetter not responding”. Nah, ini berarti printer kamu tidak cocok menggunakan versi tersebut.

Error saat reset Canon IP2770 ini dapat kamu atasi dengan memilih tools yang sesuai dengan jenis printer kamu. Misalnya menggunakan versi 3400 untuk printer tipe MP237, MP278, MP258, MG5270 dan IP2770.

Canon IP2770 merupakan salah satu printer yang paling banyak diminati dan digunakan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena ia memiliki spesifikasi mumpuni dengan harga tergolong murah.

Meski demikian, ia juga tak luput dari kerusakan sistem. Umumnya, kerusakan ini terjadi akibat adanya kode error seperti kode error 5200 Waste ink Tank Absorber Full. Untuk mengatasinya, maka printer kamu perlu dilakukan resetter.

Ada dua cara untuk melakukan resetter canon ip2770, yaitu dengan bantuan tool atau software dan secara manual. Kamu dapat memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan.

Dalam proses resetter Canon IP2770 menggunakan bantuan software kamu diharuskan untuk menginstalnya terlebih dahulu. Download software reset IP2770 ini dapat kamu temukan dengan mudah di laman Google.

Selain itu, proses mereset canon ip2770 juga tidak bisa dikatakan mudah. Ada prosedur yang harus kamu perhatikan salah satunya adalah jenis tools yang akan kamu gunakan.

Tools untuk resetter Canon IP2770 ini menjadi kunci keberhasilan dalam proses reset pada printer kamu. Jadi pastikan kamu memilih yang benar sesuai dengan jenis printer kamu. Semoga berhasil!

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Yuk Diskusikan di Komentar