Kategori Editing

Perbedaan MKV dan MP4

Ada banyak sekali format file video yang tersedia saat ini, namun file dengan format MKV dan MP4 merupakan yang paling populer.

Alasan kedua format tersebut populer lantaran format tersebut mempunyai tingkat kompresi yang baik dan hampir seluruh aplikasi edit video menyematkan jenis format MP4 dan MKV.

Sementara itu kamu bisa menjumpai berbagai jenis video, baik itu film dengan durasi yang panjang ataupun sekedar video dengan durasi pendek (Anime, Kartun dan lain – lain) yang menggunakan format file ini.

Lalu apa sebenarnya perbedaan dari MKV dan MP4? Untuk menjawab pertanyaan ini, TheLastSurvivors telah menyiapkan pembahasannya di bawah ini:

  1. Pengenalan Format MP4
  2. Pengenalan Format MKV
  3. Perbedaan Format MKV dan MP4
  4. Keuntungan Format Video MKV
  5. Keuntungan Format Video MP4

Mengenal Format MP4

MP4 merupakan singkatan dari MPEG-4 Part 14 yang merupakan sebuah format file berisi video, audio, gambar, subtitles, dan sebagainya. Format file video ini dirilis pada tahun 2003 oleh Moving Picture Experts Group.

Digadang – gadang MP4 memiliki cukup banyak dukungan platform, mulai dari PC Windows, Mac, HP, hingga situs streaming. Hal ini bisa terjadi karena MP4 sudah didukung oleh banyak sekali Codec dan platform pemutar video.

Jadi tidak heran jika MP4 menjadi format file video yang paling banyak diketahui hingga saat ini.

Tidak hanya itu saja, file MP4 juga mendukung kompresi tingkat tinggi untuk menurunkan ukuran file tanpa harus kehilangan kualitas gambar dan suaranya

Mengenal Format MKV

MKV adalah format file video yang dikembangkan oleh Matroska.org pada tahun 2002, menariknya ada satu nama besar yang turut serta mengembangkan format ini. Yaitu Steve Lhomme yang saat ini menjadi Developer dari Google.

MKV merupakan format file dengan tipe Open Source, yang artinya ini bisa digunakan secara gratis oleh siapapun.

Selain itu, karena formatnya adalah Open Source, file ini tidak membutuhkan lisensi apapun untuk menjalankan atau memodifikasinya.

Perbedaan Utama Format MKV dan MP4

Mkv vs Mp4

Setelah kamu mengetahui apa itu file MKV dan MP4, kini saatnya untuk mencari perbedaan dari kedua jenis format video tersebut.

Berikut ini telah kami siapkan tiga poin perbedaan utama yang terdapat pada format MKV dan MP4. Namun sebelumnya, simak terlebih dahulu tabel perbedaan dasarnya.

PerbedaanMKVMP4
DeskripsiFormat file video yang mampu menyimpan gambar, audio, hingga subtitle dalam satu file. Didukung hampir semua jenis codec.Format video yang didukung oleh Codec H. 264 dan beragam jenis lain.
PenggunaanBiasa digunakan untuk kebutuhan film.Digunakan untuk beragam file video.
PerangkatDirekomendasikan untuk digunakan pada perangkat PC.Direkomendasikan untuk perangkat smartphone.

Selain perbandingannya ada pada tabel, kami juga menyematkan perbandingan lain seperti berikut ini:

1. Kualitas

Untuk mengawali perbandingan dan perbedaan utama dari MKV dan MP4, kami akan mengajukan pertanyaan, mana yang memiliki kualitas lebih baik?

Meskipun file MKV pada umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dari MP4, tapi bukan berarti kualitasnya juga lebih baik.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki sebuah file video dengan kualitas gambar dan audio yang sama dan menggunakan encode yang sama, selain itu pengaturannya juga sama, maka kualitas video dan audio yang dihasilkan juga akan sama persis.

