Kategori WhatsApp

Cara Membuka File ENC

File di HP atau di PC tentu memiliki format yang sangat beragam, mulai dari Zip, RAR, APK, exe dan berbagai format file lainnya. Dimana setiap jenis format file tersebut mempengaruhi bagaimana cara membuka dan menggunakannya.

Namun ternyata, ada satu jenis file yang tidak bisa dibuka dengan mudah, yaitu file ENC. File ENC atau Encryption merupakan sebuah file yang dibuat secara khusus dengan proteksi keamanan lebih untuk menjaga file tersebut dari serangan virus.

File ENC ini biasanya di dapatkan dari WhatsApp (WA) atau aplikasi chatting lainnya, kenapa bisa demikian? Karena WhatsApp akan secara otomatis mengganti format file seperti .exe, .rar, .apk dan lainnya menjadi format .enc dengan alasan keamanan.

Meski file ENC terbilang sangat aman, namun file .enc tidak dapat dibuka dengan mudah meskipun kamu sudah mencoba membukanya di perangkat HP atau komputer sekalipun.

Jika kamu sedang mengalami kondisi dimana kamu tidak bisa membuka file ENC, jangan panik! TheLastSurvivors akan memberikan cara membuka file ENC dengan mudah di HP dan PC.

  1. HP
  2. PC

Cara Membuka File ENC di HP

Untuk membuka file .enc di HP sebenarnya sangatlah mudah, bahkan kamu tidak perlu untuk memasang aplikasi khusus atau mengakses situs website tertentu untuk membukanya.

Karena sebenarnya, membuka file ENC di HP bisa kamu lakukan hanya dengan mengganti format file tersebut ke format file aslinya. Masing bingung? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Buka File Manager atau aplikasi pengelola berkas bawaan di HP kamu.

Langkah 2: Cari letak file ENC yang akan kamu buka.

Langkah 3: Tekan dan Tahan file Enc tersebut hingga muncul beberapa pilihan di layar bagian bawah.

Langkah 4: Pilih opsi Lainnya, lalu pilih Rename atau Ganti nama.

Ganti Nama File Di Android

Langkah 5: Ganti format file .enc menjadi format asli dari file tersebut.

Ganti Format File Di Android

Sebagai contoh, jika file tersebut tadinya memiliki format RAR, maka silahkan ganti .enc menjadi .rar, atau jika file tersebut merupakan file aplikasi Android, maka silahkan ganti .enc menjadi .apk.

Cara Membuka File ENC di PC

Cara membuka file .enc di PC juga prinsipnya sama saja dengan membukanya di HP, yaitu mengganti formatnya menjadi format asli dari file tersebut.

Yang membedakan adalah file ENC perlu dipindah dulu ke PC / laptop. Untuk caranya sebagai berikut:

Step #1: Buka Windows Explorer di komputer kamu.

Step #2: Buka folder dimana file .enc tersebut berada.

Step #3: Klik kanan file ENC tersebut lalu pilih Rename.

Rename File Enc

Step #4: Ubah format .enc menjadi format semula dari file tersebut.

Ganti Format File Di Komputer

Contoh: Jika file tersebut merupakan file aplikasi komputer, maka ubah .enc menjadi .exe, atau jika file tersebut adalah file Microsoft Excel, maka ubah format .enc menjadi .xlsx.

Tested di Windows 10 64-Bit

Demikian pembahasan lengkap mengenai cara membuka file ENC baik di HP atau di PC tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Izin akses kontak pada aplikasi whatsapp itu memang penting, tapi tahukan kamu cara mengizinkan whatsapp mengakses kontak? Padahal sebelumnya tidak memberi izin, berikut caranya!

Kelebihan WhatsApp

Kelebihan WhatsApp

Ingin tahu kelebihan whatsapp apa saja? Banyak loh yang belum tahu kelebihannya serta keunggulan dari media pesan tersebut.

Yuk Diskusikan di Komentar