Kategori Komputer

Apa itu Intel Optane? Fungsi dan Syarat Penggunaan (Lengkap)

Para pengguna PC selalu dibuat bingung saat hendak memilih media penyimpanan, apakah memilih HDD (Hard Disk Drive) atau SSD (Solid State Drive).

Kenapa bisa demikian? Alasannya tentu karena HDD dan SSD menawarkan kelebihan berbeda namun saling dibutuhkan. Ini hampir sama dengan SSHD, namun perbedaannya terletak pada Chip dan kelebihan Intel Optane.

Nah untuk kelebihannya yaitu HDD memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dengan harga yang murah, namun HDD memiliki kecepatan yang rendah. Sedangkan SSD memiliki kecepatan yang tinggi, namun kapasitasnya rendah dan harganya mahal.

Melihat keadaan tersebut, salah satu perusahaan teknologi terbesar yaitu Intel juga menyadarinya. Pada akhirnya Intel berhasil membuat sebuah teknologi baru bernama Intel Optane Memory yang bisa membuat kinerja HDD lebih cepat layaknya SSD.

  1. Pengertian
  2. Fungsi
  3. Syarat Penggunaan

Apa itu Intel Optane?

Intel Optane Memory

Intel Optane Memory adalah sebuah perangkat akselerator yang hadir dengan teknologi 3D XPoint yang dikembahkan oleh Intel.

Cara kerja dari Intel Optane yaitu dengan memanfaatkan metode cache sehingga dapat membuat kecepatan membaca dan menulis data pada HDD semakin cepat.

Pada dasarnya, cara kerja dari Optane Memory ini hampir sama dengan prinsip kerja memory biasanya, namun Intel memberikan spesifikasi yang jauh lebih tinggi sehingga mampu membuat kinerja PC menjadi lebih cepat.

Berikut ini spesifikasi dari Intel Optane Memory:

Kapasitas16 GB & 32 GB
InterfaceM.2
Kecepatan baca Sequential1350 MB/S
Kecepatan baca Random240K IOPS
Kecepatan tulis Sequential290 MB/S
Kecepatan tulis Random65K IOPS

Fungsi Intel Optane

Seperti yang sudah disinggung bahwa Intel Optane berfungsi untuk mempercepat HDD layaknya menggunakan SSD.

Nah berikut ini beberapa fungsi atau kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Intel Optane di PC:

  1. Komputer akan bekerja dengan cepat dan responsif
  2. Proses booting sistem operasi akan lebih cepat
  3. Membuat loading pada game dan aplikasi menjadi lebih cepat
  4. Mempercepat proses rendering video
  5. Lebih responsif dan tidak lag saat mengolah data besar
  6. Membuat masalah bottleneck dari Hardisk menjadi tidak terlalu terasa

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Virtualization Technology

Syarat Utama Penggunaan Intel Optane

Setelah kamu memahami apa itu Intel Optane Memory, kami tebak kemungkinan besar kamu tertarik untuk menggunakan benda yang bisa membuat kecepatan HDD meningkat 5 kali lipat ini.

Namun, untuk bisa menggunakan Intel Optane Memory, terdapat beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Syarat tersebut diantaranya yaitu:

1. Sistem Berbasis Intel

Syarat pertama tentu PC kamu harus berbasis Intel, karena Intel Optane Memory ini hanya bisa bekerja pada sistem Intel juga.

Jadi jika kamu menggunakan PC dengan basis sistem AMD, maka kamu tidak akan bisa menggunakan Optane Memory dari Intel.

2. Minimum Prosesor Intel Generasi 7

Syarat berikutnya yaitu prosesor yang kamu gunakan harus dari Intel Core generasi ke 7 atau setelahnya. Baik itu dari Core i3, Core i5, Core i7, Core i9, dan seterusnya.

3. Chipset Intel 200 Series

Syarat yang ketiga untuk bisa menggunakan Intel Optane Memory adalah harus menggunakan Chipset Intel 200 Series atau setelahnya.

4. Mobo Harus Support

Syarat selanjutnya tentu Motherboard harus support dan memiliki slot untuk Intel Optane Memory ini.

Jadi meskipun komputer kamu sudah menggunakan Chipset Intel 200 Series atau di atasnya, tapi jika mobo belum support Intel Optane, tentu tidak akan bisa.

5. OS Windows 10 64-Bit

Selain dari segi perangkat keras, terdapat syarat lain pada perangkat lunak khususnya sistem operasi yang kamu gunakan.

Untuk bisa menggunakan teknologi Intel Optane Memory, PC kamu harus terpasang OS Windows 10 64-bit.

6. Storage SATA Partisi GPT

Lalu syarat yang terakhir adalah storage atau HDD yang kamu gunakan harus menggunakan partisi GPT. Jadi jika kamu masih menggunakan partisi MBR, segeralah mengkonversinya ke GPT.

Konversi GPT bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Namun mayoritasnya fitur convert GPT ini dikunci lantaran fitur ini merupakan fitur premium.

Sehingga kalau kamu ingin menggunakannya, maka perlu berlangganan secara premium. Akan tetapi ada suatu cara dimana cara ini terbilang gratis.

Cara yang dimaksud adalah convert MBR ke GPT menggunakan bantuan CMD saja. Nah untuk caranya sendiri umumnya sudah ada di YouTube, tapi kamu harus mencarinya dengan kata kunci bahasa Inggris.

Demikian artikel lengkap mengenai Intel Optane Memory, jadi jika PC kamu menggunakan storage HDD dengan kapasitas yang besar, namun kamu ingin agar kecepatan PC kamu meningkat, Intel Optane Memory adalah solusinya.

Photo of author

Daffa Althof

Penikmat game dan pecinta teknologi

Yuk Diskusikan di Komentar