3 Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Gusti Apriansyah

Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian
Sumber Gambar /pngwing

Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian – Layar sentuh di iPhone menjadi salah satu komponen penting. Karena kalau ada masalah pada komponen layar sentuh, pastinya membuat kamu tidak bisa menggunakan iPhone secara normal.

Salah satu masalah layar sentuh iPhone yang banyak dialami penggunanya yaitu tidak berfungsi sebagian saja. Sedangkan sebagian lainnya tetap berfungsi seperti biasa.

Kenapa bisa seperti itu? Nah di sini kami akan menjelaskannya secara lengkap. Mulai dari penyebab sampai cara mengatasi masalah layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi sebagian.

Penyebab Layar iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Mari kita bahas dari penyebabnya lebih dulu. Kalau untuk penyebabnya sendiri, bisa disebabkan beberapa hal sih, seperti:

  • Layar iPhone tidak sengaja tertekan benda berat
  • Terjadi benturan pada layar iPhone yang cukup kencang
  • Screen protector iPhone kurang sesuai, ketebalan misalnya
  • Hanya kesalahan sistem

Memang untuk masalah kesalahan sistem iPhone ini jarang terjadi. Tapi beberapa kali kami mendapatkan informasi, kalau kesalahan sistem iPhone membuat perangkat tersebut jadi tidak berfungsi normal.

Solusi Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Setelah tahu apa saja penyebabnya, sekarang kami akan memberikan beberapa solusi untuk mengatasi layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi sebagian.

Kalau kamu sedang mengalaminya, bisa langsung ikuti saja beberapa solusinya di bawah ini:

1. Lakukan Reset iPhone

Pertama, kamu bisa yang mudah lebih dulu, yaitu dengan melakukan reset iPhone. Solusi ini bertujuan untuk memastikan kalau penyebabnya bukan dari kerusakan fisik.

Melainkan hanya dari adanya bug atau kerusakan di sistem iPhone kamu saja. Sehingga cara paling tepatnya untuk mengatasi sistem yang bermasalah di iPhone itu dengan melakukan reset.

Nah, untuk melakukan reset iPhone kamu bisa lihat di bawah ini:

  • Buka menu Settings iPhone
  • Pilih menu General
Buka Pengaturan Umum Iphone
  • Ketuk Transfer or Reset iPhone
Pilih Transfer Or Reset Iphone
  • Kemudian ketuk Erase All Content and Settings
  • Lalu pilih Continue
  • Selanjutnya masukkan Passcode iPhone kamu
  • Ketuk Turn Off di bagian atas
Pilih Turn Off Iphone
Sumber Gambar /Hellotech
  • Terakhir pilih Erase iPhone

Sebagai catatan saja. Proses reset iPhone ini akan menghapus keseluruhan data di perangkat kamu. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan backup data-data penting lebih dulu sebelum melakukan reset.

Baca Juga: Cara Cek Tanggal Pembelian iPhone

2. Lepas dulu Screen Protector

Lepas Dulu Screen Protector
Sumber gambar /Pngwing

Selain melakukan reset iPhone, kamu juga bisa mencoba untuk melepas screen protectornya. Barangkali masalahnya karena screen protector yang kamu pakai kurang cocok, seperti ketebalan.

Misalnya setelah kamu copot, lalu layar iPhone bisa berfungsi secara keseluruhan sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti screen protector tersebut.

3. Ganti Layar Sentuh iPhone

Ganti Layar Sentuh Iphone
Sumber gambar /Pngwing

Kalau kedua cara di atas tidak berhasil, tandanya kerusakan iPhone kamu ada di layarnya. Sehingga kamu harus menggantinya.

Nah kisaran harga layar sentuh iPhone itu beragam tergantung serinya. Kisaran harganya sih mulai dari Rp. 500.000 sd Rp. 6.500.000.

Disarankan untuk menggantinya di service center resmi iPhone. Hal ini untuk meminimalisir pergantian LCD yang tidak original.

Mungkin sekian pembahasan dari kami seputar cara untuk mengatasi layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi sebagian. Kamu bisa pahami penyebabnya, supaya tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Karena untuk biaya penggantian layar sentuh iPhone ini cukup mahal, terutama untuk seri keluaran terbaru. Selamat mencoba ya!

Gusti Apriansyah

Orang Depok yang suka menulis Teknologi

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.