Ampuh! 4 Cara Mengatasi Remote AC Electrolux Tidak Berfungsi

Gusti Apriansyah

Cara Mengatasi Remote Ac Electrolux Tidak Berfungsi

Pada umumnya kamu dapat mengkonfigurasi AC secara mudah dengan menggunakan remote. Karena tanpa bantuan remote kita akan kesulitan untuk mengatur AC yang digunakan, termasuk AC Electrolux.

Selain remote, sebenarnya kamu bisa mengkonfigurasi AC dengan bantuan HP yang sudah memiliki fitur IR Blaster. Tapi kalau belum memiliki fitur tersebut, maka kamu tidak dapat mengkonfigurasinya.

Lalu bagaimana kalau remote AC Electrolux kita tidak berfungsi? Satu-satunya cara adalah dengan memperbaikinya supaya kamu mudah mengkonfigurasi AC kembali.

Nah, di sini kami akan menjelaskan alasan dan cara mengatasi AC Electrolux yang tidak berfungsi.

Alasan Remote AC Electrolux Tidak Berfungsi

Jenis Jenis Tombol Remote Ac Electrolux

Remote AC Electrolux tiba-tiba tidak berfungsi bisa saja terjadi. Penyebabnya sendiri beragam, bisa dari baterai habis, salah konfigurasi hingga terjadi kerusakan.

Supaya lebih jelas, kamu bisa lihat beberapa alasan remote AC Electrolux tidak berfungsi di bawah ini:

1. Baterai Remote Sudah Habis

Alasan yang paling sering terjadi pertama adalah karena baterai remote AC Electrolux sudah habis. Kita juga lupa mengganti baterai tersebut, sehingga membuat remote AC Electrolux jadi tidak berfungsi.

Solusinya, kamu hanya perlu mengganti baterai remote AC Electrolux tersebut dengan yang baru. Nantinya remote AC Electrolux kamu dapat digunakan lagi.

2. Infrared Remote Sudah Rusak

Kemudian bisa juga disebabkan karena ada kerusakan di infrared remote. Sehingga fungsi tombol yang ada pada remote tidak sampai ke unit AC Electrolux.

Bila kamu ingin memastikannya, maka bisa coba pegang remote AC Electrolux dan buka kamera HP. Lalu arahkan kamera HP ke lampu infrared remote AC Electrolux.

Setelah itu, pencet salah satu tombol. Jika lampu infrared tidak menyala di kamera HP saat ditekan tombolnya, maka bisa dipastikan telah rusak. Tapi jika masih menyala, tandanya infrared remote AC Electrolux kamu tidak bermasalah.

Baca Juga: Cara Mengatasi AC Electrolux Tidak Dingin

3. Kerusakan pada Sensor AC Electrolux

Alasanya selanjutnya bisa jadi disebabkan sensor AC Electrolux kamu yang rusak, bukan remotenya. Dimana sensor AC Electrolux tersebut tidak dapat menangkap sinyal infrared dari remote tersebut.

Penyebab kerusakannya cukup beragam. Misalnya seperti terkena air, unit AC Electrolux sudah tua atau kendur. Tapi untuk memastikannya, kamu bisa coba bersihkan area sensor AC Electrolux lebih dulu.

Karena kalau terlalu kotor, biasanya sensor AC Electrolux juga tidak bisa mendapatkan sinyal infrared dari remote tersebut.

4. Kerusakan pada PCB Modul

Selanjutnya bisa disebabkan karena PCB modul AC Electrolux kamu ada kerusakan. PCB modul ini berfungsi untuk menangkap sinyal dari remote supaya fungsinya berjalan di AC Electrolux.

Apabila PCB modul mengalami kerusakan, maka fitur-fitur remote AC Electrolux tidak bisa digunakan. Nah, untuk mengetahuinya kamu dapat mencoba membeli remote AC Universal.

Misalnya pada remote AC Universal juga tidak berfungsi, berarti PCB modul AC Electrolux kamu telah mengalami kerusakan. Tapi kalau pakai remote AC universal berfungsi, tandanya remote AC Electrolux kamu yang rusak.

