cara mempercepat koneksi indihome
cara menaikan kecepatan indihome tanpa merubah paket

Cara Mempercepat Koneksi Indihome

Diposting pada

Cara Mempercepat Koneksi Internet – Internet sudah bukan hal asing lagi bagi kita semua, apalagi sekarang sudah menjadi kebutuhan kita sehari hari.

Mulai dari bermain game sampai untuk jualan Online. Dengan adanya internet ini bisa memudahkan kita terhubung dengan orang lain atau sanak saudara kita yang jauh di sana.

Supaya kamu dapat terhubung ke pengguna lain dengan stabil, kamu perlu cara menstabilkan jaringan internet.

Terutama berkomunikasi dengan keluarga yang jauh, tanpa adanya internet kita mungkin tidak bisa yang namanya Video Call mungkin hanya bisa telpon biasa yang hanya bisa mendengar suaranya saja.

Maka dari itu, kecepatan internet juga perlu kita perhatikan, terutama buat kalian yang bekerja di kantoran.

Yaaa, anggap saja kalian bekerja lembur di rumah dan pekerjaan itu harus selesai besok. Nah, bagaimana jika koneksi internet di rumah itu lemot ? Kira kira kerjaan ini bakal selesai nggak ya ?? Dan pastinya kalian akan merasakan kesal karena akses internet di rumah kalian itu lemot.

Maka dari itu, di sini saya akan memberikan artikel kepada kalian cara ampuh dalam mempercepat koneksi internet dengan mudah tanpa harus menambah paket layanan.

Beberapa Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Lihat Dari Segi Software

Dalam meningkatkan sinyal internet, di sini saya akan membagi menjadi 2 bagian yaitu dari segi software dan juga hardware. Nah di sini kalian bisa menerapkannya satu persatu.

Kalau dari segi aplikasi, kamu dapat scanning. Mulai dari aplikasi mana saja yang menggunakan banyak data internet sampai menghapus history yang ada di browser kalian. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca ulasan di bawah ini.

1. Cek Speed Internet

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum menaikkan sinyal jaringan internet adalah kalian harus cek kecepatan akses WiFi yang ada di rumah atau lokasi yang ada WiFi tersebut. Untuk mengeceknya kalian bisa menggunakan situs Speedtest.net atau speedtest.cbn.net.id.

Hal ini kalian lakukan dengan tujuan internet yang kalian gunakan ini sesuai paket atau sesuai yang kalian harapkan.

Misalnya saja jika kalian berlangganan Indihome 10Mb paka speed yang sudah di test adalah 10Mb juga. Namun beda hal nya jika kalian berlangganan 10Mb/s namun setelah di speedtest hasilnya beda, nah hal ini yang membuat internet kalian lemot.

cara mempercepat internet di pc

2. Stop Aktivitas Mendownload Saat Bekerja

Cara menstabilkan koneksi internet kedua adalah stop unduhan dulu. Jika kalian sedang mengerjakan sesuatu.

Maka saran saya jangan bekerja sambil mendownload terutama jika kalian menggunakan IDM (Internet Download Manager).

Maka speed yang ada di rumah kalian akan terkuras habis untuk mendownload tersebut.

Maka dari itu jangan mendownload apapun jika kalian sedang mengerjakan sesuatu.

3. Usahakan Update Versi Browser

Tidak hanya internet saja yang berpengaruh dalam kecepatan internet, melainkan aplikasi browser yang kita gunakan juga sangat berpengaruh besar.

Terlebih lagi jika browser yang kita gunakan sudah usang atau masih menggunakan versi lawas, hal ini membuat kinerja browser kalian akan terasa lebih lambat.

Oleh sebab itu, saya sarankan kalian harus lebih sering mengUpdate versi browser yang kalian pakai, misalnya saja di sini saya menggunakan Google Chrome, kalian bisa memperbarui sendiri versi Google Chrome itu sendiri dengan cara

Klik Icon yang ada di pojok kanan atas (titik tiga) lalu kalian bisa pilih Help lalu About Google Chrome

percepat internet

Dan usahakan versi browser yang kalian pakai itu Up To Date.

percepat internet

Jika browser kalian sudah update ke versi yang terbaru, kalian bisa gunakan browser tersebut untuk aktivitas kalian di internet dan akan lebih lancar dan untuk menstabilkan koneksi internet

4. Menstabilkan Koneksi Internet dengan Membersihkan History Browser

Langkah berikutnya untuk menstabilkan koneksi internet yakni bersihkan history.

Kenapa kita harus menghapus history yang ada di browser kita ? Salah satu jawabannya adalah untuk melindungi privasi yang kita punya.

Kita tidak ingin orang lain tahu situs mana saja yang pernah kita buka. Namun ada tujuan lain yaitu agar browser yang kita gunakan ini jauh lebih ringan dalam kinerjanya.

Semakin banyak history yang ada pada browser kita ini, maka semakin berat juga kinerja yang ada pada browser yang kita pakai.

Padahal internet yang kita gunakan lancar lancar saja, namun di browser PC terlasa lambat.

Nah maka dari itu kalian harus menghapus history yang ada di browser dan jangan lupa tetap untuk mengupdate versi browser yang kalian gunakan.

