Kategori IDM

Fake Serial Number IDM

Internet download manager adalah sebuah aplikasi untuk mengunduh data – data di internet secara online. Meskipun aplikasi IDM sering digunakan oleh kalian sebagai pengguna internet, tentu IDM adakalanya mendapati sebuah masalah. Masalah yang sering terjadi pada kalian yaitu muncul notifikasi fake serial number.

Masalah Fake Serial IDM ini ternyata salah satu penyebabnya terletak pada registrasi key yang terdeteksi bajakan dan sudah habis masa berlaku alias Expired (kadaluarsa) serial number IDM-nya.

Selain itu, munculnya notifikasi tersebut akan dibarengi dengan popup kotak yang bertuliskan “IDM has been registered with a fake serial number”. Tentu saja jika IDM terdeteksi fake serial number itu menandakan bahwa Tim IDM telah mendeteksi adanya penggunaan serial number palsu yang didapat melalui cracking alias bajakan.

Notif Serial Number IDM Fake

Masalah IDM muncul fake serial number terus dapat diatasi dengan cara yang sederhana. Cara mengatasi fake serial number IDM yang akan kami gunakan bukan memberikan metode bajakan, kalian hanya perlu mengubah salah satu file dan membeli lisensi.

Nah untuk lebih lengkap cara mengatasinya, berikut kami berikan cara menghilangkan fake serial number IDM yang bisa dilakukan pada semua perangkat komputer:

1. Rename File

Langkah pertama agar mematikan notifikasi IDM fake serial number adalah dengan mengubah nama salah satu File instalasinya. File instalasi yang kami maksud adalah IDMGrHlp.exe. Untuk cara mengubah namanya, berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan:

  • Langkah #1: Tutup program internet download manager. Tutup juga icon Tray IDM yang ada di sudut kanan bawah layar dengan cara klik kanan lalu pilih “Quit”
  • Langkah #2: Buka folder instalasi internet download manager. Umumnya terletak di folder Local Disk C -> Program Files (x86) -> Internet Download Manager
  • Langkah #3: Cari sebuah file bernama “IDMGrHlp.exe” kemudian ubah namanya menjadi “idmhelp-old.exe” (Tanpa tanda kutip)rename file IDM
  • Langkah #4: Restart komputer
  • Langkah #5: Setelah pc hidup, silakan masuk ke folder instalasi IDMnya lagi
  • Langkah #6: Temukan file bernama “idmBroker.exe” lalu ubah namanya menjadi “IDMGrHlp.exe”

Sesudah mengganti nama file idmBroker.exe, silakan restart kembali PC kalian. Setelah melakukan langkah ini, IDM kamu sudah menjadi full version lagi tanpa perlu registrasi menggunakan serial number.

2. Hapus Serial IDM dengan Aplikasi Tambahan

Nama AplikasiIDM Trial Reset
Ukuran1.50 MB
JenisZIP
KompatibelWindows 10 32 Bit & 64 Bit

Pada dasarnya masalah fake serial pada aplikasi IDM ini terletak pada kode aktivasinya, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus serial number lalu meresetnya menjadi trial version. Versi trial yang kalian dapatkan ada masa berlakunya. Masa aktifnya itu akan berlangsung selama 30 hari setelah itu akan kadaluarsa.

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu apakah kamu menggunakan IDM versi terbaru atau masih lama. Bila masih menggunakan versi lama, silakan update terlebih dahulu aplikasi download manager tersebut

  • Download dulu aplikasi IDM Fake Serial Remover di bit.ly/Reset_Trial_IDM
  • Ekstrak file tersebut
    • Setelah itu, masuk ke Task Manager melalui kombinasi tombol CTRL + SHIFT + ESC lalu pilih menu Details
    • Berikutnya cari program “IDMan.exe” klik kanan lalu End processes atau End TaskClose Program IDM
  • Install aplikasi idm_trial_reset pada folder yang berhasil di ekstrak tadiIDM trial reset
  • Setelahnya klik menu Trial Reset
  • Terakhir, berikan tanda centang pada tulisan Automatically lalu klik opsi Reset the IDM Trial NowTekan Tombol Reset Idm

Kalaupun masa aktifnya sudah mencapai 30 hari, kalian juga bisa melakukan secara berulang – ulang menggunakan aplikasi tambahan besutan pihak ketiga ini.

Akan tetapi jika kalian sudah menekan tombol Automatically maka aplikasi pihak ketiga ini akan mereset serial key IDM secara otomatis saat mencapai batas waktu yang ditentukan tadi. Dengan begitu, kalian tidak lagi mendapati masalah IDM yang sering muncul serial number palsu.

Baca Juga : Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Chrome

3. Mengedit File Host

cara hilangkan idm fake serial number

Agar IDM tidak muncul fake serial number dan hilang permanen, kami sarankan untuk mengedit file Hosts. Namun cara menghilangkan fake IDM ini sangat berisiko. Apabila kalian tetap ingin melanjutkan caranya, sebaiknya ikuti arahan dari kami berikut ini:

  • Buka Windows Explorer
  • Kemudian masuk ke local disk C -> Windows -> System32 -> Drivers -> Etc
  • Langkah berikutnya klik kanan pada file hosts lalu pilih Open With
  • Buka file tersebut menggunakan Notepad
  • Setelah itu tambahkan kode dibawah ini pada file host nya tadi yang sebelumnya sudah terbuka di notepad

127.0.0.1 local host:
127.0.0.1 tonec.com
127.0.0.1 www.tonec.com
127.0.0.1 registeridm.com
127.0.0.1 www.registeridm.com
127.0.0.1 secure.registeridm.com
127.0.0.1 secure.internetdownloadmanager.com
127.0.0.1 mirror.internetdownloadmanager.com
127.0.0.1 mirror2.internetdownloadmanager.com
127.0.0.1 www.internetdownloadmanager.com

  • Letakkan kodenya dipaling bawah kemudian simpan file host tersebut dengan menekan tombol CTRL + S
  • Masuk ke folder hostsnya tadi lagi
  • Setelahnya klik kanan file Host tersebut lalu pilih Properties
  • Kemudian centang opsi Read OnlyUbah Attributes Hosts
  • Selanjutnya klik OK

Baca Juga : Cara Mengaktifkan IDM di Chrome

4. Membeli Lisensi Legal

membeli lisensi original agar permanen

Apabila dengan cara diatas tadi belum bisa memulihkan masalah kamu. Silakan beli lisensi IDM originalnya melalui website resmi internet download manager. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, hanya dengan sebatas uang jajan yang kalian miliki sudah bisa mendapatkan lisensi satu tahun atau pilih yang selamanya.

Pihak aplikasi IDM sudah bekerja sama dengan olshop indonesia untuk menawarkan lisensi resmi agar pengguna tidak menggunakan fake serial number.

Selain itu pihaknya juga akan memberikan fasilitas menarik, antara lain mempercepat download IDM, download semua ekstensi file dan lain sebagainya.

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis

Yuk Diskusikan di Komentar