Kategori Game

8 Cara Mengatasi Free Fire Tidak Bisa Login dengan Mudah

Bagi kamu yang sering bermain Free Fire (FF), mungkin pernah mengalami beberapa masalah saat main game ini. Salah satunya yang cukup sering terjadi ialah masalah Free Fire tidak bisa login.

Masalah ini terkadang terjadi hanya sesekali saja. Biasanya setelah menunggu atau dibuka ulang, masalah tidak bisa login ini bisa teratasi dengan sendirinya.

Tapi terkadang, banyak juga pemain Free Fire yang tidak bisa login berulang kali. Sehingga membuatnya tidak jadi bermain game tersebut.

Nah kalau kamu sedang mengalami masalah ini, sebaiknya jangan khawatir. Karena ada beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi Free Fire tidak bisa login seperti yang akan kami bahas di sini.

Penyebab Free Fire Tidak Bisa Login

Karena kami juga bermain Free Fire, tentunya pernah juga mengalami masalah ini. Berdasarkan dari yang pernah kami alami, ada beberapa penyebab kenapa Free Fire tidak bisa login, diantaranya seperti:

  • Adanya masalah koneksi internet
  • Server Free Fire sedang down
  • Terjadi bug atau error di sistem HP
  • Mungkin kamu sedang memakai MOD Free Fire
  • Akun kamu mungkin di banned
  • Ada masalah sistem di game Free Fire

Umumnya masalah Free Fire tidak bisa login, sering disebabkan oleh masalah koneksi.

Tapi tidak jarang juga banyak pemain Free Fire yang ke banned. Biasanya karena mereka menggunakan MOD, cheat atau toxic di dalam game.

Begini Cara Mengatasi Akun Free Fire Tidak Bisa Login

Setelah tahu apa saja penyebabnya, selanjutnya kami akan mulai membahas mengenai cara untuk mengatasi akun Free Fire tidak bisa login.

Kalau begitu, langsung saja perhatikan beberapa caranya di bawah ini:

  1. Pakai Koneksi Stabil
  2. Gunakan WiFi
  3. Tunggu Server UpTime
  4. Hapus Cache
  5. Restart HP
  6. Jangan Pakai FF Mod
  7. Pastikan Akun Tidak Terbanned
  8. Reinstall Game FF

Metode 1: Pakailah Koneksi Stabil

mempercepat jaringan internet

Seperti yang sempat kami singgung, kalau penyebab paling umum dari Free Fire tidak bisa login ialah karena masalah koneksi.

Karena seperti yang diketahui, kalau saat memasuki loading awal Free Fire biasanya kamu akan menggunakan data internet dengan kecepatan memadai. Misal kecepatannya kurang mumpuni, tentunya akan mempengaruhi proses login tersebut.

Oleh karena itu, sangat disarankan supaya kamu mengganti ke jaringan operator lain lebih dulu kalau menggunakan 2 kartu SIM. Pastikan juga kalau operator lain ini sedang tidak ada gangguan.

Metode 2: Kalau Perlu Gunakan WiFi

Koneksi Wifi untuk FF

Apabila tidak menggunakan 2 kartu SIM, kamu bisa juga memakai WiFi. Menggunakan WiFi untuk bermain game justru sangat disarankan, karena bisa membuat kamu dapat bermain dengan lebih lancar.

Alasannya, dengan memakai WiFi membuat baterai di HP kamu menjadi tidak terlalu boros. Sehingga HP kamu bisa mengoptimalkan sendiri saat membuka game.

Tapi pastikan, WiFi yang kamu gunakan juga sedang tidak gangguan ya. Karena kalau sedang gangguan, masalah Free Fire tidak bisa login ini tidak akan bisa teratasi.

Metode 3: Tunggu Server UpTime

Tunggu Server UpTime

Kalau kamu merasa jaringan internet tidak bermasalah, mungkin penyebabnya karena game Free Fire sedang maintenance atau perbaikan.

Setiap maintenance, pastinya server game Free Fire akan down bahkan tidak bisa diakses sementara waktu. Jadi, kamu harus menunggu beberapa waktu saja sampai proses maintenance ini selesai.

