Kategori WhatsApp

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Kode Verifikasi

Cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim kode verifikasi ini cukup mudah, lakukan langkah khusus ini maka kamu akan mendapatkan kode verifikasi wa ke nomor hp.

Kenapa hal tersebut terjadi? Apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki masalah ini? Bagaimana cara login whatsapp tanpa kirim kode validasi?

Sejatinya whatsapp adalah aplikasi chatting yang sering kita gunakan dalam melakukan obrolan ke sesama kerabat kerja, teman serta sanak saudara yang tinggal jauh diluar pulau.

Untuk pengguna baru, wajib hukumnya untuk mendaftar agar bisa menggunakan whatsapp. Namun saat pendaftaran, ada satu masalah yakni whatsapp gagal verifikasi nomor melalui sms.

Kegagalan inilah yang sering kita dibuat jengkel pengguna WA baru. Apabila kamu tidak melakukan langkah pemeriksaan kode 6 digit maka akan terjadi tidak bisa login di whatsapp.

  1. Alasan Kode Verifikasi WA Tidak Muncul
  2. Solusi WA Tidak Kirim Kode Verifikasi

Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul?

tidak bisa masuk whatsapp karena verifikasi

Biasanya, kode verifikasi wa lama ini diakibatkan oleh jaringan internet yang telat merespon.

Tapi, tidak serta merta kesalahan jaringan. Bisa aja aplikasi whatsapp sedang terjadi error.

Agar tidak gagal masuk whatsapp, ikuti panduan mendapatkan kode verifikasi whatsapp berikut ini

Baca Juga : Cara Ampuh Menangani Masalah Chrome Terhenti

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Kirim Kode Verifikasi

Solusi verifikasi whatsapp gagal terus akan saya bantu melalui artikel ini. Terkadang kamu lupa memasukan kode verifikasi bisa jadi keliru satu angka atau kurang beberapa angka yang lupa kamu masukkan ke kolom 6 digit.

  • Langkah pertama, pastikan bahwa aplikasi whatsapp support dengan versi android kamu. Kadang – kadang apk WA tidak kompatibel dengan android kalian karena semakin kesini versi aplikasi akan semakin tinggi. Agar bisa mengetahui kompatibel atau tidak, kamu bisa mengecek pada bagian deskripsi whatsapp.
Minimum Requirements
  • Langkah kedua, lakukan penginstalan ulang/ reinstal aplikasi WhatsApp supaya kamu tidak akan lagi menemukan bug dan crash. Buka Pengaturan -> Manajemen Aplikasi -> WhatsApp -> Uninstall/Bongkar -> Selesai.
Reinstall WhatsApp
  • Langkah ketiga, periksa ulang apakah nomor yang kamu gunakan untuk validasi akun WA sudah benar lalu pastikan tidak ada yang kurang digit angkanya.
  • Langkah keempat, perhatikan kode negara yang kamu pakai sekarang, sejatinya untuk code nomor negara kita (indonesia) adalah (+62).
kode negara indonesia
  • Langkah kelima, Pastikan kamu menggunakan 3G only supaya bisa digunakan buat menerima SMS.
  • Langkah Keenam, Pastikan jaringan yang kamu gunakan stabil dan tidak ada kendala dengan transmisi data internet (jangan sampai lag – lag gitu).

Baca Juga : WA Kaga Bisa Putar Video? Begini Cara Memulihkannya

Masih Kesulitan Melewati Verifikasi No HP di WhatsApp?

kode verifikasi wa

Namun apabila masih saja tidak muncul, beberapa kemungkinan besar ialah layanan sms pada smartphone kamu mampu bekerja dengan baik.

Beberapa kasus yang saya temui smartphone tidak bisa menerima sms mungkin ada kendala hp tidak bisa menerima sms maupun jaringan dari operator kamu sedang dalam masa perbaikan.

  • Manfaatkan fitur telepon untuk verify. Dengan menggunakan mode panaggilan ini kamu bisa menerima code yang nantinya kamu tuliskan ke kolon aktivasi whatsapp.
  • Cek aplikasi panggilan dan sms kamu nonaktifkan/tidak . Jangan gunakan fitur tersebur, soalnya kalau kamu menggunakan fitur tersebut akan dapat mengganggu proses pengirimkan kode WA ke nomor hp.

FAQ

Kenapa Saya Terhambat Memasukkan 6 Digit Kode?

Pastikan notifikasi pesan hp kamu aktif, pada hp tertentu ada yang tidak bisa menerima pesan karena notifnya tidak aktif. Solusinya yaitu, coba restart hp, kalau sudah kamu akan mendapatkan kode tersebut dan kamu dapat melewatinya dengan mudah.

Ternyata cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim kode verifikasi karena terkendala pesan SMS tidak muncul itu sangat mudah ya. Selepas ini kamu akan bisa melewati langkah Login di WA itu kok.

Ini Dikusi Mereka . . .

