Kategori Kompres

5 Cara Mengkompres File Sekecil Mungkin Tanpa Ribet

Era digital seperti saat ini telah memberikan pengaruh yang begitu besar terhadap segala aktivitas harian kita. Contoh sederhananya yaitu terkait pengiriman file untuk kebutuhan pekerjaan atau keperluan lain. Di mana kini kamu tidak perlu lagi mengirimkan file dalam bentuk hard copy

Tetapi, meski sangat memudahkan dan jauh lebih hemat biaya, pengiriman file dalam bentuk softcopy sering terkendala oleh ukuran file yang terlalu besar, sehingga tidak memungkinkan untuk dikirim melalui platform digital.

Nah, kabar baiknya lagi, sekarang kamu bisa mengkompres file sekecil mungkin, sehingga file bisa dikirim dengan lebih mudah dan cepat pastinya.

Lalu bagaimana cara mengkompres file sekecil mungkin itu? Sebelumnya, yuk cek dulu alasan kenapa file ukuran besar perlu dikompres.

Kenapa Perlu Mengkompres File?

Selain alasan singkat di atas, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan mengkompres file. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Proses Transfer File Lebih Cepat

Bukan hanya bermanfaat untuk kebutuhan pengiriman file secara online, namun mengkompres file berukuran besar juga akan membantu proses transfer file secara offline menjadi jauh lebih cepat.

2. Lebih Praktis

Perlu kamu ketahui, selain dapat mengecilkan ukuran file, kompresi dalam bentuk RAR atau ZIP juga berfungsi untuk menggabungkan beberapa file sekaligus.

Dengan begitu, kamu bisa mengirim file lebih praktis ketimbang harus drop file satu per satu. Selain itu, penggabungan file dalam satu format RAR juga akan meringkas penyimpanan.

3. Lebih Hemat Ruang Penyimpanan

Bukan hanya untuk meringkas penyimpanan, namun file kompres juga sangat cocok buat kamu yang memiliki perangkat dengan memori terbatas. 

Ukuran file yang telah dikompres menjadi sangat kecil, dan secara otomatis akan menghemat ruang penyimpanan pada perangkat. 

4. Hemat Kuota Data Internet

Ketika kamu mengirim file dalam ukuran besar, tentu data internet yang dibutuhkan semakin banyak. Hal ini juga berlaku sebaliknya, semakin kecil file yang kamu kirim, semakin sedikit pula data internet yang digunakan.

Jadi, bukan hanya cepat dan praktis, kompresi file juga sangat ramah bagi para pengguna jaringan internet seluler.

Setelah melihat alasan-alasan mengapa perlu kompres file sampai kecil banget, berikut tutorial mengecilkan file sekecil mungkin.

Cara Kompres File Menjadi Sangat Kecil dengan WinRAR

Salah satu software terbaik sekaligus andalan para pengguna PC berbasis Windows adalah WinRAR. Penggunaan software ini mampu mengkompres file ke ukuran 2 kali lipat lebih kecil, bahkan lebih.

Nah, berikut panduan cara kompres file menjadi sangat kecil dengan WinRAR:

Catatan: Kamu wajib memiliki software WinRAR

Langkah #1: Temukan file yang ingin kamu kompres, kemudian klik kanan dan pilih opsi Add to archive atau Tambahkan ke Arsip.

Pilih Add to Archive WinRAR

Langkah #2: Muncul kotak dialog, pastikan kamu sudah memilih RAR pada bagian Archive format.

Pilih Format RAR di Menu Archive Format

Langkah #3: Pada bagian Compression method, pilih Best. Sementara pada bagian Dictionary size bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tergantung dari ukuran awal file tersebut.

Langkah #4: Dibagian Archiving Option, centang Create solid archive dan Lock archive.

Pilih Best dan Centang 2 Opsi di WinRAR

Langkah #5: Klik tombol “OK” untuk memulai proses kompresi file biar kecil banget.

Sekarang cek kembali ukuran file dengan cara klik kanan -> Properties. Di sini akan muncul ukuran file setelah dikompres. Apakah ukurannya sudah sekecil mungkin? Jawab di kolom komentar ya!

Yuk Diskusikan di Komentar