Setelah server uptime kembali, kamu bisa coba login ulang dengan koneksi yang stabil.

Baca Juga: Cara Mengatasi Free Fire Loading Lama

Metode 4: Hapus Cache (Opsional)

Kebanyakan file cache yang menumpuk juga biasanya menyebabkan masalah di beberapa aplikasi dan juga game, termasuk Free Fire.

Oleh karena itu, kamu bisa coba menghapus cache Free Fire lebih dulu. Karena selain bisa meminimalisir error, juga dapat meringankan memori di HP kamu.

Berikut langkah-langkah untuk menghapus cache Free Fire:

Langkah 1: Silahkan buka Pengaturan.

Langkah 2: Kemudian pilih pengaturan Manajemen Aplikasi.

Tap pada Menu Manajemen Aplikasi

Langkah 3: Cari game Free Fire.

Cari Game Free Fire

Langkah 4: Pilih opsi Penggunaan Memori.

Tap pada Penggunaan Memori Free Fire

Langkah 5: Lalu ketuk Hapus Cache.

Hapus Cache FF

Setelah cache Free Fire berhasil terhapus, kamu bisa buka ulang game tersebut. Lalu cek, apakah Free Fire masih tidak bisa login atau sudah tidak bermasalah lagi.

Catatan: Pengujian pakai HP Oppo A7

Metode 5: Restart HP

Muat Ulang Hp Kamu

Dari penyebab di atas tadi, masalah Free Fire tidak hanya bisa terjadi karena masalah koneksi dan sistem di Free Fire itu sendiri.

Melainkan bisa juga disebabkan oleh sistem di HP kamu yang sedang terjadi bug. Nah untuk hal ini, kamu hanya perlu melakukan restart HP saja.

Setelah HP di restart, umumnya beberapa masalah yang ada di perangkat tersebut akan kembali normal.

Metode 6: Stop Memakai FF Mod

Stop Pakai FF Mod

Menggunakan Free Fire MOD memang terkesan menarik. Karena kamu bisa mendapatkan custom avatar yang tidak ada di versi original-nya.

Tapi ternyata dengan menggunakan Free Fire MOD bisa membuat sistem di game tersebut menjadi bermasalah lho. Salah satunya seperti Free Fire tidak bisa login ini.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memainkan game Free Fire yang versi orisinil saja. Karena selain lebih stabil, juga lebih aman.

Sekaligus biasanya versi non-resmi (tidak semuanya) bisa menyadap perangkat pengguna lewat virus yang disisipkan.

Metode 7: Pastikan Akun Tidak Terbanned

Pastikan Akun Tidak Terbanned

Selanjutnya pastikan akun Free Fire kamu tidak di banned oleh sistem. Kalau sudah di banned, pastinya akun tersebut tidak bisa kamu mainkan lagi.

Biasanya kalau tidak bisa login karena akun Free Fire kena banned, akan muncul notifikasi “akun kamu telah di suspend”.

Cara untuk mengatasi masalah ini, ialah dengan melapor dengan mengirim tiket ke developer atau membuat akun Free Fire baru.

Metode 8: Reinstall/Update Game FF

Resintall Game Free Fire

Kalau tidak ada masalah koneksi, HP sudah di restart dan akun tidak ke banned, namun masih bermasalah. Mungkin masalahnya ada di sistem game Free Fire kamu.

Sehingga satu-satunya cara ialah memperbaiki sistem di dalam game tersebut. Cara untuk memperbaikinya ada 2, yaitu melakukan install ulang atau memperbarui versi game Free Fire.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu cek di Google Playstore. Misalnya ada pembaruan versi, kami sarankan untuk update saja supaya prosesnya lebih cepat.

Tapi apabila belum ada versi terbaru, jalan satu-satunya yang bisa kamu lakukan ialah memasang ulang game Free Fire. Supaya file sistem Free Fire yang bermasalah bisa didapatkan kembali.

Kurang lebih, itulah delapan cara mudah untuk mengatasi Free Fire tidak bisa login. Ada beberapa penyebab dari masalah ini, jadi silahkan pilih solusi sesuai dari penyebabnya.

Sekian pembahasan yang bisa kami sampaikan, selamat mencoba!

Yuk Diskusikan di Komentar