  1. kode verifikasi di whsatapp harus tunggu beberapa jam kenapa? ..tolong bantuan untuk Maslah ini agar bisa cepat di perbaiki

    Balas
    • jika lebih dari 30 menit belum dikirm, mungkin anda bisa merestart, atau mengubah jaringan ke 3G dulu bila belum bisa silakan setting APN sesuai defaultnya

      Balas
  2. Kode verifikasi saya belum muncul padahal sudah copotwa jaringan 4g dan nomer dengan tetapi tetap tidak bisa bagaiman cara mengatasinya

    Balas
  3. Saya punya akun wa di hp 1 terus saya login lagi ke hp satunya. Jadi wa saya masuk ke 2 hp. Tapi di hp yg pertama ada pemberitahuan entah apa itu ada tulisan “verifikasi” dan “oke” lalu saya klik verifikasi. Krna takut ada apa2 jdi akun di hp kedua sudah saya logout. Lalu di hp yg pertama sudah ada tampilan verifikasi tapi tulisannya “tidak dapat mengirim SMS dengan kode anda karena anda baru mencoba mendaftarkan baru-baru ini” gimana ya gan tolong bantu

    Balas
    • coba ditunggu bbrp hari kedepan dulu kak, dan pastikan semua akun whatsapp logout di semua perangkat

      Balas
  4. Mengapa sampai sekarang saya belum menerima kode WhatsApp padahal nomor saya tidak diblokir dan saya sudah mengunggu Berjam jam

    Balas
  5. Kak mau tanya kode nya sy sdh terima tetapi setelah sy masukkan yg ke vertifikasi dua lagkah knp sy harus menunggu selama 1 jam padahal sy sdh tunggu 1 jam tapi ketika sy masukkan kode nya kembali mlh tdk berfungi kak boleh dibantu ya soal nya sangat penting wa karna sy harus belajar tolong bantuannya kak

    Balas
  6. jaringan saya sudah 3g tp kok susah bgt yha dpt verifikasi kode nya mlh suruh nunggu 7 jam saya coba panggil mlh hrus menunggu 3 jam

    Balas
  7. Kalau sering-sering minta kode verifikasi apakah tidak bisa login lagi kak? Dan gimana cara mengatasinya? Mohon bantuannya kak

    Balas
  8. Data Aplikasi Whatsapp saya terhapus di pengaturan. Ketika saya buka WhatsApp malah lama dan minta kode verifikasi. Sy uninstall WA sya lalu sya install lagi. Tapi tetap minta kode verifikasi dan malah ada pemberitahuan anda menginstall Wa dgn nmor yg sama berulang kali hingga di suruh nunggu bbrp 12 jam. Sy tggu 12jam lalu sy pilih obsi kirim via sms malah di suruh tunggu 24jam lagi hingga 48jam dgn alasan install WA berulang kali dgn nmor yg sama.
    Hingga skrg sya biarin Aja WA ga sya uninstall lagi.. tp msh menunggu bbrp jam lagi tepat nya jam 1.35 nanti.
    Jika sya buka Wa pagi jam 07.00 apakah itu akan di suruh lagi tunggu beberapa jam???

    Balas
  9. Sudah nunggu lama biar bisa minta kode verifikasi tapi tetep ga bisa… malah ada notif terlalu sering menduga/mengira solusinya gimana ya kak

    Balas
  10. Apakah kode Verifikasi WA memakai “panggil saya” itu panggilan yang muncul dari California ya kk? Karena saya dapat no kode verifikasinya dari no yang tertulis California gitu. Jadi saya takut memakai kode verifikasinya.

    Balas
  11. Gini lho gan… Kemarin ane reset Hp dan sekaligus hapus akun whatsapp.
    Itu sudah tradisi ane setiap kali reset pasti sekaligus dengan hapus akun whatsappnya, bukan hapus data whatsapp tapi opsi hapus akun whatsapp. Bertahun lamanya reset halus akun dan daftarin lagi tidak pernah terjadi apa apa.

    Baru kemarin tgl senin 13 Desember 2021 setelah di reset hp, ane instal lagi segala aplikasi termasuk aplikasi whatsapp, pas ane daftarin lagi nomor tadi ke whatsapp malah gak datang SMS kode verifukasinya hingga di ulang ulang yang akhirnya harus nunggu 7 jam lagi,
    Telepon saya harus nunggu 2 jam pula.

    Karna kesel, saya reset lagi Hp. Pas habis reset malah datang dua kali SMS.

    Terpaksa ane nunggu lagi sampai besok, dan Alhamdulullah bisa.

    Ini kalau misal ane reset dan hapus akun whatsapp lagi lalu di daftarin lagi masih terkunci oleh Jam gak ya.
    Ya mau di reset lah kalau udah 2 bluan kemudian, apa masih akan ada ya muncul nunggu Jam Jam gitu ya.