Jika kalian menggunakan Google Chrome kalian bisa kuti langkah langkah di bawah ini untuk mengapus riwayat yang ada di browser kalian dengan cara di bawah ini

Buka aplikasi Google Chrome kalian, jika sudah kalian bisa tekan tombol CTRL + Shift + Del maka akan keluar jendela seperti di bawah ini :

cara menstabilkan koneksi internet

Pada menu Time Range kalian bisa pilih sesuka kalian masing masing, namun di sini saya sarankan untuk menggunakan All Time untuk menghapus seluruh history selama browser itu di gunakan. Jika sudah kalian bisa klik Clear Data.

5. Gunakanlah DNS Google

Agar bisa mempercepat jaringan internet setting DNS Google. Pada umumnya kalian akan mendapatkan DNS Default dari ISP yang kalian gunakan.

Namun di sini saya menyarankan kalian untuk menggunakan DNS Google agar koneksi internet yang kalian gunakan itu lebih cepat, walau tidak 100% lebih cepat seperti berlangganan 100Mb/s.

Mengapa saya merekomendasikan DNS Google ? Alasannya adalah karena DNS Google ini cenderung lebih cepat dan juga responsif dari pada DNS yang di beri oleh ISP secara default.

Untuk mengganti DNS ini kalian bisa ikuti langkah langkah di bawah ini agar dapat menstabilkan koneksi internet.

Pertama, kalian bisa buka terlebih dahulu Control Panel jika sudah kalian pilih Network and Internet

cara menstabilkan koneksi internet

Jika sudah, kalian bisa pilih Network and Sharing Center

cara meningkatkan kecepatan internet

Jika sudah kalian bisa klik Nama WiFi yang sudah kalian hubungkan, maka nanti akan muncul jendela status internet, jika sudah kalian bisa klik Properties

cara mempercepat sinyal internet indihome

Jika sudah, kalian bisa klik 2 kali pada menu Internet Protocol Version 4

mempercepat koneksi internet

Jika sudah, kalian bisa pilih Use The Following DNS Server Address lalu kalian isi 8.8.8.8 – 8.8.4.4 jika sudah kalian bisa klik Ok

mempercepat jaringan internet dengan mudah

Nah jika kalian sudah menggunakan DNS Google maka internet yang kalian gunakan bisa jauh lebih cepat lagi.

Menaikkan Koneksi Internet dengan Di Cek Dari Segi Hardware

Jika dari segi hardware, kemungkinan saja Modem atau ONT yang kalian gunakan itu sudah rusak, dan lebih baik kalian bisa menghubungi pihak teknisi untuk mengganti Modem yang di pasang di rumah kalian.

1. Pastikan Belum Melebihi Batas FUP

Jika kalian menggunakan Indihome, pastinya kenal yang namanya FUP misalnya saja kalian berlangganan 20Mb/s dengan FUP 200GB.

Jika pemakaian kalian sudah melebihi batas FUP yaitu 200GB lebih, maka internet kalian akan lambat dan akan di turunkan menjadi 1Mb/s.

Oleh sebab itu, kalian harus bijak jika menggunakan layanan internet yang disertai dengan FUP. Walau katanya Indihome itu Unlimited ternyata memang masih ada saja kok FUP nya.

Hanya saja FUP nya ini jauh lebih besar dari pada layanan yang biasanya. Untuk mengecek FUP nya kalian bisa gunakan aplikasi MyIndihome yang bisa kalian download di PlayStore.

Baca Juga : Cara Melihat Pengguna Aktif WiFi Indihome

2. Batasi Pengguna WiFi

Jika WiFI yang ada di rumah kita banyak yang terhubung ke WiFi yang ada di rumah kita, maka semakin banyak pengguna yang terhubung maka semakin lambat juga akses internet yang ada di rumah kita. Maka dari itu batasi pengguna yang terhubung WiFi kalian.

Seperti nampak diatas, sudah saya jelaskan semuanya.

Namun jika kalian masih kurang dengan speed nya, ya kalian wajib untuk menambah lagi speed internet kepada ISP dimana kalian berlangganan.

Jika kalian menggunakan Indihome kalian bisa datang ke kantor telkom untuk meminta Upgrade paket ke yang lebih tinggi, agar internet di rumah kalian makin JOS!

Wifi Indihome Huawei

Moden Huawei sering dipakai untuk pemasangan perangkat wifi wireless dari indihome.

Oleh karena itu, untuk cara setting agar bisa mendapatkan speed internet yang kencang, Anda dapat menggunakan tutorial video berikut ini :

Cara Menaikkan Kecepatan Internet Indihome Lewat HP Android

Selain menggunakan perangkat komputer atau laptop, Anda yang hanya mengandalkan hp android saja pun bisa melakukan hal yang sama.

Cara yang bisa Anda lakukan seperti dalam tutoriao video berikut ini :

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang dapat saya berikan kepada kalian semua tentang cara mempercepat koneksi internet tanpa merubah paket internetnya. Semoga artikel yang saya berikan ini bermanfaat untuk kita semua.

Gambar Gravatar
Hanya memiliki kemampuan yang sangat minim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *