Kategori Komputer

Perbedaan OpenGL dan DirectX sebagai Program API

OpenGL dan DirectX merupakan program grafik API (Application Programming Interface) yang banyak dipasang diperangkat komputer atau game console.

DirectX sendiri banyak digunakan pada sistem operasi Windows untuk keperluan gaming, multimedia, dan programming. Ini karena DirectX mampu mengolah berbagai macam hal. Berbeda dengan OpenGL yang hanya fokus pada standar grafik interface saja dan tidak menunjang pembuatan/mengolah Game.

Namun untuk mengetahuinya secara lebih mendalam lagi, TheLastSurvivors telah menyiapkan pembahasan lengkap mengenai OpenGL dan DirectX sekaligus dengan perbandingannya.

Pertama – tama, kamu perlu mengenal lebih jauh pasal OpenGL dan DirectX ini…

  1. Apa itu OpenGL
  2. Apa itu DirectX
  3. Perbandingan OpenGL & DirectX

Mengenal OpenGL

Apa itu OpenGL

OpenGL merupakan Cross Platform dan Cross Language API (Application Programming Interface) yang bekerja pada rendering grafik vektor 2D dan 3D dan berinteraksi dengan GPU (Graphic Processing Unit) untuk mendapatkan kinerja rendering yang lebih cepat pada hardware.

OpenGL pertama kali dikembangkan dan diproduksi oleh Silicon Graphics Inc yang mulai dikembangkan sejak tahun 1991 dan pertama kali dirilis pada tanggal 30 Juni 1992 sebagai program Open Source.

Kemudian pada tahun 2006, OpenGL dikembangkan oleh perusahaan teknologi non-profit yaitu Khronos Group.

Hingga saat ini OpenGL terus dikembangkan oleh Khronos Group dan telah melakukan rilis terbaru pada 31 Juli 2017 lalu dan diberi nama OpenGL 4.6.

Hingga sekarang, OpenGL masih banyak digunakan pada sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, hingga MacOS.

Program ini digunakan secara luas dalam bidang Computer Aided Design (CAD), Virtual Reality, Flight Simulation, Video Games, Scientific Visualization, dan Information Visualization.

Baca Juga: Cara Mengecek Versi OpenGL

Mengenal DirectX

Apa itu DirectX

DirectX atau yang juga dikenal sebagai Direct3D merupakan sebuah kumpulan program API (Application Programming Interface) yang secara khusus bertugas untuk menangani pemrograman, khususnya dibidang multimedia dan game komputer pada sistem operasi Windows dan juga Xbox.

Sebenarnya DirectX merupakan kumpulan dari berbagai macam program lain yang memiliki awalan “Direct” juga, seperti Direct3D, DirectDraw, DirectPlay, DirectMusic, DirectSound, dan beberapa macam lainnya.

Dimana masing-masing komponen Direct tersebut memiliki tugasnya sendiri-sendiri. Tugas – tugas tersebut kami rankum di bawah ini:

  • Direct3D menangani grafik 3D
  • DirectDraw menangani model penggambaran pixel 2D
  • DirectPlay menjembatani antara software dengan jaringan internet
  • DirectMusic menangani sektor musik pada sebuah game atau aplikasi
  • DirectSound menangani bagian efek suara
  • DirectInput menangani alat masukan seperti keyboard, mouse, controllers game, dan sebagainya
  • DirectX Media menangani pada sektor multimedia seperti pemutar video dan audio
  • DirectX Media Objects mendukung layanan streaming seperti dekode, enkode, dan efek
  • DirectXSetup berisi semua komponen DirectX dan sebagai program instalasi

Hingga saat ini, DirectX masih terus dikembangkan oleh pihak Microsoft. Versi terbaru dari DirectX yang diberi nama DirectX 12 Ultimate dirilis pada 10 November 2020.

Baca Juga: Cara Cek DirectX yang Terpasang di Laptop/Komputer

Perbandingan antara OpenGL dan DirectX

Perbandingan Opengl vs Directx

Setelah kamu mengenal apa itu OpenGL dan DirectX, kemungkinan besar kamu sudah memahami apa perbedaan dari kedua program API tersebut.

Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa kamu masih belum paham tentang perbedaan keduanya.

Lalu apa saja perbedaan dari OpenGL dan DirectX yang sebenarnya? Untuk menjawabnya, berikut tabel perbandingan OpenGL dan DirectX yang telah kami siapkan:

PerbandinganOpenGLDirectX
PengertianAplikasi pemrograman antarmuka yang bersifat Open Source lintas platform dan bekerja pada rendering grafik 2D dan 3DSekumpulan APIs yang digunakan kembali untuk beragam jenis platform multimedia dan pemrograman game
PengembangSaat ini dikembangkan oleh Khronos, namun pada awalnya dikembangkan oleh Silicon Graphics IncDikembangkan oleh Microsoft
Tahun Pertama DiluncurkanMulai dikembangkan pada tahun 1991 dan dirilis pada 30 Juni 1992Diluncurkan untuk pertama kali pada 30 September 1995
PlatformDapat diinstal di sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OSMampu berjalan di Windows, Xbox, Xbox One, Xbox 360, Xbox Series, Xbox Series S, dan Dreamcast
Versi TerbaruOpenGL 4.6 yang dirilis pada 31 Juli 2017DirectX 12 Ultimate API yang dirilis pada 10 November 2020
Format File yang DidukungMendukung .obj, .3ds sebagai model 3DMendukung model 3D dalam format c4d, max, obj, ma, 3ds, fbx, 3dm, blend, dan masih banyak lagi.
Ditulis menggunakan BahasaMenggunakan bahasa C dan C++Menggunakan bahasa C dan C++
KetersediaanBisa didapatkan melalui opengl.orgTersedia di microsoft.com

Tambahan: Jenis – jenis kedua API sistem ini umumnya bakalan terlihat jelas saat ingin memasang emulator Android, seperti Bluestack, Gameloop maupun lainnya.

Sekian pembahasan lengkap mengenai perbedaan OpenGL dan DirectX. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu.

Yuk Diskusikan di Komentar