Kategori Instagram

Cara Mengatasi Copyright Di Instagram

Tidak hanya youtube saja yang bisa kena copyright, saat ini Instagram pun bisa terkena copyright dalam memasukan sebuah video ataupun lagu pada postingan instagram yang mengandung hak cipta.

Memang adanya copy right di Instagram ini mulai berlaku peraturannya pada tahun 2016. Wow sudah lama bukan? dan mungkin Anda baru mengalaminya akhir-akhir ini.

Memang menjadi hal yang wajar apabila sang pemilik lagu ataupun pencipta video memberikan hak cipta pada video yang Anda buat, karena sangat berharganya sebuah karya dan membuat karya juga tak semudah yang dibayangkan.

Mungkin jika kita terkena hak cipta sebagian juga ada yang berfikir bahwa kita harus meminta izin secara langsung ke sang creatornya.

Tentu saja akan sangat rumit sekali jika menggunakan cara itu, namun sebenarnya untuk mengatasi video blocked di instagram ataupun konten yang ada di instagram supaya tidak kena copyrights sangatlah mudah sekali.

Contoh Pemberitahuan Copyright IG

Memang akan sangat menyebalkan sekali apabila terdapat salah satu video ataupun gambar foto di Instagram anda terdapat hak cipta dan biasanya akan muncul notifikasi seperti di bawah ini:

Video Anda dihapus karena mungkin ini memiliki konten berhak cipta yang merupakan milik orang lain”. Jika anda baca dengan teliti maka jika ada konten yang kena hak cipta postingan video anda akan hilang ataupun dihapus oleh pihak Instagram karena ada beberapa lagu ataupun gambar milik orang lain.

Nah mungkin Anda juga sudah berusaha untuk membuat sebuah konten video ataupun gambar semenarik mungkin dan memang harus menggunakan lagu tersebut, akan tetapi jika dihapus pastinya membuat kita kesal.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan diberikan mengenai bagaimana cara mengatasi copyright di instagram dengan mudah.

Serta Anda tidak perlu menerjemahkan bahasa inggris yang susah itu dan anda cukup ikuti saja langkah-langkah dan tutorialnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan CopyRight Di Instagram

Untuk menghapus atau menghilangkan copyright tersebut, berikut Admin berikan langkah-langkahnya:

Langkah #1: Buka Instagram

Langkah pertama silahkan buka saja aplikasi Instagram Anda, dilanjut dengan login ke akun Instagram Anda apabila belum login :)).

Langkah #2: Masuk Tab Aktivitas

  • Buka menu Aktivitas yang ada di beranda, letaknya dipojok kanan atas dekat dengan DM Instagram
    Tab Aktivitas Cr
  • Nantinya akan ada notifikasi pelanggaran terhadap Hak Cipta Orang Lain

Langkah #3: Ajukan Banding

  • Ketuk notifikasinya yang tadi
  • Lalu akan ada jendela baru bertuliskan “Video Anda Sudah Diblokir”
  • Namun jangan khawatir, coba sekarang cek daftar Negara yang ada
  • Jika terdapat negara Indonesia, maka masih bisa diatasi masalah Copyright tersebut
    Daftar Negara Copyright
  • Setelah itu, Anda bisa menekan tombol “Banding”
    Tombom Banting Copyright Ig

Langkah #4: Persetujuan Banding

Pesan Copyright Ig - Cara Mengatasi Copyright Di Instagram

Dihalaman ini tertulis pesan yang wajib Anda baca dan pahami. Karena kalau Anda tidak memahami pesan tersebut dan tidak memperhatikan peraturan hak cipta Instagram, akun Instagram Anda akan kena blokir.

Menyetujui Banding Copyright Ig

Apabila Anda merupakan pemilik hak cipta sepenuhnya, silakan beri tanda Centang yang bertuliskan “Saya Setuju” lalu berikan tanda tangan digital berupa Nama Asli Anda, setelahnya klik tombol “Banding”.

Langkah #5: Tunggu Notifikasi Pengembalian Video yang Kena Copyright

Berhasil Menghilangkan Copyright Ig

Notifikasi pengembalian Video Instagram Anda yang terkena Copyright akan berlangsung tidak lama. Jikalau Anda pemegang hak cipta musik atau video Instagram tersebut, maka proses pengembalian Video yang terkena Copyright akan sangat cepat.

Baca Juga : Cara Melihat Akun Instagram Yang Dikunci

Cara Agar Tidak Terkena Copyright Di Instagram

Untuk menghindari terkena Copyright Audio dan Video di Instagram, sebaiknya gunakan tips berikut:

1. Gunakan Musik Bebas Copyright

Mungkin masalah hak cipta ini dilandasi dengan tidak taunya musik yang mempunyai hak cipta nya sendiri – sendiri. Namun, ada juga kok musik yang bebas hak cipta alias tidak dilindungi oleh pembuatnya.

Contoh halnya anda bisa melihat kanal youtube milih NCS (NoCopyright Sound). Disana sudah disediakan berbagai macam genre musik. Yang paling menonjol adalah EDM.

Anda dapat menggunakan cara convert youtube ke mp3 untuk mendapatkan musik sesuai keinginan Anda.

2. Edit Audio

Sebelum mengunggah konten yang ada Audionya ke Instagram. Sebaiknya pastikan dulu Audio yang Anda gunakan bebas Copyright.

Apabila Anda ingin menggunakan musik terkenal, sebaiknya edit Audionya terlebih dahulu. Anda bisa mengatur ulang bit musik, instrumen, atau yang lainnya.

Tapi tidak semua orang bisa melakukannya. Jadi cara ini khusus untuk pengguna Instagram yang senang mengedit atau meremix audio.

Baca Juga : Cara Mengatasi Instagram Berhenti Tiba – Tiba

3. Gunakan Video Sendiri

Terakhir nih, Anda harus menggunakan Video hasil karya sendiri. Karya ini dapat Anda buat melalui rekaman dari kamera Hp kok. Jadi Anda tidak perlu kamera Profesional untuk mendapatkan kualitas video yang bagus.

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis

Cara Membuat Link Line di Instagram

Cara Membuat Link Line Di Instagram

Ingin menampilkan URL Line di Bio Instagram agar Anda bisa dihubungi secara pribadi? Berikut langkah-langkahnya membuat dan menambahkan Link Linenya ke IG

Review Instaleak

Review Instaleak

Banyak orang yang melakukan kejahatan instagram ⭐ dengan menggunakan ⭐ tool instaleak. Apakah ⭐ layanan instaleak ini asli atau hoax dan membodohi warganet?

Cara Mengarsipkan Foto Di Instagram

Mengarsipkan Foto Di Instagram

Ingin menyembunyikan foto tanpa menghapus kiriman? ⭐ Anda bisa menggunakan ulasan berikut ini mengenai cara mengarsipkan foto di instagram.

Ini Dikusi Mereka . . .

  1. Kak semisalnya video yang di hapus itu di blokir di beberapa negara, tapi gak ada negara Indonesia itu gimana ya?

    Balas

Yuk Diskusikan di Komentar