Cara Burning CD

Untuk masa sekarang ini, tentunya media penyimpanan sudah sangat berkembang dengan adanya flashdisk maupun harddisk, dimana mempunyai kapasitas yang terbilang besar. Namun jangan keliru, masih banyak juga tempat maupun instansi yang menerapkan pemakaian CD maupun DVD sebagai media penyimpanannya.

Di sekolah misalnya, terkadang beberapa tugas sekolah menuntut siswa untuk mengumpulkan tugas sekolah dalam format keping CD ataupun DVD.

Nah karena itulah, kali ini kita akan coba membahas bagaimana sih caranya untuk copy file CD ini dengan cara yang mudah dan anti ribet. Karena untuk memindahkan sebuah data ke dalam keping CD ataupun DVD, pastinya membutuhkan sebuah proses yang dinamakan Burning.

Gak perlu khawatir ya, karena pastinya akan sangat mudah untuk kamu ikuti. Untuk kamu yang masih awam sekalipun, pastinya tidak akan kesulitan mengikuti cara yang akan admin berikan berikut ini.

Cara Memasukkan File Ke CD

Ingat ya, kalau kamu ingin memasukkan file ke CS berbeda cara dengan copy file lalu paste ke dalam CD. Jika kamu melakukan hal serupa, mungkin file di dalam CD misal berbentuk video tidak akan bisa diputar di media player DVD.

Oleh karena itu, mogloger akan memberikan ulasan cara burn CDnya untuk kamu. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk langsung saja kita mulai bagaimana cara ngeburn file dan data ke CD/DVD yang simpel!

  • Siapkan Dulu CD/DVD Kamu
  • Yang pertama tentunya kamu harus siapkan dulu keping CD/DVD kamu yang masih kosong. Untuk harganya sendiri terbilang cukup murah dan tentunya mudah untuk didapatkan.
  • Kemudian masukkan CD/DVD kosong tersebut kedalam CD-Rom laptop atau komputer kamu.
  • Kemudian akan ada jendela pilihan seperti pada contoh gambar di bawah ini. Kamu akan disuruh memilih, akan digunakan untuk apakah CD/DVD kamu nantinya. Apakah akan digunakan seperti layaknya penyimpanaan USB flash drive biasanya atau nantinya akan kamu gunakan pada CD/DVD player. Untuk yang ini kamu pilih pada pilihan kedua ya, with a CD/DVD Player.
cara burning file ke cd
  • Kemudian tahap selanjutnya tentunya adalah memindahkan data-data yang kamu inginkan ke dalam CD/DVD tersebut. Caranya sangat mudah ya, cukup kamu copy-paste seperti biasa layaknya saat kamu memakai flashdisk.
  • Lalu coba kamu cek dulu deh, apakah semua datanya sudah benar dan sesuai. Periksa kembali agar nantinya tidak ada data yang tertinggal.
  • Kemudian mulai deh untuk proses Burning. cara memburning yaitu dengan klik kanan, kemudian klik Burn to Disc. Atau bisa juga klik tab Share lalu klik burn to disc.
cara memburning cd
  • Lalu ada jendela baru yang akan muncul. Sekarang kamu masukkan judul disc yang kamu inginkan pada kolom disc title. Terus kamu pilih saja kecepatan maksimum pada recording speed. Selanjutnya klik Next ya untuk melanjutkan.
disc title
  • Sekarang sedang proses burning nih. Kamu tunggu saja ya, untuk waktu pemrosesannya tergantung dari berapa besar file yang kamu masukkan, dan juga seberapa cepat kemampuan CD/DVD Rom milikmu dalam membakar.
  • Untuk kamu yang penasaran kenapa ini disebut burning, karena proses ini biasanya menghasilkan panas pada keping CD/DVD kamu untuk bisa menuliskan data ke dalam lapisan tersebut.
proses memburning
  • Nah sudah selesai deh sekarang. CD/DVD kamu telah berisi data yang kamu masukkan, dan tentunya telah siap untuk kamu gunakan.

Pada postingan sebelumnya kamu bisa melihat cara membuat file zip untuk jenis arsip dokumen

Sangat mudah bukan caranya? Untuk kamu yang masih awam tentunya tidak akan kesulitan untuk mencoba melakukan burning / membakar CD/DVD tanpa menggunakan software, dengan cara mengikuti langkah-langkah diatas.

Cara diatas sangat berguna sekali untuk kamu yang memang tidak terlalu membutuhkan proses burning yang kompleks, dimana biasanya menggunakan bantuan software tambahan seperti ImgBurn, CDBurnerXP, Ashampoo Burn, ataupun Nero.

Nah untuk aplikasi Nero, Admin telah menyiapkan langkah-langkah burning CD-nya.

Cara Burning File Ke CD Dengan Nero Burning ROM

CD sama halnya dengan DVD, jadi tak heran jika keduanya adalah satu buah bendu yang memiliki dua nama. Pemilihan aplikais nero tidak semene – mena memilih karena aplikasi nero dapat melakukan pembakaran secara masal.

Dalam artian, dapat memburning segala jenis file di jadikan satu file saja ketika sudah dimasukkan ke dalam kepingan cd. Penasaran ingin tau cara menggunakan nero burning rom?.

Aplikasi nero dapat kamu instal di berbagai jenis windows, seperti windows 7, windows 8 dan windows 10 sebagai alat burning file cd/ dvd.

  • Cara pertama, siapkan kepingan CD kamu yang ingin diisikan sebuah file data.
  • Siapkan pula data – data kamu, misalnya video, musik, aplikasi/ software, dokumen, foto dan lainya.
  • Setelah itu download terlebih dahulu aplikasi Nero Burning ROM di http://www.nero.com/ena/downloads/.
  • Masukkan CD atau DVD kamu. Umumnya tiap laptop memiliki slot CD DVD, jika kamu menggunakan komputer bisa menambahkan kompenen eksternal untuk meletakkan CD DVDnya.
  • Pada tampilan dibawah, kamu bisa pilih beberapa kategori CD diantaranya CD-ROM, Audio CD, Mixed Mode dan lain sebagainya) sesuaikan saja dengan file yang ingin kamu simpan.
  • Pada tab Multisession, kamu bisa memilih Start Multisession disc, jika laptop kamu dilengkapi dengan Nero DiscSpam bisa memilih opsi No multisession.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi New dibagian bawah.
new compilation cd
  • Kemudian kamu akan dihadapkan seperti gambar dibawah, tugas kamu hanya disuruh untuk menaruh file. Silakan cari saja pada penyimpanan sebelah kanan kalau sudah tinggal drag and drop ke layar sebelah kiri.
drag and drop file
  • Selanjutnya kamu bisa menekan tombol Burn di sebelah atas.
tekan tombol burn di nero
  • Nanti akan muncul jendela kotak box Burn Compilation, kamu dapat menentikan pilihan Start Multisession disc atau tiru saja gambar dibawah.
  • Sebelum menekan tombol Burn, kamu setting terlebih dulu pada opsi Burn di toolbar. Beri tanda centang pada opsi Write dan Verify written data, Kamu bisa mengubah speed penyalinan di opsi Write Speed menjadi lebih cepat, jika sudah klik tombol Burn yand ada dibawah.
jendela pengaturan burn
  • Akan muncul jendela dialog box Burn Now, kamu dapat menekan tombol YES, CD kamu siap melakukan proses burning.
burn now
  • Proses pembakaran data – data akan berlangsung, umumnya memakan waktu agak lama.
proses pembakaran cd
  • Setelah semua pembakaran selesai dan berhasil, nantinya akan menampilkan pop up yang memberikan informasi bila proses membakar file ke cd sudah selesai, untuk menutupnya kamu bisa menekan tombol OK.
dialog new burning finish to cd dvd

Cara diatas tentunya bisa digunakan bagi kamu yang menggunakan sistem operasi Windows XP, 7, 8, 9, maupun 10. Untuk langkahnya tentu tidak terlalu berbeda ya dalam setiap sistem operasi. Asalkan kamu memahami garis besar langkah diatas, tentunya kamu tidak akan kesulitan untuk menerapkannya nanti.

Nah jadi itu tadi cara simpel yang bisa kamu gunakan untuk memburning CD/DVD kamu. Kamu tidak perlu takut bakalan ribet, karena memang sudah ada cara burning CD/DVD tanpa aplikasi secara mudah dimana sudah ditanamkan pada bawaan komputer ataupun laptop kamu. Semoga bermanfaat ya, dan sampai ketemu di artikel bermanfaat lainnya!

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis
Rahma Angriawan

Sekadar melakukan hobi dengan menuangkan ide dalam pikiran kedalam bentuk uraian singkat dan hanya memiliki kemampuan yang sangat minim

Yuk Diskusikan di Komentar