Cara Mengatasi Copyright Di Instagram

cara memperbaiki video terkena hak cipta di instagram
Yuk follow twitter & facebook Thelastsurvivors, temukan infografis menarik & terupdate:)

Tidak hanya youtube saja yang bisa kena copyright saat ini instagram pun bisa terkena copyright dalam memasukan sebuah video ataupun lagu pada postingan instagram.

Memang adanya copy right di instagram ini mulai berlaku peraturannya pada tahun 2016. Wow sudah lama bukan? dan mungkin anda baru mengalaminya akhir-akhir ini.

Memang menjadi hal yang wajar apabila sang pemilik lagu ataupun pencipta video memberikan hak cipta pada video yang anda buat, karena sangat berharganya sebuah karya dan membuat karya juga tak semudah yang dibayangkan.

Mungkin jika kita terkena hak cipta sebagian juga ada yang berfikir bahwa kita harus meminta izin secara langsung ke sang creatornya.

Tentu saja akan sangat rumit sekali jika menggunakan cara itu, namun sebenarnya untuk cara mengatasi video blocked di instagram ataupun konten yang ada di instagram supaya tidak kena copyrights sangatlah mudah sekali.

Memang akan sangat menyebalkan sekali apabila terdapat salah satu video ataupun gambar foto di instagram anda terdapat hak cipta dan biasanya akan muncul notifikasi seperti di bawah ini:

Video Anda dihapus karena mungkin ini memiliki konten berhak cipta yang merupakan milik orang lain”. Jika anda baca dengan teliti maka jika ada konten yang kena hak cipta postingan video anda akan hilang ataupun dihapus oleh pihak instagram karena ada beberapa lagu ataupun gambar milik orang lain.

Nah mungkin anda juga sudah berusaha untuk membuat sebuah konten video ataupun gambar semenarik mungkin dan memang harus menggunakan lagu tersebut, akan tetapi jika dihapus pastinya membuat kita kesal.

Tapi anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan diberikan mengenai bagaimana cara mengatasi copyright di instagram dengan mudah.

Serta anda tidak perlu menerjemahkan bahasa inggris yang susah itu dan anda cukup ikuti saja langkah-langkah dan tutorialnya di bawah ini.

Cara Mengatasi CopyRights Di Instagram

Untuk cara memperbaiki copyright ini di berbagai merk jenis hp bisa mengatasinya, jadi anda tidak perlu khawatir yes.

#1. Langkah pertama silahkan buka saja aplikasi instagram anda tersebut. DIlanjut dengan login ke akun instagram anda tersebut.

#2. Selanjutnya silahkan pada navigasi bawah di instagram tekan pada logo likes setelah itu pasti akan ada beberapa notifikasi seperti di bawah ini. Nah selanjutnya anda cukup klik saja pada bagian lihat apa yang salah. Jika bingung silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

copyright instagram

#3. Berikutnya nantinya akan ada beberapa keterangan mengenai apa sih penyebabnya kenapa kok postingan video ataupun foto di ig ada hak cipta, maka disitulah beberapa alasannya. Jika sudah maka berikutnya yaitu silahkan klik Banding, dan jangan sampai anda menghapus video anda tersebut.

cara mengatasi copyright instagram

#4. Selanjutnya jika anda sudah klik Banding, maka tinggal ceklis pada kolom setuju dan dilanjut juga dengan mengisi nama pengguna instagram anda atau disebut dengan username instagram anda. Jika sudah mengisi borang secara lengkap berikutnya silahkan klik banding.

#5. Terakhir maka video mu akan dikirim ulang secara otomatis. Selesai!

Jadi seperti itulah mengenai cara mengatasi masalah audio di instagram! bagaimana sangat mudah sekali bukan? tak hanya cara itu saja sebenarnya masih banyak cara lagi. Seperti salah satunya yaitu mengganti informasi yang terdapat pada lagu.

Entah itu pada bagian kolom album, dan pencipta lagu,, nah disitu anda bisa merubahnya.

Namun agar lebih aman lagi, anda bisa mengedit audio ataupun gambar yang ada di postingan video di instagram anda tersebut dengan menggunakan aplikasi agar nantinya tidak kena copy rights dan bisa dibilang aman sekali dari CR.

Maka jika sudah seperti itu postingan video ataupun foto anda yang ada di instagram pun aman terkendali dan tidak takut lagi terkena yang namanya copy rights.

Dimana posisinya sangat menggangu sekali, coba bayangkan saja apabila anda sedang mengikuti sebuah lomba video, tapi malah kena copy rights dan harus dihapus oleh instagram. Pastinya akan sangat repot sekali dan tentu saja akan mengurangi penilaian dari juri.

Baca Juga : Cara Melihat Akun Instagram Yang Dikunci

Tutorial Video : Memperbaiki Video Blocked Di IG

Cara Agar Tidak Terkena Copyright

Mungkin masalah hak cipta ini dilandasi dengan tidak taunya musik yang mempunyai hak cipta nya sendiri – sendiri. Namun, ada juga kok musik yang bebas hak cipta alias tidak dilindungi oleh pembuatnya.

Contoh halnya anda bisa melihat kanal youtube milih NCS (NoCopyright Sound). Disana sudah disediakan berbagai macam genre musik. Yang paling menonjol adalah EDM.

Anda dapat menggunakan cara convert youtube ke mp3 untuk mendapatkan musik sesuai keinginan anda melalui kanal youtube NCS.

Baca Juga : Cara Mengatasi Instagram Berhenti Tiba – Tiba

Tips Upload Video Instagram Memakai Lagu Orang

Kalau mau unggah video dengan lagu milik orang, sebaiknya di edit terlebih dahulu.

Tips untuk mengedit musiknya adalah, suara musik diubah menjadi agak berat atau agak nyaring.

Sebisa mungkin kalau di dengar oleh kita itu tidak mirip banget dengan musik aslinya.

Berikut ini tutorial videonya:

F.A.Q.

Kenapa Setiap Uploud Video Kena Hak Cipta?

Beberapa pengguna instagram pasti tak semuanya berhasil. Kadang lagu yang disediakan NCS terkena perlindungan hak cipta juga. Jadi, anda bisa memastikan pada kolom deskripsi apakah disana tertera album milik siapa.

Jika terdapat hal semacam itu maka dipastikan musik tersebut mengandung unsur tidak bebas copyright. Anda harus menggunakan lagu lain untuk mengisi backsound video anda.

Dimana Mendapatkan lagu Free License?

Free license atau lisensi gratis ini bisa digunakan untuk setiap video yang Anda miliki untuk diunggah ke instagram.

Untuk mendapatkan musik bebas linsensi, Anda bisa mendownload di NCS (NoCopyrightSoung), bensoung, benrousse, bes no copyright music, chuki beats dan FBM (Free Background Music).

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi copyright di instagram. Semoga artikel tentang bermanfaat sekian dan terima kasih.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar