Kategori Android

4 Cara Mudah Mengatasi Error DF-DFERH-01 di Playstore

Playstore merupakan aplikasi bawaan Android didalamnya terdapat jutaan aplikasi dan game yang siap di download kapan saja oleh penggunanya.

Meskipun Google Playstore memiliki pengguna Android yang banyak, nyatanya aplikasi besutan Google Inc ini masih sering mengalami kesalahan atau permasalahan.

Permasalahan ini akan memunculkan pesan singkat yaitu “Error Retrieving Information from Server DF-DFERH-01”. Error DF 01 ini kalau kalian terjemahkan bakal menjadi “Kesalahan Mengambil Informasi dari Server Google Play Store.

Kesalahan mengambil data server ini kemungkinan besar terjadi karena kegagalan suatu sistem saat mengambil sebuah informasi yang dibutuhkan untuk memuat Play Store.

Umumnya kesalahan DF-DFERH-01 ini diakibatkan oleh jaringan ataupun pada aplikasi Play Store itu sendiri. Ketimbang kalian berasumsi seperti itu, lebih baik segera lakukan cara mengatasi error DF-DFERH-01 di Playstore berikut:

  1. Hapus Data Play Store
  2. Restart HP
  3. Mengganti Alamat Email
  4. Hapus Pembaruan Play Store

1. Hapus Data Playstore

Langkah pertama agar error code DF-DFERH-01 hilang pada Playstore adalah menghapus data aplikasinya. Selain aplikasi Playstore, ada juga aplikasi lainnya. Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi Google Play Services, berikut ini caranya:

  • Langkah #1: Jalankan menu Settings
  • Langkah #2: Ketuk pada menu Apps
  • Langkah #3: Tampilkan aplikasi System (Cara ini penerapannya berbeda-beda)
Show System Apps Playstore
  • Langkah #4: Temukan aplikasi Google Playstore, lalu buka aplikasi tersebut
  • Langkah #5: Ketuk pada opsi Storage kemudian pilih menu Clear Data
Clear Data Playstore Agar Tidak Error Df Dferh 01
  • Langkah #6: Klik pada tombol “OK”
  • Langkah #7: Kembali ke tampilan aplikasi sistem, lalu ketuk pada aplikasi Google Play Services
Ketuk Google Play Services
  • Langkah #8: Ketuk pada opsi Storage kemudian ketuk menu Manage Storage
Clear All Data Play Services
  • Langkah #9: Ketuk opsi Clear All Data lalu pilih OK

Baca Juga : Solusi Playstore Tidak Bisa Download

2. Restart HP

Setelah kalian mencoba untuk menghapus data Playstore dan Layanan Google Play, ada tahapan selanjutnya yang perlu kalian lakukan.

Pada tahapan ini kalian diharuskan untuk merestart Android dengan tujuan pemulihan error Df-dferh-01. Merestart Hp bagi semua orang tidak perlu diajarkan, pasti kalian sudah tau bagaimana caranya.

3. Mengganti Alamat Email

Langkah ketiga ini sebenarnya akan dilakukannya “Remove Account Google”, hanya saja saat kami meremove seluruh akun Google yang ada pada Hp, kami tidak bisa melakukannya.

Pada dasarnya saat pertama kali beli hp baru, sistem Android akan meminta kalian untuk memasukkan alamat email dan login ke Google. Oleh sebab itu kalian tidak dapat menghapus akun Google secara keseluruhan.

Jadi solusinya adalah kalian hanya perlu mengganti akun Google lama kemudian buat akun Google baru. Jika kalian bingung, berikut ini caranya:

  1. Buka Settings
  2. Ketuk Akun
  3. Lalu ketuk Tambahkan Akun
  4. Ketuk lagi pada opsi Google
  5. Ikuti Instruksi yang diberikan untuk login atau membuat akun Google baru
  6. Setelah itu buka kembali opsi Akun di pengaturan Hp
  7. Ketuk opsi Google, kemudian pilih opsi “Hapus Akun”

Baca Juga : Cara Mengatasi Google Play Store Error RH 01

4. Hapus Update Playstore

Tidak sama seperti aplikasi pada umumnya, Playstore akan memperbarui aplikasinya secara otomatis tanpa kalian sadari. Oleh karenanya kemungkinan masalah Df-dferh-01 ini terjadi akibat pembaruan aplikasi yang masih terdapat bug.

Mengenai solusinya, coba kalian lakukan cara-cara dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Kemudian pilih menu Manajemen Aplikasi
  3. Setelahnya temukan aplikasi Playstore
  4. Terakhir, klik tombol bertuliskan “Copot Pembaruan” lalu tekan Yes

Sekarang saatnya kalian buka aplikasi Playstore, dan lihat apa yang terjadi. Kemungkinan besar cara memperbaiki masalah Df-dferh-01 tadi berhasil. Ingat ya, error kode tersebut akan muncul pada Android Xiaomi, Asus, Lenovo, Samsung, Vivo, Oppo, dan lain sebagainya juga, akan tetapi cara mengatasinya sama seperti diatas tadi kok.

Yuk Diskusikan di Komentar