Caption Instagram Tidak Muncul

Cara mengatasi caption Instagram tidak muncul dan terdapat tulisan suntingan Anda belum disimpan Instagram itu sebenarnya sangat mudah kok. Ada beberapa pertanyaan terkait masalah itu.

Kenapa tidak bisa edit keterangan dalam akun Instagram kita? Nah masalah tersebut sering saya dengar melalui curahan seseorang penikmat IG kepada saya. Pada umumnya mereka menanyakan “Apakah bisa masalah tersebut diatasi?”.

Beberapa orang ketika menambahkan caption ada sedikit masalah. Masalah tersebut timbul bebarengan dengan pesan “suntingan anda belum disimpan coba lagi”. Hal ini membuat penyuntingan caption Anda terhambat.

Bahkan parahnya lagi anda tidak dapat melanjutkan penyuntingan terhadap postingan anda tadi. Ya, kemungkinan disebabkan karena sudah terlalu sering memakai fitur sunting untuk memperbaiki sebuah postingan yang salah tadi.

Alasan Caption Tidak Muncul “Menurut Opini Saya”

Sebelum lanjut, saya akan membagikan pengalaman yang menyatakan permasalahan ketidakmunculan caption setelah diedit.

1. Terlalu Agresif

Kemungkinan terbesar karena Anda terlalu agresif dalam menyunting Caption.

Jika Anda melakukan hal tersebut, bisa jadi akun Anda telah ditandai sebagai akun yang bertindak mencurigakan.

Apakah setelah akun ditandai tersebut bisa pulih? Tentu bisa, asalkan Anda tidak keseringan melakukan hal-hal yang sifatnya agresif itu.

2. Caption Terlalu Panjang

Penyebab lainnya adalah saat Anda memakai keterangan yang terlalu panjang. Keterangan dalam tulisan Caption Instagram jangan terlalu panjang karena akan membuat tidak muncul.

3. Menggunakan Hashtag Terlarang

Anda jangan pernah sesekali menggunakan Hashtag yang terlarang di Instagram. Berikut beberapa contoh hashtag tersebut:

  1. Costumes
  2. Graffitiigers
  3. Curvygirls
  4. Happythanksgiving
  5. Bikinibody
  6. Alone
  7. Assday
  8. Elevator
  9. Hardworkpaysoff
  10. Desk
  11. Dan masih banyak lagi lainnya

Baca Juga : Cara Terbaru Buat Menambah Like Unggahan Foto Instagram

Hal-Hal Yang Harus Dihindari

Sifat agresif tersebut bisa Anda hindari dengan melihat hal-hal beriku:

  1. Pastikan Anda menggunakan kalimat sopan
  2. Pastikan gunakan tagar secukupnya
  3. Pastikan gunakan foto yang layak posting dan tidak berbau hal negatif
  4. Pastikan menggunakan huruf kapital, simbol dan angka sesuai aturan

Cara Memperbaiki Caption Instagram Tidak Mau Muncul

Adapun langkah-langkah mengatasinya seperti berikut:

1. Keluar dari Akun Tersebut

Jika kalian sudah diperingati untuk tidak melakukan aktivitas tersebut maka alangkah baiknya jika kalian tidak melanjutkan hal – hal tersebut nantinya akun Anda bisa jadi tumbal kalau masih ngeyel.

Logout merupakan jalan pintas bagi kalian yang enggak mau kena imbasnya.

Oleh karena itu mendingan menghindari masalah tersebut dengan melakukan pengeluaran akun (LOGOUT) di semua akun Instagram Anda, termasuk perangkat lain.

2. Perbarui Aplikasi ke Versi Terbaru (Last Update Version)

memperbarui instagram

Semua bug akan hilang pada saat anda melakukan pembaruan. Jadi tidak ada salahnya jika kalian ingin memperbaiki hashtag dan caption tidak muncul ini dengan cara update aplikasi ig.

Apakah hal ini akan memperbaiki semua masalah?.

Bisa iya dan bisa juga tidak.

Karena dalam proses pembaruan itu juga pasti belum memperbaiki bug yang ada.

Itu cuman prakiraan saja, kalau Anda belum bisa mengembalikan caption yang hilang akan lebih baik gunakan cara berikutnya.

