Panduan 5 Cara Mengatasi Growtopia Tidak Bisa Masuk

Gusti Apriansyah

Cara Mengatasi Growtopia Tidak Bisa Masuk

Growtopia masih menjadi salah satu game sandbox terbaik hingga saat ini. Hal ini dikarenakan banyaknya fitur di dalam game Growtopia.

Mulai dari berteman, membangun dunia sendiri hingga dapat jual beli item dengan pemain lain. Namun sama seperti game lain, Growtopia juga bisa mengalami masalah.

Salah satunya seperti tidak bisa masuk ke dalam game Growtopia tersebut. Kira-kira apa penyebab dan solusi untuk mengatasi Growtopia tidak bisa masuk ya? Jawabannya sudah kami sediakan di artikel ini.

Kenapa Growtopia Tidak Bisa Masuk?

Dari pengalaman kami, ada beberapa faktor yang membuat kamu tidak bisa masuk ke dalam game Growtopia.

Berikut beberapa penyebabnya:

  • Cache game yang menumpuk
  • Masalah koneksi internet
  • IP kamu diblokir oleh server Growtopia
  • Game sedang maintenance
  • Terdapat bug pada game atau sistem perangkat kamu
  • Akun Growtopia kamu di banned atau ditangguhkan beberapa waktu

Sedikit info saja, Growtopia memiliki sistem yang cukup ketat. Dimana bila sistem mendeteksi ada pemakaian cheat oleh salah satu pemainnya, biasanya akun tersebut akan langsung ditangguhkan.

Maka dari itu, sebaiknya main secara murni saja. Apalagi di game ini kamu bisa jual beli secara langsung dengan pemain lain.

Cara Mengatasi Growtopia Tidak Bisa Masuk

Setelah tahu beberapa penyebab yang membuat Growtopia tidak bisa masuk, selanjutnya kami akan menjelaskan solusi-solusinya.

Langsung saja, ini dia beberapa cara untuk mengatasi Growtopia tidak bisa masuk ke dalam game:

1. Hapus Cache

Langkah pertama yang kami sarankan adalah untuk coba menghapus cache dari game Growtopia tersebut. Karena kalau cache penuh, biasanya bisa membuat game menjadi error ketika dibuka.

Cara hapus cache Growtopia sama seperti pada umumnya kok. Tapi kalau kamu belum tahu, bisa lihat caranya di bawah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan di HP kamu.

Langkah 2: Pilih menu Aplikasi.

Pilih Menu Aplikasi

Langkah 3: Cari dan pilih game Growtopia.

Pilih Growtopia

Langkah 4: Ketuk menu Penyimpanan.

Buka Menu Penyimpanan Growtopia

Langkah 5: Pilih Hapus Data untuk membersihkan cache game Growtopia di HP kamu.

Pilih Menu Hapus Data Growtopia

2. Pastikan Koneksi Stabil

Cek Kecepatan Internet Kamu

Koneksi yang tiba-tiba tidak stabil juga menjadi salah satu penyebab yang sering dialami beberapa pemain. Oleh karena itu, kamu bisa pastikan terlebih dulu kalau koneksi kamu tidak bermasalah.

Biasanya kalau kami sih mengecek lebih dulu kecepatannya. Bila kecepatannya sedang tidak stabil, kamu bisa beralih ke provider atau mengganti dengan menggunakan WiFi.

3. Gunakan VPN

Gunakan Bantuan VPN untuk Growtopia

Salah satu cara sistem Growtopia menghilangkan pemain curang ialah dengan memblokir IP mereka. Nah, bila sebelumnya IP kamu terblokir bisa diatasi dengan menggunakan VPN.

Dimana nantinya akan diganti dengan IP luar negeri. Lalu kalau untuk aplikasinya sih bebas, tapi kami sarankan menggunakan SuperVPN atau TurboVPN.

Cara ini juga berlaku bagi kamu pemain baru di game Growtopia ya.

Baca Juga: Cara Membuat Nama Kosong di BUSSID

4. Pastikan Server Tidak Maintenance

Pastikan Server Growtopia Tidak Maintenance

Sama seperti game lain, apabila server-nya maintenance bisa membuat kita tidak masuk. Solusinya kamu hanya perlu menunggu sampai Growtopia sudah tidak maintenance lagi.

Nah, untuk mengetahui maintenance atau tidaknya kamu bisa cek di situs downdetector. Apabila sedang maintenance, biasanya grafik yang muncul akan meningkat.

5. Muat Ulang Perangkat

Muat Ulang Hp Kamu

Tips terakhir dari kami ialah memuat ulang perangkat kamu. Karena bisa jadi terdapat sistem yang bermasalah di HP kamu yang membuat beberapa game atau aplikasi tidak dapat terbuka.

Setelah HP kamu dimuat ulang, bisa langsung buka Growtopia kembali. Umumnya kalau cuma karena bug sistem, biasanya aplikasi atau game yang sebelumnya bermasalah akan berjalan normal lagi.

Beberapa solusi di atas telah kami coba sendiri dan ampuh untuk mengatasi Growtopia yang tidak bisa terbuka. Bila ada kendala atau kamu punya pertanyaan, jangan sungkan untuk mengirimnya lewat komentar.

Selamat mencoba!

Gusti Apriansyah

Orang Depok yang suka menulis Teknologi

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.