cara flash oppo neo 3
Yuk follow twitter & facebook Thelastsurvivors, temukan infografis menarik & terupdate:)

Berbagai macam masalah smartphone oppo pada umumnya, adalah sebuah masalah yang sering dialami oleh setiap pengguna hp android. Sesuai dengan penggunaannya, hp oppo NEO 3 juga akan mendapati masalah.

Walaupun itu hanya sekedar menggunakan oppo neo 3 seperti biasa, tapi kalau sudah takdirnya hp oppo R831K terkendala mau apalagi.

Masalah yang sering ditemukan pada semua hp oppo antara lain mati total (matot), stuck logo (bootloop), hanya getar, error wipe data dan wipe cache dan error lainnya.

Penyebabnya antara lain, penggunaan yang berlebihan, lupa pola atau kata sandi, bootloop, install aplikasi dengan sumber yang tidak dikenal, terkena virus/ malware dan lain sebagainya.

Hal ini menjadi sumber masalah yang tidak bisa kamu remehkan begitu saja. Pasalnya, jika hp oppo R831K tidak segera kamu flashing maka akan tidak dapat digunakan lagi dan berakibat lebih buruk lagi.

Cara flash oppo R831K pada umumnya hanya dilakukan di hp saja alias tanpa pc. Namun jika kamu menggunakan cara hard reset di hp oppo, itu hanya mengatasi hal sepele saja.

Sedangkan, kalau hp kamu sudah mengalami kendala bootloop, hardbrick, matot dan masalah besar lainnya, itu memerlukan flash hp R831K lewat pc.

Cara Flash OPPO NEO 3 Yang Matot, Bootloop & Lupa Pola

HP R831K ternyata mempunyai dua varian, ia sering disebut dengan varian oppo R831K stiker besar dan stiker kecil.

Nah kedua varian itu bisa dikatakan hanya beda di stikernya saja. Kalau bicara cara mangatasi hp R831K yang rusak, bisa ditangani dengan cara flash hp oppo yang sama pada berikut ini.

Baca Juga : Cara Flash OPPO A3S Sampai Berhasil

Persiapan Flashing Oppo K831K

Segala sesuatu yang memerlukan flashing tentu akan membutuhkan keperluan. Sebelum memulai langkah flash K831K ini, siapkan bahan – bahannya.

Mulai dari firmware ROM, software flashing, dan tentunya driver yang dipakai untuk melakukan flash hp oppo.

  1. Kamu perlu menyiapkan hp oppo K831K dalam kondisi baterai masih tersisa kurang lebih 70%. Hal ini mempunyai tujuan supaya pada saat proses flash berlangsung hp tidak mati, jika mati maka masalah besar akan muncul.
  2. Jika memungkinkan, kamu bisa melakukan backup data hp.
  3. Kemudian Download Firmware Oppo K831K terbaru, ukurannya cukup besar yaitu 569 MB dan diberi keamaan dengan password : oppo1
  4. Sekalian download juga aplikasi flashing SP Flashtool kamu bisa memilih versi terbaru.
  5. Kamu juga perlu download driver : USB Driver MT65xx.
  6. Siapkan kabel USB untuk menyambungkan hp ke pc, gunakan kabel yang masih bagus agar proses flashnya nanti tidak ada kendala.
  7. Alat wajib yang perlu kamu siapkan adalah pc atau laptop windows yang kamu gunakan untuk flashing.
Baca Juga : Cara Flash Lenovo A369i Via Flash Tool

Proses Flashing HP Oppo K831K Via SP Flashtool (Tested)

Sudah memasuki proses flash, jadi saya asumsikan bahwa kamu sudah mendownload semua bahan diatas.

Pada langkah berikutnya, kamu hanya perlu melakukan ekstrak file yang berbentuk Rar itu, mulai dari usb driver sampai SP flashtool. Berikutnya kamu install driver usb.

  • Setelahnya, kamu bisa buka folder flashtool yang sebelumnya sudah kamu ekstrak, lalu cari file flash_tool.exe lalu klik kanan pilih Run As Administrator.
install flash tool
  • Sesudah flash tool kamu berjalan, akan muncul beberapa fitur. Kamu pilih Download Agent kemudian pilih file MTK All in One kalau tidak ada pilih MT6572 lalu tekan Open.
download agent mtk6572 oppo
  • Lalu klik tombol Scatter-loading berikutnya buka folder oppo neo K831K yang sudah kamu download dan ekstrak, cari file MT65xx_Android_scatter lalu klik Open.
  • Ketika file firmware sudah masuk ke dalam flashtool, maka kamu akan melihat barisan file – file firmware, di barisan ini kamu bisa menghilangkan tanda centang untuk PRELOADER dan UBOOT, kamu dapat melakukan hal ini jika Oppo Neo 3 R831K kamu dalam keadaan stuck logo (bootloop).
  • Sedangkan kalau hp mati total, kamu wajib banget memberi centang ke semua bagian barisan.
  • Kemudian klik tombol download, pada saat ini matikan hp oppo K831K lalu cabut baterai.
tekan tombol download di sp flash tool
  • Kalau sudah, kamu bisa tekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan lalu tancapkan kabel USB ke laptop dulu kemudian tancapkan usb ke lubang HP oppo kamu.
  • Nanti akan ada garis panjang warna merah yang menandakan hp oppo sudah kedeteksi.
  • Tunguu beberapa saat, akan muncul proses flashing dengan garis panjang warna kuning.
  • Kamu dapat menunggu hingga proses nya selesai, kira kira membutuhkan waktu 5 sampai 7 menit.
  • Jika sudah berhasil, maka akan muncul notifikasi centang seperti pada gambar.
flash oppo K831K selesai

Selesai, sekarang hp oppo neo 3 kamu sudah berhasil di flash dan selanjutnya cabut smartphone oppo dari komputer lalu hidupkan seperti biasa.

Proses pertama kali menghidupkan hp oppo K831K yang baru diflash akan memerlukan waktu yang cukup lama, umumnya 10 hingga 15 menit.

Baca Juga : Cara Flash HP Oppo Yoyo

Setelah itu lakukan pengaturan mulai dari bahasa, jaringan, akun google dan lain – lain.

Sebenarnya ada cara lain yaitu flash oppo K831K dengan Ufi box, namun cara menggunakan ufi box itu sedikit agak rumit.

Jadi, saran saya menggunakan sp flashtool sudah cukup. Lantas, bagaimana dengan cara flash hp K831K atau oppo neo 3 diatas, tidak sulit kan?.

Asal kamu punya pc sendiri dirumah, tidak perlu repot – repot membawanya ke tukang servis hp untuk memperbaiki hp oppo matot, bootloop dan lainnya.

Namun, cara tersebut belum tentu berhasil di kondisi kerusakan pada hp oppo kamu. Jadi kamu perlu memahami kerusakannya, dan resiko kegagalan ini ditanggung sendiri.

Saya harap, kamu tidak mengalami kegagalan saat melakukan flashing Oppo R831K. Semoga artikel ini membantumu, terima kasih.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar