Kategori Xiaomi

Cara Mengatasi MSA Terus Berhenti di Xiaomi dengan Mudah

Setiap brand HP biasanya memiliki aplikasi khusus yang tidak dimiliki oleh brand lainnya. Contohnya seperti Xiaomi yang memiliki aplikasi MSA bawaan pabrik.

Secara umumnya, MSA ini berfungsi untuk mengontrol iklan yang muncul di HP Xiaomi kamu. Tapi sayangnya, aplikasi MSA ini bisa saja terjadi error, sehingga pemberitahuan MSA terus berhenti selalu muncul.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena masalah MSA berhenti ini masih bisa diatasi dengan mudah. Namun sebelum lanjut, mending kenalan dulu sama apa itu MSA terus ketahui penyebabnya dan terakhir solusinya.

  1. Apa itu MSA?
  2. Penyebab MSA Berhenti
  3. Solusi MSA Terus Berhenti

Kenali Dulu MSA di Xiaomi, Itu Apa?

MSA (MUI System Ads) merupakan suatu aplikasi bawaan Xiaomi yang berfungsi untuk memanajemen iklan di dalam HP tersebut.

Karena di HP Xiaomi, biasanya kamu akan mendapatkan iklan saat mengakses aplikasi, browser, menu atau yang lainnya saat tersambung ke internet.

Oleh karena itulah, aplikasi MSA ini diciptakan supaya bisa membantu kamu untuk mengatur push notification dari iklan yang tampil.

Oh iya sekedar FYI saja. Sebagian pengguna Xiaomi banyak yang menghapus aplikasi MSA ini karena rumornya iklan di HP kamu bisa menjadi tidak muncul lagi.

Catatan: Supaya bisa menghapus MSA, kamu harus melakukan root HP Xiaomi yang dipakai lebih dulu.

Apa Sih Penyebab MSA Sering Berhenti?

Masalah MSA selalu berhenti, umumnya disebabkan karena sistem dari aplikasi tersebut sedang mengalami kerusakan atau terjadi bug.

Kerusakannya sendiri, bisa jadi disebabkan lantaran kesalahan konfigurasi pengguna. Tapi bisa juga memang dari sistemnya yang bermasalah sendiri.

Selain itu, masalah MSA berhenti ini juga bisa disebabkan akibat habis update versi terbaru. Dimana versi terbaru ini belum optimal, sehingga masih terdapat banyak bug di dalamnya.

Oleh karena itu, kamu bisa tunggu sampai ada pembaruan versi lebih terbarunya supaya bug bisa teratasi. Kamu juga bisa downgrade versi, tapi menurut kami cara ini kurang direkomendasikan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Peluncur Sistem Telah Berhenti di Xiaomi

Begini Cara Mengatasi MSA Berhenti Terus Di Xiaomi

Nah sambil menunggu MSA update versi, kamu bisa menghentikan notifikasi MSA terus berhenti dengan menghapus data dari aplikasinya lebih dulu.

Menghapus data aplikasi MSA, tandanya semua cache, konfigurasi dan data yang tersimpan di dalamnya akan terhapus. Lalu akan dikembalikan seperti default.

Lalu untuk langkah-langkahnya, kamu bisa ikuti penjelasan di bawah ini:

Langkah 1: Buka menu Pengaturan di HP Xiaomi kamu.

Langkah 2: Kemudian cari pengaturan Apps.

Buka Menu Apps Xiaomi

Langkah 3: Di pengaturan Apps, kamu bisa pilih menu Manage Apps.

Pilih Menu Manage Apps di Xiaomi

Langkah 4: Lalu ketuk ikon titik 3 dan pilih opsi Show All Apps supaya bisa menampilkan aplikasi sistem.

Ketuk Menu Show All Apps di Xiaomi

Langkah 5: Setelah itu, langsung saja ketik MSA di kolom pencarian dan ketuk aplikasi tersebut.

Ketik MSA

Langkah 6: Ketuk menu Clear Data yang ada di bagian bawah.

Clear Data MSA

Langkah 7: Terakhir pilih opsi Clear All Data dan ketuk OK untuk mengkonfirmasi permintaan hapus data aplikasi MSA.

Tap Clear All Data MSA

Setelah data MSA berhasil terhapus, kamu bisa restart HP. Kemudian cek kembali, seharusnya notifikasi MSA terus berhenti di Xiaomi kamu sudah tidak muncul lagi.

Selain itu, kamu juga harus rutin cek pembaruan versi MSA atau sistem operasi yang dipakai. Kalau sudah ada, kamu bisa segera perbarui supaya bug pada MSA di versi sebelumnya bisa diperbaiki.

Demikianlah cara mengatasi MSA terus berhenti di Xiaomi. Apabila ada yang kamu kurang pahami, boleh kirim pertanyaan ke kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba!

Yuk Diskusikan di Komentar