Baca Juga : Cara Mengcopy Caption Instagram Milik Orang Lain

3. Lakukan Instal Ulang Terhadap Aplikasi

uninstall instagram

Terdapat error dalam setiap aplikasi adalah hal wajar bagi saya karena hampir semua aplikasi modern saat ini masih memiliki bug dan sewaktu – waktu bisa mengalami corrupt.

Untuk memperbaiki hal tersebut, lakukanlah uninstall aplikasi Instagram kemudian download lagi pada appstore atau playstore ya jangan di website yang tidak jelas asal muasalnya.

4. Membuat Akun Instagram Baru yang Masih Fresh

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa membuat ulang akun Instagram diperlukan jika mengalami masalah caption dan hashtag sulit diperbaiki .

Siapa tahu akun lama Anda yang digunakan bermasalah, melanggar hak dan ketentuan ig serta sudah terindikasi error karena melakukan hal senonoh.

5. Restart Smartphone

muat ulang hp

Melakukan restart terhadap smartphone itu ibarat kata Anda sedang melakukan istirahat sejenak dari aktivitas.

Smartphone juga sama, ia perlu di istirahatkan. Barangkali masalah tidak muncul caption itu dapat dikembalikan ke semula.

Itulah tips untuk mengatasi suntingan Instagram tidak bisa disimpan dan hilang/tidak muncul lagi.

Peraturan Penulisan Caption & Hastag Agar Bisa Disimpan

tips memperbaiki caption instagram tidak keluar

Bagi pengguna Instagram yang dikategorikan masih awam dan baru musti belum mengenal peraturan ini karena belum banyak juga yang mengerti akan hal tersebut mengingat mereka hanya menikmati fitur yang ada.

Maka dari itu, saya memberikan informasi ini karena cukup bermanfaat bagi pengguna Instagram, berikut ulasannya:

1. Karakter

Karakter dalam setiap penulisan Caption Instagram dibatasi sekitar 2200 karakter dan Anda tidak boleh melebihi kapasitas yang diberikan

2. Hashtag

Hashtag juga telah dibatasi oleh tim Instagram. Penambahan hashtag hanya boleh paling banyak 30 buah hashtag saja.

Memang membuat caption di Instagram banyak peraturannya. Walaupun begitu, kalau Anda mematuhi peraturan tersebut maka akun IG Anda tetap bisa memunculkan Caption saat penyuntingan sedang berlangsung.

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis

Ini Dikusi Mereka . . .

  1. Saya mengedit caption dengan cepat, misal menambahkan keterangan pada tiap foto produk, apakah itu salah, karena saya sudah lakukan semua hal yg anda sarankan tapi masih tidak bisa diedit lagi, muncul “suntingan anda belum disimpan, coba lagi”

    Balas
    • apakah mengedit captionnya itu secara beruntun?? bila beruntung kemungkinan anda kena pelanggaran soalnya edit caption tidak boleh beruntun harus bertahap..mungkin sehari hanya bisa edit caption ig dua hingga 4 foto saja dan dibatasi perjam antara edit caption postingan ig satu dengan yang lain

      Balas
  2. Akun saya tidak bisa mengirim like,komentar,dan membuat caption dan ada peringatan bahwa ada pelanggaran pada akun saya .padahal saya cek lagi dari list yg anda buat ,tidak ada pelanggaran yg saya lakukan terus saya sudah mencoba untuk log out dan menghapus ig saya ,dan menginstal lagi kemudian log in kembali tp tetap tidak bisa

    Balas
  3. saya mengunggah foto di instagram menggunakan hashtag. misalnya #/holiday. waktu kiriman sudah di unggah saya cek hashtag tersebut, dan kiriman saya tidak ada di daftar hashtagnya. itu kenapa ya ka?

    Balas
    • hashstag yg dipakai mungkin sudah umum dan dipergunakan oleh banyak orang, klo begitu memang rada sulit menemukan postingannya kecuali kalau postinganmu mendapatkan banyak like

      Balas
  4. Saya bisa posting tapi tidak bisa keluar caption, gmn cara nya?? Kalo di log out nanti pas log in nya saya lupa password nya gan.. gimana ya?? Mohon di bls

    Balas
    • lupa password ya? coba sekarang diganti passwordnya pakai menu di aplikasi instagram dan pastikan alamat email masih bisa login dan data login masih ingat pula