Jadi kesimpulannya tidak ada perbedaan secara signifikan dari segi kualitas video yang dihasilkan.

2. Ukuran

Apabila kamu membaca semua tulisan ini dengan benar, pasti kamu sudah mengetahui perbedaan ukuran antara MP4 dan MKV.

Ya, seperti yang sudah kami singgung di poin nomor 1, dengan file video yang sama, MKV memiliki ukuran file yang lebih besar ketimbang MP4. Jadi jelas MP4 adalah pemenang ukuran file paling kecil.

Meskipun sebenarnya kamu bisa mengkompres file MKV agar ukurannya lebih kecil, namun kualitasnya pasti akan menurun.

3. Kompatibilitas

Selain dari segi ukuran dan kualitas, kompatibilitas juga merupakan satu aspek penting yang harus kamu perhatikan. Kamu tentu menginginkan file yang bisa bekerja di segala perangkat bukan?

Nah, dari segi kompatibilitas MP4 lebih unggul dibanding MKV. File MP4 nyatanya mampu berjalan di semua jenis komputer, HP, DVD player, hingga layanan streaming seperti YouTube.

Meski demikian, kamu masih bisa memutar file video dengan format MKV di perangkat HP atau laptop dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang mendukung format tersebut. Salah satunya adalah VLC.

Apakah kamu sudah membandingkan untuk mempertimbangkan mau menggunakan format video mana, MKV atau MP4? Jika masih bingung, berikut kami berikan kelebihan dari masing – masing format video tersebut.

Kelebihan Format Video MKV

Kelebihan Format Video MKV

Jika pilihan kamu jatuh pada format MKV, berikut ini beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan format jenis ini:

  1. Format Open Source yang bisa digunakan secara gratis oleh siapapun
  2. Tidak memerlukan lisensi apapun
  3. Banyak didukung oleh aplikasi pemutar video gratis
  4. Mendukung hampir semua jenis Codec. Pada kasus tertentu, kamu harus memasang codec dari pihak ketiga
  5. Mendukung beragam fitur menarik yang lebih baik dari MP4
  6. Mampu menyimpan dan membaca beberapa file subtitle di dalam video
  7. Mendukung metadata, menu, dan Chapters
  8. Bisa memutar file yang sudah rusak sekalipun

Kelebihan Format Video MP4

Kelebihan Format Video MP4

Sedangkan untuk kamu yang lebih memilih menggunakan format MP4, berikut beberapa kelebihan yang hanya bisa kamu dapatkan dari format file ini:

  1. Memiliki dukungan perangkat yang sangat luas
  2. Memiliki dukungan pada browser dan media streaming video online
  3. Kualitas video tinggi dengan ukuran yang relatif lebih kecil dari MKV
  4. Mendukung hampir semua Codec
  5. Format ini didukung oleh asosiasi industri resmi dan dijadikan sebagai standar ISO
  6. Bisa dengan mudah ditemukan dan dikirim dari satu perangkat ke perangkat lain
  7. Banyak aplikasi pemutar yang mendukung format MP4

Sementara itu, jika kamu ingin menggunakan format MP4 sedangkan kamu punya video berformat MKV maka solusinya yaitu diubah formatnya.

Kebetulan perubahan format video tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui cara mengubah format video secara offline maupun online.

Demikian pembahasan lengkap mengenai perbedaan MKV dan MP4. Jadi format file video mana yang akan kamu pilih?

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis

Adobe Premiere Berat

Cara Mengatasi Adobe Premiere Pro Lag

Mengenai masalah adobe premiere pro, Saat editing video lambat? Berikut cara mengatasi premiere berat dan bisa digunakan tidak patah – patah lagi.

Cara Mengganti Background Foto

Cara Mengganti Background Foto

Cara otomatis latar belakang foto berubah warna menjadi merah atau biru hanya dengan dua langkah (aplikasi dan tool online).

Yuk Diskusikan di Komentar