Kategori Grafis

Perbedaan JPG, JPEG, dan JPEG 2000 pada Format Gambar

Saat dihadapkan dengan sebuah file gambar, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan format file gambar JPG dan JPEG. Namun format file JPG lebih populer dan banyak digunakan ketimbang format JPEG.

Bahkan, banyak juga orang yang menganggap dan menyebut bahwa kedua format tersebut sama. Namun sebenarnya, ada beberapa perbedaan yang terdapat dalam kedua jenis ekstensi gambar dan belum banyak diketahui oleh khalayak ramai.

Lalu apa perbedaan dari file JPG dan JPEG? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Perbedaan Paling Utama JPG dan JPEG

Perbedaan JPG dan JPEG

Singkatnya, format JPG merupakan versi pendek atau versi sederhana dari file gambar dengan ekstensi JPEG.

Namun agar kamu lebih paham, berikut ini telah kami sajikan sebuah tabel berisi perbedaan dan perbandingan dari JPG vs JPEG.

Parameter PerbandinganJPGJPEG
Ukuran FileLebih kecil ketimbang JPEGLebih besar dari file JPG
Kualitas FileKualitas gambar cukup bagus tergantung dengan ukuran fileKejernihan, detail, dan kualitas gambar tergolong sangat tinggi dengan ukuran file yang besar
Huruf PemformatanTerdiri dari tiga huruf yang menjadikannya lebih mudah untuk diingatTerdiri dari 4 huruf yang tergolong sulit untuk dieja
AkronimJPG merupakan singkatan dari Joint Photographic Experts GroupJPEG merupakan nama lengkap dari sebuah perusahaan yang menciptakan ekstensi ini, yaitu Joint Photographic Experts Group
Aplikasi Editor yang Dapat DigunakanSemua versi program editing gambar bisa membaca dan menyimpan file JPGHanya program-program versi terbaru dan profesional yang bisa membaca dan menyimpan file dalam bentuk JPEG
Sistem Operasi yang MendukungSemua sistem operasi mendukung format file JPGBeberapa sistem operasi belum bisa secara maksimal mendukung file JPEG
Mana yang Lebih Populer?JPG lebih populer dibanding JPEGKurang populer di kalangan masyarakat luas

Setelah kamu mengetahui semua perbandingan tentang format file JPG dan JPEG melalui tabel di atas, tentu saat ini kamu sudah paham perbedaan kedua jenis file tersebut.

Tapi apakah kamu pernah mengetahui tentang format JPEG 2000? Baik kamu sudah pernah mendengarnya atau belum, pada poin berikutnya kami akan membahas mengenai perbedaan file JPG dan JPEG 2000.

Buat kamu yang penasaran silahkan simak poin di bawah ini.

Perbedaan JPG dan JPEG 2000

Perbedaan JPG dan JPEG 2000

JPEG merupakan sebuah standar baru dari format file JPEG pada tahun 2000. JPEG 2000 atau yang dikenal dengan JP2 merupakan sebuah standar kompresi gambar, yang mana gambar bitmap dibuat dengan menggunakan JPEG 2000 Core Coding.

Nah, meskipun antara JPG, JPEG, dan JPEG 2000 diciptakan oleh satu perusahaan yang sama namun semuanya memiliki algoritma yang berbeda.

Karena JPEG 2000 tergolong masih baru, maka ia hadir dengan format yang lebih canggih dan lebih baik. Hal ini terbukti dengan JPEG 2000 yang mampu menawarkan kompresi lossy dan lossless dimana pada JPG dan JPEG hanya mampu melakukan kompresi lossy saja.

Jadi dengan begitu, JPEG 2000 memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi dibanding format JPEG. Selain itu, masih terdapat juga beberapa perbedaan lain seperti:

  • JPEG hanya terbatas pada data RGB, sedangkan JPEG 2000 bisa menangani 256 saluran informasi.
  • JPEG 2000 menawarkan rasio kompresi yang lebih tinggi dari 20 hingga 200% lebih baik dibanding JPEG.
  • JPEG 2000 juga mampu menampilkan gambar pada resolusi dan ukuran yang berbeda dari satu file yang sama.

Demikian pembahasan lengkap mengenai perbedaan JPG dan JPEG yang belum kamu ketahui sebelumnya. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu ya!

Yuk Diskusikan di Komentar