Baca Juga: Cara Mematikan Timer AC Electrolux

5. Jarak Remote dengan AC Terlalu Jauh

Mungkin remote AC Electrolux kamu tidak berfungsi karena jaraknya terlalu jauh. Kamu dapat menekan tombol remote AC Electrolux dengan jarak yang lebih dekat.

Karena kalau terlalu jauh, biasanya AC tidak bisa menangkap fungsi remote dari tombol yang kamu tekan.

6. Sebagian Part Hilang

Kemudian bisa juga disebabkan karena ada part remote AC Electrolux kamu yang hilang. Contohnya yang sering hilang itu seperti infrared dan tombol remote AC tersebut.

Apabila benar hilang, kamu bisa coba cari part tersebut dan harus dipasangkan kembali. Karena remote AC Electrolux umumnya tidak akan berfungsi jika part tidak lengkap.

7. Tombol Remote Terkunci Sementara

Remote AC Electrolux memiliki fitur lock. Fitur ini berfungsi untuk mengunci konfigurasi yang pas. Sehingga apabila ada yang menekan tombol AC Electrolux kamu, maka fiturnya jadi tidak berfungsi.

Lalu kalau kamu ingin memakai fiturnya lagi, maka fungsi dari lock ini harus dinonaktifkan lebih dulu.

Cara Mengatasi Remote AC Electrolux Tidak Berfungsi

Di atas kami telah menjelaskan beberapa alasan yang membuat AC Electrolux tidak berfungsi. Jadi penyebab-penyebabnya sendiri ada banyak ya.

Mulai dari karena hanya baterai habis, salah konfigurasi hingga terjadi kerusakan pada remote atau unit AC Electrolux sendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasi remote AC Electrolux tidak berfungsi? Berikut beberapa caranya:

1. Ganti Baterai Remote

Jika baterainya habis, maka kamu hanya perlu menggantinya saja dengan yang baru. Pastikan tidak ada kerusakan juga pada part baterai ya.

Setelah baterai baru terpasang, maka remote AC Electrolux kamu dapat berfungsi kembali.

2. Buka Kunci Remote AC

Lalu misalnya terkunci, maka kamu harus membuka fitur lock lebih dulu. Karena jika belum dibuka, maka kamu tidak akan bisa menggunakan remote AC Electrolux tersebut.

Berikut cara buka kunci remote AC Electrolux:

  1. Pastikan AC Electrolux kamu sudah menyala.
  2. Kemudian siapkan remote AC Electrolux, lalu tekan tombol Mode dan Fan secara bersamaan secara bersamaan.
  3. Pastikan ikon Kunci pada layar remote AC Electrolux menghilang.
  4. Selesai.

3. Dekatkan Remote dengan AC Electrolux

Sebelum memastikan remote AC Electrolux kamu rusak. Maka kamu bisa mendekatkan menekan tombol dari remote AC Electrolux lebih dekat dengan unit.

Karena kalau terlalu jauh, biasanya sensor AC Electrolux tidak bisa menangkan fungsi dari remote tersebut.

4. Ganti Remote AC Electrolux

Lalu jika ternyata ada kerusakan pada remote AC Electrolux, maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Kamu dapat menggantinya dengan membeli remote AC Electrolux original atau universal.

Tapi jika kamu menggunakan HP yang telah memiliki fitur IR Blaster, sebaiknya manfaatkan smartphone tersebut saja untuk menjadi remote AC Electrolux. Caranya kamu hanya perlu memasang aplikasi MI Remote di HP tersebut.

Singkatnya sih penyebab remote AC Electrolux tidak berfungsi ini berbagai macam ya. Mulai dari karena kehabisan baterai, salah konfigurasi, ada part hilang, terlalu jauh memakai remote dan ada kerusakan.

Tapi sebelum memutuskan remote AC Electrolux kamu rusak, sebaiknya coba beberapa cara yang telah kami berikan di atas. Siapa tahu remote AC Electrolux kamu masih berfungsi.

Selamat mencoba!

Gusti Apriansyah

Orang Depok yang suka menulis Teknologi

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.