Instagram Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera

Pada umumnya aplikasi sosial media memberikan tempat untuk berkomunikasi dengan cara chatingan.

Namun berbeda dengan aplikasi Instagram yang lebih mencondongkan foto dan video. Instagram saat ini tengah menjadi sosial media yang paling ngetrend dan hits.

Hal tersebut dikarenakan berbagai manfaat dari Instagram pun sangat besar dan salah satunya bisa menghasilkan duit melalui Toko Instagram atau sekadar membagikan postingan dapat bayaran.

Namun pada kesempatan ini tidak akan membahas mengenai hal tersebut, akan tetapi pembahasan mengenai Instagram tidak bisa terhubung ke kamera.

Seperti kita ketahui, kamera pada instagram sangatlah penting. Alasannya karena Instagram sendiri merupakan media sosial berbagi Foto dan Video, jadi fungsionalitas kamera sangat diprioritaskan.

Maka dari itu jika sampai kamera pada Instagram tidak mau terhubung dan tidak bisa dibuka akan sangat bahaya sekali. Namun kalian tidak perlu khawatir mengenai masalah tersebut, karena di bawah ini akan kami berikan cara mengatasi Instagram tidak bisa terhubung ke kamera dengan mudah:

1. Logout dan Login

Relogin Akun Instagram - Instagram Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera

Langkah pertama untuk memperbaiki kamera Instagram error tidak dapat terhubung yaitu coba kalian Logout akun Instagram terlebih dahulu, kemudian silahkan login kembali. Setelah itu buka kamera di IG, apakah masih error atau tidak, jika masih error silahkan coba cara berikutnya.

2. Refresh Beranda Instagram

Refresh Beranda Instagram - Instagram Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera

Metode berikutnya ini coba kalian lakukan refresh pada beranda Instagram dengan cara mengusap layar ke bawah. Setelah itu cek apakah sudah bisa terhubung atau belum ke kameranya.

3. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Bersihkan Ruang Penyimpanan - Instagram Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera

Selanjutnya cara yang manjur untuk mengatasi kenapa kameraIG tidak bisa digunakan yaitu coba bersihkan kartu memori internal pada hp kalian.

Perlu kalian ketahui juga bahwa salah satu penyebab Instagram tidak mau tersambung ke kamera yaitu karena memori penuh dan tidak ada ruang space untuk permuatan fasilitas kamera Instagram.

Untuk cara membersihkan ruang penyimpanan, berikut cara-caranya:

  1. Buka aplikasi pembersih sampah bawaan Android
  2. Kemudian Ketuk tombol Bersihkan
  3. Tunggu sesaat
  4. Dan sekarang memori penyimpanan sudah lega

4. Hapus Cache

Hapus Cache Ig - Instagram Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera

Jika kamera di Instagram masih error juga walaupun sudah dibersihkan ruang penyimpanannya, maka silahkan hapus file cache untuk aplikasi Instagramnya.

File cache atau biasa disebut file sampah ini memang sering kali dapat membuat aplikasi menjadi error.

Dan salah satu kerusakannya yaitu tidak bisa konek ke kamera instagramnya. Maka dari itu kalian harus hapus cachenya, berikut cara-caranya:

  • Masuk ke menu settingan
  • Ketuk menu Aplikasi Terinstall
  • Jika sudah ketemu, maka tinggal scroll ke bawah dan cari Instagram
  • Kemudian ketuk opsi Cache
  • Terakhir tinggal ketuk Hapus Cache

5. Izinkan Instagram Mengakses Kamera

Penyebab kenapa kamera IG tidak bisa digunakan ini sering terjadi karena ketidaktahuan penggunanya buat mengizinkan Instagram untuk mengakses kamera.

Perizinan Instagram ini perlu kalian aktifkan supaya tidak terjadi masalah. Apabila kalian ingin mengaktifkan perizinan kamera ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah #1: Buka Pengaturan Android kalian
  • Langkah #2: Buka menu Manajemen Aplikasi
  • Langkah #3: Temukan aplikasi Instagram
  • Langkah #4: Usap kebawah, masuk ke opsi “Izin Aplikasi”Izin Aplikasi Instagram
  • Langkah #5: Aktifkan tombol disamping tulisan KameraAktifkan Izin Kamera Instagram

Sekarang saatnya kalian coba membuka kamera Instagram, sudah bisa pastinya.

6. Update Aplikasi Instagram

memperbarui instagram - Instagram Tidak Bisa Terhubung Ke Kamera

Langkah berikutnya yaitu coba update versi aplikasi Instagram kalian ke versi terbaru. Seperti kita ketahui apabila Instagram yang kalian gunakan tersebut merupakan versi lawas atau belum diupdate, maka tak heran jika instagram kalian sering kali mengalami error.

Pada umumnya jika aplikasi Instagram yang sudah diupdate, kemungkinan bug dan kerusakan lainnya telah diperbaiki pihak Instagram.

Untuk memperbaruinya, berikut langkah-langkah yang tepat:

  1. Buka aplikasi Playstore
  2. Kemudian ketikkan Instagram di kolom pencarian
  3. Setelah itu ketuk tombol “Update”
  4. Tunggu proses mendownloadnya
  5. Silakan buka kembali kamera Instagram

7. Laporkan Masalah

Langkah terakhir apabila cara-cara di atas tidak dapat mengatasinya yaitu coba untuk melaporkan masalah “Kamera Instagram Gagal Terhubung” itu ke pihaknya.

Instagram sendiri menyediakan fitur Laporkan Masalah dengan tujuan sebagai sarana untuk para pengguna Instagram jika terdapat keluhan ataupun masalah. Untuk cara melaporkan masalah kamera Instagram tersebut sebagai berikut:

  • Buka opsi Pengaturan di Instagram
  • Setelah itu tinggal ketuk opsi Bantuan
  • Lalu ketuk menu Laporkan Masalah
  • Ketuk lagi Laporkan Masalah
  • Setelah itu isikan apa keluhkan tersebutLaporkan Masalah Kamera Instagram
    • Contoh: Instagram saya tidak bisa menggunakan kamera, ada tulisannya “Instagram Tidak Terhubung ke Kamera”, mohon segera perbaiki
    • Jangan lupa selalu menyertakan bukti Screenshot
  • Jika sudah silahkan ketuk Kirim

Jika kalian sudah mengirim laporan masalah tersebut, maka kalian tinggal menunggu balasan dari Pihak Instagram kurang lebih 1-3 minggu.

Jika Pihak Instagram mengonfirmasi keluhan kalian, kemungkinan masalah Kamera tidak terhubung pada Instagram kalian akan diperbaiki.

FAQ

Kenapa Kamera Instagram Tidak Berfungsi?

Alasannya adalah karena instagram tidak bisa tersambung dengan kamera ponsel. Pastikan bahwa aplikasi instagram sudah terbaru dan OS Android/ IOS sudah paling update juga.

Bagaimana Mengatasi Gambar Hitam Gelap di Instagram?

Gambar yang hitam itu diakibatkan oleh ukuran gambar terlalu besar sehingga server instagram tidak mendukung ukuran sebesar itu. Solusinya adalah dengan mengkompres gambar sampai ke ukuran paling kecil tetapi dengan kualitas gambar yang sama.

Image Credit:
Ikon diambil dari website Flaticon.com
Dimodifikasi oleh Penulis

Yuk Diskusikan di Komentar