    Balas
  12. Gini lho kak….. saya punya wa hampir mau masuk tiga minggu tetapi kak kode untuk masuk di kode enam digit ko blm krim krim knp ya kan? dan saya sudah coba berkali kali tetapi mohon tunggudalam 48 jam padahal saya sudah masuk saya punya nomor hp tetapi blm ada sms untuk menerima kode verifikasi dan sampe sekarang saya punya wa blm jadi jadi dan sekarang dia punya menerima sms sudah tdk muncul lagi di wa hanya yg muncul panggil saya tetapi pas saya tekan panggil saya aneh nya cba lagi dalam 1 jam dan pas saya tunggu satu jam pun blm jadi jadi.
    kak bantuin kak soalnya ini wa kami ad perlu penting kak soalnya takut ibu dan bapak guru krim materi dan tugas kak ,
    plus kak bantuin

    Balas
  13. kenapa akun nomer saya sering di blokir oleh pihak whatsap padahal saya tidak melanggar praturan whatsap tolong kasih solusi nya
    nomer ada tidak lagi terdaftar di whatsap karena anda telah mendaftarkan pada telpon lain, nah padahal saya tidak mendaftar kan pada telpon lain,
    trimakasih

    Balas
  14. Agan tlong bantu
    Sy krna Otp sms tgu smpe 2 hr, sy coba yg otp call knp stiap sudh jam ny selesai, sy klik call selalu disuruh tunggu lg y? Keteranganny ” We couldnt call your number. Please check your number and try again in 1 hour. Tp stiap udh 1 jam sy klik call me, begitu lagi gan

    Balas
  15. minta solusinya kak klw akun terlalu sering minta code vervikasi agar bisa kembali seperti biasa jadi overload
    jadi susah dapat code vrevikasi

    Balas
  16. Kak kode Verifikasi nggak muncul juga udah 4 hari udah pasang bongkar aplikasi WA nya, lewat panggil ulang SMS gak bisa juga sama panggil saya masih gak bisa juga malah no anda tidak bisa di hubungi tolong bantuan nya kak gimana yah ..??

    Balas
  17. Saya tidak bsa menerima kode verifikasi bilangnya kami tidak bisa menghubungi nomer anda padahal jaringan enank nomer aktif dan bisa di telfon juga di sms
    Ini gimana ya

    Balas
  18. Wa saya bbrapa bln ini sering keblokir,gantu akun,nomer tlp sdh saya lakukan sesuai saran teman2,terakhir kali buat akun baru (yg lama sdh log out ) plus gnti nomer juga tp msh tetap leblokir juga,apa ada yg kurang pas yaaa,pdhal sblm2nya hmpir 6 th yg lalu WA tdk prnh trouble,,,mohon pencerahannya gan

    Balas
  19. Mau minta kode verifikasi kak.. Karna tulisannya sering nembak nebak… Suruh nunggu smpek kpn kak… Solusinya gmn?
    Karna no nya udh lama dan bnyak kerjaan di no itu tolong di bantu solusinya
    Makasih

    Balas
  20. Saya gagal login whatsapp disuruh nunggu 48 jam untuk bisa kirim SMS kode Verifikasi.. Melalui telp juga tetap ga bisa disuruh nunggu 1 jam tp dicoba lagi malah terus terusan disuruh nunggu 1 jam lagi. Kira² akun saya bisa balik lagi ga ya? Penting bgt WA nya :((

    Balas
  21. Whatsapp saya tidak bisa menerima kode Verifikasi dan selalu muncul anda sering menebak dan whatsapp tidak dapat menghubungi saya

    Balas
  22. Whatsapp saya tidak bisa menerima kode Verifikasi dan selalu muncul anda sering menebak dan whatsapp tidak dapat menghubungi saya,mohon bantua nya?saya sdh menunggu juga 3 hari tp kode verifikasi tidak juga muncul

    Balas
  23. WA saya tidak bisa menerima kode verifikasi dan selalu muncul anda sering menebak dan whatsapp tidak dapat menghubungi saya mohon bantuannya padahal saya sudah menunggu sampai 11 hari tapi kode verifikasi belum juga muncul mohon bantuannya trima kasih

    Balas
  24. Misi kak,akun whatsap aku sering di copot ulang,dan tdi pas mau di verifikasi tdk bsa kirm kode mlh ada bacaan “ada terlalu sering menebak” jdi gmna ka?

    Balas
  25. Kenapa menu kirim ulang SMS hilang?
    Yang tinggal menu panggil saya, itu pun selalu harus menunggu 1 jam..
    Gimana cara supaya menu kirim ulang SMS muncul kembali?

    Balas
  26. Wa tidak bisa menerima kode verifikasi.
    Saya pakai nomor WA dulu karena terhapus aplikasiNya di HP.
    Baru saya instal ulang WA tapi kenapa saat meminta kode verifikasi.Tdk masuk2.sampai menunggu berjam2 TDK bisa juga masuk.

    Balas
  27. saya kok blm dpt kode ferivikasi ya kak… mlh suruh nunggu 7 jam…. padahal nomer yg mau di buat WA dh di pasang di hp tulalit

    Balas

Yuk Diskusikan di Komentar