Kategori Tips

Cara Burning File ke CD / DVD Tanpa Aplikasi untuk Pemula

Untuk masa sekarang ini, tentunya media penyimpanan sudah sangat berkembang dengan adanya flashdisk maupun harddisk, dimana mempunyai kapasitas yang terbilang besar. Namun jangan keliru, masih banyak juga tempat maupun instansi yang menerapkan pemakaian CD maupun DVD sebagai media penyimpanannya.

Di sekolah misalnya, terkadang beberapa tugas sekolah menuntut siswa untuk mengumpulkan tugas sekolah dalam format keping CD ataupun DVD.

Nah karena itulah, kali ini kita akan coba membahas bagaimana sih caranya untuk copy file CD ini dengan cara yang mudah dan anti ribet. Karena untuk memindahkan sebuah data ke dalam keping CD ataupun DVD, pastinya membutuhkan sebuah proses yang dinamakan Burning.

Gak perlu khawatir ya, karena pastinya akan sangat mudah untuk kamu ikuti. Untuk kamu yang masih awam sekalipun, pastinya tidak akan kesulitan mengikuti cara yang akan admin berikan berikut ini.

Cara Burning CD Tanpa Aplikasi/Software

Ingat ya, kalau kamu ingin memasukkan file ke CS berbeda cara dengan copy file lalu paste ke dalam CD. Jika kamu melakukan hal serupa, mungkin file di dalam CD misal berbentuk video tidak akan bisa diputar di media player DVD.

Oleh karena itu, mogloger akan memberikan ulasan cara burn CDnya untuk kamu. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk langsung saja kita mulai bagaimana cara ngeburn file dan data ke CD/DVD yang simpel!

  • Siapkan Dulu CD/DVD Kamu
  • Yang pertama tentunya kamu harus siapkan dulu keping CD/DVD kamu yang masih kosong. Untuk harganya sendiri terbilang cukup murah dan tentunya mudah untuk didapatkan.
  • Kemudian masukkan CD/DVD kosong tersebut kedalam CD-Rom laptop atau komputer kamu.
  • Kemudian akan ada jendela pilihan seperti pada contoh gambar di bawah ini. Kamu akan disuruh memilih, akan digunakan untuk apakah CD/DVD kamu nantinya. Apakah akan digunakan seperti layaknya penyimpanaan USB flash drive biasanya atau nantinya akan kamu gunakan pada CD/DVD player. Untuk yang ini kamu pilih pada pilihan kedua ya, with a CD/DVD Player.
cara burning file ke cd
  • Kemudian tahap selanjutnya tentunya adalah memindahkan data-data yang kamu inginkan ke dalam CD/DVD tersebut. Caranya sangat mudah ya, cukup kamu copy-paste seperti biasa layaknya saat kamu memakai flashdisk.
  • Lalu coba kamu cek dulu deh, apakah semua datanya sudah benar dan sesuai. Periksa kembali agar nantinya tidak ada data yang tertinggal.
  • Kemudian mulai deh untuk proses Burning. cara memburning yaitu dengan klik kanan, kemudian klik Burn to Disc. Atau bisa juga klik tab Share lalu klik burn to disc.
cara memburning cd
  • Lalu ada jendela baru yang akan muncul. Sekarang kamu masukkan judul disc yang kamu inginkan pada kolom disc title. Terus kamu pilih saja kecepatan maksimum pada recording speed. Selanjutnya klik Next ya untuk melanjutkan.
disc title
  • Sekarang sedang proses burning nih. Kamu tunggu saja ya, untuk waktu pemrosesannya tergantung dari berapa besar file yang kamu masukkan, dan juga seberapa cepat kemampuan CD/DVD Rom milikmu dalam membakar.
  • Untuk kamu yang penasaran kenapa ini disebut burning, karena proses ini biasanya menghasilkan panas pada keping CD/DVD kamu untuk bisa menuliskan data ke dalam lapisan tersebut.
proses memburning
  • Nah sudah selesai deh sekarang. CD/DVD kamu telah berisi data yang kamu masukkan, dan tentunya telah siap untuk kamu gunakan.

Baca Juga : Cara Membuat File Zip

Nah jadi itu tadi cara simpel yang bisa kamu gunakan untuk memburning CD/DVD kamu. Kamu tidak perlu takut bakalan ribet, karena memang sudah ada cara burning CD/DVD tanpa aplikasi secara mudah dimana sudah ditanamkan pada bawaan komputer ataupun laptop kamu. Semoga bermanfaat ya, dan sampai ketemu di artikel bermanfaat lainnya!

Cara Mudah Membuat QR Code Google Maps

Cara Membuat QR Code Google Maps

Penggunaan barcode merupakan salah satu yang banyak disukai publik. Dengan barcode Google Maps maka akan mudah untuk mengetahui lokasi tempat tertentu.

Yuk Diskusikan di Komentar