      Balas
  5. akun saya tidak bisa menyunting postingan dan postingan baru caption tidak muncul, berdampak ke facebook juga karena saya hubungkan juga dengan facebook jadi di facebook tidak dapat memposting juga keterangan notif yang muncul ketika upload di facebook katanya ada bug gitu.. kira2 gimana ya bang? sudah saya uninstall dan restart kemudian download lagi tp msh tetap saja.. apa harus nunggu 24 jam dlu yaa? mhn bntuannya bang, terima kasih

    Balas
  6. Memang sblmnya saya ngedit caption pd postingan yg sdh diupload sktr 3 kali, tp itu gamasalah trs masalahnya muncul pas saya ngedit yg hastag nya bnyk.. trs saya voba berkali2 🙁 jadi udh gabisa lagi ya?

    Balas
      • Saya kurang tahu juga spam atau bukan, tapi memang waktu itu saya ulang2, karena ngga tahu knp gabisa dipost.. tau2nya malah jadi masalah kaya gini.. ada solusi gak bang?

        Balas
        • apakah di email ada pesan pelanggaran komunitas? atau di notif ig…jika tidak ada, mungkin akun bisa dibiarkan dulu kurang lebih 1 bulan yaa..dan setiap hari selalu di cek secara berkala, bisa juga login dengan perangkat lain dan coba kembali

          Balas
  7. akun ig sy sebelumnya kena blokir ga bisa komen, like n smuanya, skrg udah bisa lagi, tapi muncul maslah baru ga bs kasih caption, tapi krn ig sy hubungkan ke FB, caption di fb muncul tidak spt di IG. nah kl gt gmn gan? apa ig skrg sensitif bangett ama online shop yah? krn ig jualan sy abis diberangus 😀 :D, bikin ig baru yg dblokirlah, ga bs bkn captionlah, tiba2 disabled lah.. hahahaha

    Balas
  8. Berapa lama itu bro ? Saya juga alami seeprti itu krna like like dan follow orang banyak huhu mna akun olshop lgi udh 200rb followers

    Balas
    • coba ditunggu dulu, nanti klo lama bisa buat akun baru lalu di akun lama buat postingan yang menyuruh follower untuk mengikuti akun baru kamu

      Balas
  9. Aku pake akun bisnis dan konten. setiap hari harus upload 1 konten.tetapi hari ini caption pada konten gak masuk.dah di coba berkali kali gak masuk.solusinya gimana?solusi di atas dah di coba semua tapi gak bisa

    Balas
  10. 1. Caption+hastag gag muncul, mungkin lebih dari 2200karakter/30 hastag.
    2.sebelum saya baca article ini, saya hapus feed tanpa saya arsipkan, g muncul, hapus lagi, 3x dalam 1hari, (maksutsaya ya cuma sehari itu, sebelum/sesudae gag pernah)

    Yang saya pahami dari article ini kan resiko jadi spam karena edit caption beruntun 2/4x sehari….

    PertayaAn : PAS HARI ITU SAYA KAN HAPUS FEED DAN UPLOD BARU BUKAN EDIT YANG SUDAH ADA, TAPI KOK CAPTION+HASTAG GAG MUNCUL ?

    Terimakasih, mohon di respon, salam KEDIRI JATIM

    Balas
    • pada hari berikutnya masih tidak muncul kak? bisa jadi karena fotonya sama loh kak, coba di crop dulu ukuran fotonya barangkali bisa jadi solusi

      Balas
  11. Caption pada postingan saya tetep tidak muncul padahal saya udah lakuin semua yang ada di artikel ini, saya udah beberapa kali upload tapi tetep ga muncul lalu saya hapus lagi. Yang saya upload ini merupakan paid promote, teman-teman saya yang lainnya bisa upload dg caption sedangkan saya tidak. Gimana dong kak solusinya? Mohon direspon

    Balas
  12. kak punya aku kek gini nah aku kan posting foto/video trus itu udh tulis sama captionny pas aku upload captionny gk ada kak:( itu gmn yh kakudh 2 hri kak aku coba trus gk bisa:( pliss jwb yh:)

    Balas
  13. Kak, mau tanya instagram saya tiba2 ga bisa add caption dan comments
    Upload gambar bisa

    Sudah.restart HP, log.in pake HP lain masih ga bisa.
    Padahal saya hari ini tidak posting berulang

    Balas

Yuk Diskusikan di Komentar